Jumat 06 Januari 2023, 21:02 WIB

Manfaat dan Efek Samping Sinar Gamma

Meilani Teniwut | Humaniora
Manfaat dan Efek Samping Sinar Gamma

AFP/International Gemini Observatory/NOIRLab/NSF/AURA.
Ledakan rekor sinar gamma yang tertangkap bersama bersama Gemini South di Cile.

 

GELOMBANG elektromagnetik, seperti sinar gamma, banyak digunakan untuk keperluan medis. Meski begitu, paparan radiasi secara berlebihan tentu juga dapat berdampak negatif bagi kesehatan tubuh manusia dalam jangka panjang.

Pengertian sinar gamma

Sinar gamma adalah bentuk berenergi dari radiasi elektromagnetik yang diproduksi oleh radioaktivitas atau proses nuklir atau subatomik lain seperti penghancuran elektron-positron. Sinar gamma membentuk spektrum elektromagnetik energi tertinggi. Mereka sering kali didefinisikan bermulai dari energi 10 keV/ 2,42 EHz/ 124 pm, meskipun radiasi elektromagnetik dari sekitar 10 keV sampai beberapa ratus keV juga dapat menunjuk kepada sinar X keras.

Fungsi sinar gamma

Berikut fungsi dari sinar gamma di bidang medis atau kesehatan.

a. Pengobatan kanker.

Sinar gamma dapat digunakan sebagai radioterapi atau terapi radiasi untuk kanker. Paparan sinar ini bisa menyebabkan kerusakan pada DNA sel kanker, sehingga menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Namun, penggunaan sinar gamma harus dilakukan secara hati-hati dan diarahkan dengan tepat ke area tubuh yang akan diobati. Bila tidak, sinar gamma juga bisa merusak sel tubuh yang sehat.

b. Prosedur bedah otak dan saraf.

Salah satu metode terapi menggunakan sinar gamma yang kini cukup banyak dilakukan adalah metode pembedahan pisau gamma atau gamma knife. Meski disebut pisau, metode ini tidak membutuhkan sayatan sama sekali.

Pembedahan pisau gamma dilakukan dengan cara mengarahkan radiasi sinar gamma pada area tumor atau sel kanker yang tumbuh di jaringan otak untuk mematikan jaringan abnormal tersebut.

Selain untuk mengobati tumor otak, bedah sinar gamma juga dapat digunakan untuk menangani kelainan lain pada saraf dan otak, misalnya malaformasi arteri vena atau AVM dan neuralgia trigeminal.

Dibandingkan dengan metode pembedahan otak konvensional, metode bedah dengan sinar gamma ini memiliki beberapa kelebihan, yakni meminimalkan rasa nyeri yang muncul, memiliki risiko komplikasi yang rendah, dan masa pemulihan pascaoperasi yang lebih cepat.

c. Sterilisasi peralatan medis.

Sinar gamma juga dapat digunakan untuk mensterilkan peralatan medis. Dibandingkan metode lain, sterilisasi peralatan medis dengan sinar gamma memiliki beberapa keunggulan, yaitu paparan sinar gamma yang lebih baik dan lebih efektif dalam mematikan segala jenis virus, bakteri, dan parasit. Meski cukup efektif, sterilisasi peralatan medis dengan sinar gamma tidak dapat dilakukan untuk membersihkan segala macam alat medis, misalnya peralatan medis yang berbahan dasar polimer, karena dapat membuat alat medis tersebut rusak.

Selain beberapa manfaat di atas, sinar gamma juga dapat dimanfaatkan untuk mensterilkan makanan dengan cara iradiasi makanan. Iradiasi makanan adalah proses menghilangkan bakteri yang berpotensi menyebabkan keracunan makanan. Proses ini juga dapat digunakan untuk mengawetkan makanan.

Efek samping sinar gamma

Sinar gamma memiliki efek samping terhadap tubuh manusia yang terkena radiasi, mulai dari pusing-pusing, mual, hingga rambut rontok. Bahkan, efek radiasi sinar gamma ini bisa merusak sel, mutasi genetik. Ia juga bisa menyebabkan kanker, misalnya kanker kulit dan tulang. (OL-14)

Baca Juga

DOK. ATVSI

Meriahkan HPN 2023, ATVSI Bagikan 500 STB untuk Warga Medan dan Deli Serdang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:57 WIB
Pembagian STB ini dilakukan di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang yang merupakan tempat rangkaian Kegiatan dan puncak HPN 2023...
Instagram @realnugros

Ini Kata Dokter Soal Resep Awet Muda Tyo Nugros

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:30 WIB
Dokter kecantikan Abelina Dini Fitria berpendapat bukan hanya menghindari garam dan mecin, tapi juga perlu mengurangi asupan gula dan...
MI/Agus Utantoro

Tarif Baru Borobudur Diperkirakan Rp100 Ribu Hingga Rp150 Ribu untuk Wisatawan Nusantara

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:15 WIB
Terkait dengan kapan tiket dengan tarif baru diberlakukan, Sandi menyerahkan ke PT TWC, termasuk kesiapan para pemandu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya