Minggu 08 Januari 2023, 11:30 WIB

Ini Cara Mengobati Luka Akibat Jatuh dari Sepeda Motor

Meilani Teniwut | Humaniora
Ini Cara Mengobati Luka Akibat Jatuh dari Sepeda Motor

Lampung Post/NTMC Polri
Ilustrasi

 

KECELAKAAN sering kali terjadi bagi pengendara, baik sepeda motor maupun mobil. Tidak menutup kemungkinan, orang yang mengalami kecelakaan akan mendapatkan luka.

Baca juga: Pengendara Motor Tewas Terlindas Truk Tangki Pertamina

Luka jatuh dari motor di lutut bisa sangat tidak nyaman dan butuh perawatan yang tepat agar tidak infeksi. Banyaknya jenis luka yang umum terjadi pada lutut saat jatuh dari motor, salah satunya luka terbuka.

Cara mengobati luka akibat terjatuh dari motor

Berikut ini adalah beberapa langkah mengobati luka jatuh dari motor:

1. Cuci tangan dengan bersih

Langkah pertama untuk mengobati luka jatuh dari motor adalah dengan mencuci tangan dengan bersih. Ini penting dilakukan sebelum menyentuh luka untuk memastikan tidak ada bakteri di tangan yang bisa menyebabkan infeksi pada luka.

2. Hentikan perdarahan

Perdarahan akibat luka kecil biasanya akan berhenti dengan sendirinya. Namun, jika perdarahan terus berlangsung, tekan luka dengan perban atau kain bersih. Lakukan hingga perdarahan berhenti.

3. Bersihkan luka

Jika ada benda asing seperti pasir atau kotoran tersangkut pada luka, bilas luka dengan air mengalir dan bersihkan kotoran. Langkah ini mungkin saja sangat menyakitkan. Jadi, bersihkan secara perlahan hingga kotoran tidak terlihat lagi.

Selain itu, bersihkan kulit di sekitar luka dengan sabun, tetapi jangan sampai terkena bagian luka.

4. Oleskan petroleum jelly

Setelah luka dibersihkan, Anda dapat mengoles petroleum jelly untuk menjaga luka tetap lembap dan mencegah terbentuknya jaringan parut.

Namun, Anda tetap harus hati-hati, karena beberapa bahan tertentu dalam produk tersebut bisa saja menyebabkan ruam ringan. Jika ruam muncul, segera bilas dan hentikan penggunaan salep.

5. Tutupi luka

Langkah penanganan luka jatuh dari motor selanjutnya adalah menutupi luka dengan perban atau kain kasa. Ini dilakukan untuk menjaga luka tetap bersih, membantu proses penyembuhan luka, dan mencegah bakteri masuk ke dalam luka. Jika luka hanya goresan kecil, Anda bisa membiarkannya terbuka.

6. Ganti penutup luka secara rutin

Langkah terakhir adalah ganti balutan luka atau perban luka setidaknya sekali sehari atau setiap kali perban basah dan kotor. Jika perban terasa lengket atau sakit saat Anda ingin melepasnya, basahi perban dengan air biasa atau larutan garam.

Luka jatuh dari motor yang ringan memang umumnya bisa sembuh dengan pengobatan mandiri. Kuncinya adalah membersihkan dan merawat luka secara teratur agar tidak terinfeksi.

Namun, bila kecelakaan lalu lintas membuat korbannya tidak sadarkan diri, menimbulkan luka terbuka yang parah, atau memicu patah tulang yang membuat bagian tubuh tertentu tidak dapat bergerak, segeralah bawa ke rumah sakit terdekat.

Beberapa kondisi luka yang harus diperhatikan saat jatuh dari sepeda motor

  • Luka di lutut lebih dalam dari 1 cm.
  • Perdarahan tidak berhenti dengan tekanan langsung.
  • Perdarahan berlangsung lebih dari 20 menit.
  • Pendarahan adalah akibat dari kecelakaan serius. (OL-1)

Baca Juga

precisionspinecare.com

Ketahui Bahaya Mengabaikan Gejala Penyakit Syaraf

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:00 WIB
Profil pasien dengan gangguan saraf bergeser ke usia produktif, mulai 20 sampai 30 tahun ke...
MI/SUMARYANTO BRONTO

Presiden Janjikan Regulasi untuk Menopang Industri Pers

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:00 WIB
Dulu isu utama para pekerja media adalah kebebasan pers. Sekarang, situasi sudah berubah. Pers tidak lagi berjuang memperoleh kebebasan,...
Ist

Universitas Alma Ata Raih Ranking ke-22 PTS Terbaik Indonesia 

👤Agus Utantoro 🕔Kamis 09 Februari 2023, 11:53 WIB
Di lingkungan perguruan tinggi Nahdlatul Ulama, dari 270 PTNU (Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama), Universitas Alma Ata (UAA) bertengger di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya