Minggu 08 Januari 2023, 22:35 WIB

Inavac Siapkan 5 Juta Dosis Vaksin Primer untuk Dewasa

Faustinus Nua | Humaniora
Inavac Siapkan 5 Juta Dosis Vaksin Primer untuk Dewasa

MI/Adam Dwi
Vaksin Merah Putih Inavac produksi anak bangsa.

 

DALAM rangka mengantisipasi kembali meningkatnya kasus covid-19 di Tanah Air, produsen vaksin terus menyediakan stok vaksin. Hal itu dilakukan Biotis Pharmaceutical Indonesia yang memproduksi vaksin InaVac buatan anak bangsa.

Direktur Utama PT Biotis FX Sudirman mengatakan bahwa pemerintah sudah mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan terkait pembelian vaksin InaVac sebanyak 5 juta dosis vaksin primer untuk dewasa.

"Kami sudah menyerah kan 1.225.000 dosis. Biotis akan segera memenuhi sisa sampai 5 juta dosis tersebut. Paling lambat bulan depan selesai," ujarnya kepada Media Indonesia, Minggu (8/1).

Sudirman berharap pemerintah melanjutkan pembelian vaksin penguat atau booster. Sebab, hingga saat ini booster kedua baru dilakukan pada tenaga kesehatan dan lanjut usia saja.

Menurutnya, booster kedua perlu dilakukan untuk semua masyarakat Indonesia. Hal itu berkaca pada negara-negara lain yang memang menerapkan booster kedua untuk semua warganya.

"Saya rasa dan (berharap) pemerintah akan melanjutkan rencana pembelian vaksin untuk booster dewasa, juga untuk anak-anak dan remaja," kata Sudirman.

"Sampai saat ini yang sudah dilakukan booster kedua kan hanya tenaga kesehatan dan lanjut usia. Mengacu kepada pengalaman negara lain, mereka melakukan booster kedua untuk semua penduduknya," tambahnya.

Untuk membuka pintu masuk dan menyambut wisatawan mancanegara, Indonesia memang perlu melakukan booster kedua untuk semua warganya. Mengingat para wisatawan mancanegara tersebut akan langsung berinteraksi dengan warga Indonesia sendiri.

Sudirman pun menyebut bahwa vaksin InoVac efektif terhadap mutasi virus. Hal itu berdasarkan uji klinis yang sudah dilakukan dan termasuk gold standard.

"Dalam uji klinik vaksin InaVac satu-satunya yang memakai uji tantang (metode PRNT) dengan virus mutant terbaru, dan hasilnya baik. PRNT atau Plaque Reduction Netralization Test itu suatu gold standard dalam uji efektifitas vaksin," katanya.

Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Community Development Unair Ni Nyoman Tri Puspaningsih mengatakan vaksin hasil penelitian Unair dan PT Biotis siap disuntikkan sebagai vaksin primer atau dosis utama. Saat ini, vaksin tersebut masih menunggu pemeriksaan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) untuk dipastikan kembali keamanannya.

"Jadi, setelah ada kasus sirop-sirop itu, sekarang batch produk vaksin itu dicek oleh Badan POM meskipun sudah dapat EUA (emergency use authorization). Supaya tidak ada risiko yang tidak diinginkan," jelasnya di Surabaya, kemarin.

Ia menjelaskan vaksin Inavac yang dikirim nantinya merupakan jenis vaksin untuk orang dewasa. Sementara itu, untuk anak-anak dan remaja, masih akan diteliti. (H-2)

Baca Juga

Ist

Portal I-LEAD ICEL Penting sebagai Aktualisasi Demokrasi Lingkungan di Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 10:58 WIB
KLHK terus berusaha untuk melengkapi upaya dalam proses penanganan lingkungan dengan berbasis pada scientifc sensing dan evidence...
ilustrasi

Setiap Hari, 1 sampai 2 Anak di NTB Dinikahkan

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 27 Januari 2023, 10:57 WIB
Terdapat kenaikan permohonan dispensasi pernikahan anak di tahun 2020 sebanyak 492 di...
MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Batasi Konsumsi Nasi dan Mi Penyebab Kadar Gula Darah Naik

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 08:05 WIB
Mengonsumsi makanan sumber karbohidrat seperti nasi dan mi dalam jumlah berlebihan dapat menaikkan kadar gula darah sehingga perlu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya