Selasa 10 Januari 2023, 08:00 WIB

Ini Tips Mencegah Cedera Saat Bermain Sepak Bola

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Ini Tips Mencegah Cedera Saat Bermain Sepak Bola

AFP/JUAN MABROMATA
Ilustrasi--Bek Maroko Romain Ghanem Saiss ditandu ke luar lapangan setelah mengalami cedera dalam laga Piala Dunia 2022.

 

DOKTER Spesialis Kedokteran Olahraga Grace Joselini Corlesa memberi tips untuk mencegah cedera saat bermain sepak bola, salah satunya melakukan pemanasan dan pendinginan yang tepat.

"Mempersiapkan tubuh berolahraga dan beradaptasi dengan intensitas permainan adalah cara terbaik untuk mencegah cedera," ujar dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) melalui keterangan tertulis, yang dikutip Selasa (10/1).

Grace, yang berpraktik di Sport Medicine, Injury and Recovery Center RS Pondok Indah - Bintaro Jaya, kemudian menyarankan orang-orang melakukan latihan kekuatan otot dan latihan fleksibilitas.

Baca juga: Ini Macam-Macam Cedera yang Bisa Dialami Saat Bermain Sepak Bola

Menurut dia, kurangnya kekuatan dan fleksibilitas otot dapat menjadi faktor penyebab cedera olahraga, karenanya, penting untuk melakukan latihan penguatan otot secara berkala.

Pemilihan sepatu yang tepat juga menjadi upaya mencegah cedera. Grace mengatakan, sepatu menjadi salah satu faktor penting dalam pencegahan cedera olahraga dan peningkatan performa ketika bermain sepak bola.

Dia mengatakan, pemilihan sepatu dapat disesuaikan dengan jenis kaki dan kondisi lapangan yang akan digunakan untuk bermain sepak bola.

"Tiap lapangan memiliki kebutuhan sepatu yang berbeda, terutama di bagian sol sepatu bola yang terdapat stud atau pul," kata Grace.

Kiat selanjutnya yakni melakukan penanganan cedera olahraga sampai tuntas untuk meminimalisasi cedera berulang dan ini merupakan pencegahan sekunder yang sangat baik.

Grace menuturkan, dari semua jenis olahraga, sepak bola memiliki risiko gegar otak yang paling tinggi. Gegar otak adalah trauma serius yang dapat mengubah cara kerja otak, biasanya mengakibatkan sakit kepala serta sejumlah masalah pada memori, konsentrasi, keseimbangan, dan koordinasi.

Gegar otak sering terjadi saat pemain beradu kepala dengan pemain lain ketika merebut bola, saat penjaga gawang melompat untuk menghalau bola masuk ke gawang dan mendarat di bagian kepala, atau saat kepala pemain membentur lapangan akibat jatuh karena di-tackle lawan. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Antara

BMKG Ingatkan Pemda Waspadai Karhutla

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 11:46 WIB
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengingatkan pemerintah daerah untuk mewaspadai dan...
Ist

Portal I-LEAD ICEL Penting sebagai Aktualisasi Demokrasi Lingkungan di Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 10:58 WIB
KLHK terus berusaha untuk melengkapi upaya dalam proses penanganan lingkungan dengan berbasis pada scientifc sensing dan evidence...
ilustrasi

Setiap Hari, 1 sampai 2 Anak di NTB Dinikahkan

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 27 Januari 2023, 10:57 WIB
Terdapat kenaikan permohonan dispensasi pernikahan anak di tahun 2020 sebanyak 492 di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya