Jumat 06 Januari 2023, 19:05 WIB

Mahkamah Agung Corporate University Diresmikan Ketua MA

mediaindonesia.com | Humaniora
Mahkamah Agung Corporate University Diresmikan Ketua MA

dok. humas MA
Ketua MA RI, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin meresmikan Mahkamah Agung Corporate University dan Aplikasi terintegrasi Badan Litbang Diklat Kumdi

 

BADAN Litbang Diklat Kumdil MARI meluncurkan Mahkamah Agung Corporate University dan Aplikasi terintegrasi Badan Litbang Diklat Kumdil, di kampus Badan Litbang Diklat Kumdil Megamendung, Bogor.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Mahkamah Agung RI, Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Wakil Ketua Mahkamah Agung RI bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung RI bidang Non Yudisial, para Ketua Kamar Mahkamah Agung RI, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan, Ketua Komisi Yudisial, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha, Ketua Lembaga Perlindungan Saksi & Korban, Sekretaris MA, Panitera MA, jajaran Eselon 1 di Mahkamah Agung serta undangan dari NGO dan mitra kerja sama Badan Litbang Diklat Kumdil.

"Peluncuran Mahkamah Agung Corporate University ini merupakan salah satu upaya peningkatan kompetensi hakim dan aparatur pengadilan agar menjadi lebih optimal serta sejalan dengan visi dan misi Mahkamah Agung. Selain itu, Peluncuran Aplikasi Terintegrasi Badan Litbang Diklat Kumdil bertujuan untuk menciptakan sinkronisasi data dan informasi dalam menjalankan proses bisnis sehingga dapat menghindari kekeliruan data dan informasi yang berujung pada pengambilan kebijakan secara tepat dan akurat," ucap Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, dalam sambutan peresmian yang dikutip Jumat (6/1/2023).

Corporate University, jelasnya, merupakan strategi manajemen, agar terjadi pembelajaran individu dan pembelajaran dalam organisasi, serta pengelolaan pengetahuan individu dan pengetahuan strategis organisasi dengan mengintegrasikan sumber daya, proses bisnis, dan orang-orang yang terlibat dalam proses pembelajaran sehingga dapat mencapai kinerja terbaik dan terlaksana secara berkelanjutan. Penerapan Mahkamah Agung Corporate University diharapkan akan  meningkatkan pengetahuan (knowledge), keahlian (skill), dan integritas (attitude) SDM Mahkamah Agung, menuju kualitas ASN yang berkelas dunia di tahun 2025 sebagaimana yang dicanangkan Pemerintah.

Untuk mewujudkannya, berbagai ikhtiar telah dilakukan sejak persiapan konsep, perencanaan, riset berupa analisis kebijakan, penyusunan soft ware dan hard ware yang diperlukan, benchmarking ke berbagai institusi yang telah lebih dulu meluncurkan Corpprate University serta pengelolaan pengetahuan (knowledge management) yang akan memberikan pembelajaran bagi setiap aparatur peradilan hingga penggalangan kerja sama atau kolaborasi dengan berbagai pihak secara nasional maupun internasional.

Ekosistem organisasi pembelajar melalui Mahkamah Agung Corporate University diprogram agar dapat memberi kesempatan bagi seluruh aparatur untuk belajar dan mengembangkan diri, tanpa terbatasi dimensi ruang, waktu serta berkelanjutan yang berujung pada pemenuhan standar kompetensi yang dibutuhkan.

Pada akhirnya, meningkatnya kompetensi tersebut akan bermuara terhadap peningkatan kinerja dan capaian individu. Tentu akan berbanding lurus juga pada kinerja dan peningkatan capaian organisasi besar Mahkamah Agung secara keseluruhan. Upaya pembelajaran tersebut selanjutnya akan dipenuhi melalui pengoptimalan Learning Management System (LMS) dan pengembangan Knowledge Managemen System pada Mahkamah Agung.

Dalam momen ini, Badan Litbang Diklat Kumdil juga akan meluncurkan Aplikasi Terintegrasi BLDK. Aplikasi ini merupakan integrasi dari aplikasi yang sudah ada pada 4 satuan kerja Badan Litbang Diklat Kumdil. Pengintegrasian ini bermanfaat untuk menciptakan konsistensi data, mencegah terjadinya pengulangan data, pertukaran informasi secara real time antar aplikasi, serta efisiensi data yang pada akhirnya juga berguna untuk mendukung pengambilan kebijakan dan keputusan yang lebih cepat dan akurat.

Pengintegrasian dilakukan terhadap aplikasi yang telah dikembangkan pada Pusdiklat Menpim dengan aplikasi Asiap Sibangkompas, Pusdiklat Teknis Peradilan dengan aplikasi Teknis-Pro, Puslitbang dengan aplikasi Sislitbang, serta Sekretariat BLDK dengan aplikasi Sibangdiklat. (RO/OL-13)

Baca Juga

MI/ Briyanbodo Hendro

Digitalisasi Pendidikan Perlu Dukungan Peningkatan Literasi dan Infrastruktur

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 15:20 WIB
 Indeks Literasi Digital Indonesia pada 2021 yang tercatat 3,49 dari skala 1-5 itu masih punya potensi untuk...
Dok. Iluni Menwa UI

Siap Hadapi Perubahan di Era Vuca, Iluni Menwa UI Gandeng Ahli Ekonomi Rhenald Kasali adakan Seminar Nasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 15:07 WIB
Iluni Menwa UI menjadi garda terdepan dalam membuka wawasan dan mencerdaskan bangsa Indonesia. Salah satunya lewat seminar...
FREEPIK

Urutan Perawatan Wajah Remaja buat Pemula

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Jumat 27 Januari 2023, 15:03 WIB
Basic skincare terdiri dari langkah-langkah yang sederhana seperti membersihkan, merawat, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya