Jumat 06 Januari 2023, 19:24 WIB

Malaysia Healthcare Undang Pelancong Manfaatkan Perawatan Kardiologi

mediaindonesia.com | Humaniora
Malaysia Healthcare Undang Pelancong Manfaatkan Perawatan Kardiologi

Ist
Malaysia memiliki banyak pusat kardiologi papan atas dengan reputasi tinggi dalam menangani kasus kardiologi yang berat dan pelik.

 

Malaysia dengan tangan terbuka menyambut para pelancong perawatan kesehatan dari Indonesia untuk memanfaatkan perawatan kardiologi kelas dunia. Apalagi Malaysia kini dikenal sebagai salah satu dari  pusat kardiologi di kawasan Asia.

Malaysia, yang menjadi gudangnya beberapa pakar kardiologi terkemuka, termasuk 84 ahli bedah kardiotorasik, lebih dari 360 pakar kardiologi, dan lebih dari 50 rumah sakit dengan layanan perawatan jantung kelas dunia.

Puluhan rumah sakit juga memiliki peralatan medis yang lengkap dan baik untuk memenuhi permintaan berbagai layanan kardiologi - dari skrining dan pencegahan hingga perawatan dan layanan pascabedah

Malaysia memiliki banyak pusat kardiologi papan atas dengan reputasi tinggi dalam menangani kasus-kasus kardiologi yang berat dan pelik.

Pusat kardiologi tersebut meliputi National Heart Institute (Institut Jantung Negara atau IJN), Pantai Hospital Kuala Lumpur (PHKL), Island Hospital and Cardiac Vascular Sentral Kuala Lumpur (CVSKL)..

IJN telah menjadi pelopor berbagai terobosan kelas dunia di bidang perawatan kardiologi sejak berdiri pada 1992.

“Keunggulan kami terus bertambah mantap dari bidang ke bidang hingga dikenal sebagai pusat keunggulan nomor satu di bidang layanan kardiovaskuler dan torasik. Kualitas merupakan jantung IJN," kata tutur Datuk Dr. Aizai Azan bin Abdul Rahim, Group Chief Executive Officer di IJN dalam keterangan, Jumat (6/1).

"Karena itu, kami mementingkan akreditasi yang menjadi tolok ukur penilaian independen terhadap kinerja kami berdasarkan kriteria baku," ujarnya.

"Kami memegang teguh standar lokal dan internasional sehingga pasien kami dapat menerima perlakuan medis di lingkungan yang terbaik dan paling aman,” jelas Dr. Aizai.

Baca juga: ISICAM 2022 Perkenalkan Teknologi Baru Perawatan Jantung Lewat Teknologi Bioadaptor

“Rekam jejak kami sangat bagus dalam menangani berbagai kasus yang kompleks, termasuk rekonstruksi pembuluh darah dan angioplasti yang gagal," tutur Dr. Muhammad Imran bin Abdul Hafidz, seorang ahli Kardiologi Konsultan di rumah sakit tersebut.

"Kisah sukses kami telah menarik perhatian para pelancong perawatan kesehatan dari berbagai negara, yang sebagian besar datang berobat untuk kasus kardiologi intervensional," katanya.

"Kebanyakan pasien menderita sumbatan total kronis (CTO), yang biasanya ditangani dengan operasi bypass (jalur pintas)," ucap Dr.Muhammad Imran.

"Namun, berkat kehadiran teknologi dan kecakapan baru, PHKL dapat menawarkan angioplasti sebagai alternatif,” tutur Dr. Muhammad Imran.

Dr. Eng Ji Bah, ahli bedah kardiotorasik konsultan dari Island Hospital di Penang, merupakan salah satu dari sekian ahli bedah di dunia yang dapat melakukan operasi bypass koroner minimal invasif.

“Prosedur ini hanya berupa sayatan kecil sehingga tidak banyak menimbulkan trauma dan nyeri pada pasien. Pasien juga sering tidak memerlukan ventilator dalam waktu lama. Sementara itu, untuk kasus-kasus yang ringan, pasien bisa langsung berjalan-jalan pada hari kedua karena tulang dada tidak dipotong sehingga sangat mempercepat pemulihan,” terangnya.

CVSKL telah mencatat rekor keberhasilan melebihi angka nasional untuk berbagai kasus yang berat.

Sebagai contoh, dari 2018 hingga 2020, pusat kesehatan ini meraih 97,8% tingkat keberhasilan untuk intervensi koroner perkutan jika dibandingkan dengan 96,3% yang tercatat dalam catatan National Cardiovascular Disease Data (2015-2016).

“Capaian angka ini sangat bagus mengingat kasus-kasus berat yang kami tangani. Kasus-kasus berat ini meliputi pasien berisiko tinggi dan membutuhkan prosedur teknis yang sangat rumit, misalnya ada lesi kalsifikasi," jelas  Datuk Dr. Rosli Mohd Ali, seorang ahli kardiologi konsultan di pusat kesehatan ini

"Keahlian, peralatan, dan tim dukungan yang tepat itu sangat penting," ucapnya.

"Di CVSKL, kami mengucurkan dana sangat besar untuk menyediakan peralatan mesin terbaru dan pelatihan bagi staf karyawan guna meningkatkan taraf perawatan kardiologi yang jauh lebih baik lagi,” ucap Dr. Rosli Mohd Ali.

Karena jaraknya yang dekat dengan Indonesia, Malaysia sangat mudah dijangkau oleh pasien yang mencari perawatan jantung terbaik untuk melengkapi perawatan kesehatan yang sudah mereka jalani.

Kelebihan ini, ditambah dengan ketersediaan penerbangan langsung antara kedua negara, memberikan kemudahan mobilitas bagi pasien karena bisa pulang pergi dengan mudah.

Sebagai pusat Halal global yang diakui dunia, Malaysia juga penuh dengan berbagai fasilitas dan penawaran yang ramah umat muslim, di antaranya menu makanan halal dan fasilitas ibadah salat di rumah sakit.

 “Pelancong perawatan kesehatan mendapatkan sambutan dan pelayanan yang baik sejak pencarian informasi hingga perawatan pascaperlakuan," tutur Mohd Daud Mohd Arif, Chief Executive Officer di Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC).

" Saat tiba di Malaysia, Malaysia Healthcare sudah siap sedia mendampingi Anda mulai dari turun pesawat di kantor bea cukai hingga kantor imigrasi, dan memandu Anda di ruang tunggu hingga penjemputan ke hotel atau rumah sakit ," jelasnya.

"Untuk informasi lengkap tentang Perawatan Kesehatan Malaysia dan berbagai layanannya, silakan kunjungi https://malaysiahealthcare.org/," ujarnya.  (RO/OL-09)
 

Baca Juga

AFP

Vaksinasi Covid-19 Bayi 6 bulan Diberikan Triwulan Kedua, Gunakan Pfizer

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 23:45 WIB
VAKSINASI covid-19 untuk kelompok usia 6 bulan ke atas diperkirakan akan dimulai pada triwulan kedua 2023 karena mempertimbangkan kesiapan...
Antara

Pemerintah Galakkan lagi Program Posyandu Aktif di April 2023

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:45 WIB
KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) akan menggerakkan kembali masyarakat agar mengecek kondisi bayi di posyandu melalui Program Posyandu Aktif...
MI/Susanto

Gerak Nuklir Sebagai Sumber Energi Terbarukan di Indonesia Terhambat karena Ini

👤Muhammad Anugrah Ramadhan 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:30 WIB
PEMANFAATAN nuklir di Indonesia diyakini menjadi salah satu sumber energi terbarukan yang potensial untuk bisa dimanfaatkan demi mencapai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya