Kamis 05 Januari 2023, 23:53 WIB

Rekomendasi Obat Salep Luka Bakar

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Humaniora
Rekomendasi Obat Salep Luka Bakar

Pexels
Ilustrasi

 

LUKA bakar harus ditangani dengan obat yang benar tergantung tingkat keparahan luka tersebut. Anda bisa menggunakan salep setelah melakukan tindakan pertolongan pertama pada luka bakar Anda.

1.    Bioplacenton jelly

Bioplacenton mengandung Extract Placenta dan bahan aktif Neomycin sulfate. Kombinasi kedua kandungan dalam salep ini bekerja dengan mendorong pembentukan jaringan baru sekaligus mencegah atau mengatasi infeksi bakteri. Gunakan setidaknya 4-6 kali sehari pada luka bakar dengan cara dioleskan tipis-tipis. Hindari penggunaan salep ini pada ibu hamil, menyusui, anak usia 1-2 tahun atau jika sedang menerima pengobatan radioiodine.

Baca juga: Menkes Jamin Vaksin Anak Diberikan Secara Gratis

2.    Betadine antiseptic ointment

Salep ini dapat mencegah terjadinya infeksi dengan kandungan Povidone iodine atau antiseptik yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Oleskan obat ini sebanyak 1-2 kali sehari pada permukaan luka.

3.    Dermatix ultra

Obat ini dapat mengatasi luka bakar dan juga dapat memudarkan bekasnya. Bahan aktif gel silikon dan vitamin C Ester pada obat ini berfungsi untuk menyembuhkan, meratakan, menghaluskan, serta memudarkan bekas luka termasuk luka bakar. Obat ini hanya dapat digunakan pada luka yang sudah tertutup.

4.    Salep burnazin

Kandungan Silver Sulfadiazine dapat membantu penyembuhan luka bakar dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri dan mencegah penyebaran infeksi ke area kulit di sekitarnya. Namun, kulit yang diolesi obat ini dapat menjadi lebih sensitive terhadap paparan sinar matahari.

5.    Nabecentin ointment

Nabecentin ointment dapat digunakan untuk mengatasi luka bakar ringan atau luka bakar derajat satu, termasuk kondisi tersiram air panas. Obat oles dalam bentuk krim ini mengandung antibiotik yang berguna untuk menghentikan, mencegah, dan mengobati infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri.

6.    Mebo oint

Salep ini mengandung bahan-bahan alami seperti ekstrak akar mangkokan, ekstrak rimpang coptidis, dan ekstrak kulit Chinensis phellodendri. Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi luka bakar ringan atau goresan. Salep luka bakar ini tergolong obat bebas, sehingga tidak perlu resep dokter untuk menggunakannya.

7.    Bionect cream

Dengan bentuk krim, bionect mengandung Hyaluronic acid 0,2% yang dapat mempercepat pertumbuhan jaringan kulit baru sehingga mempercepat penyembuhan luka.

Semoga bermanfaat! (OL-6)

Baca Juga

Freepik.com

Self Love Bermanfaat Tingkatkan Produktivitas

👤Putra Ananda 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:16 WIB
"Saat kita punya self love saya percaya justru prestasi kita akan naik untuk mencapai goal atau tujuan hidup dengan seimbang,"...
Dok. Kalbe Farma

Kalbe, Budi Luhur, dan ITL Trisakti Gelar Edukasi Pengolahan Sampah

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:05 WIB
"Greget Plastik Season 2 mencerminkan kolaborasi yang baik antara dunia pendidikan dan industri. Kolaborasi ini sangat bermanfaat,...
DOK MI

99% Masyarakat Indonesia Sudah Mempunyai Antibodi Covid

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:01 WIB
HASIL survei serologi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Januari 2023, antibodi masyarakat Indonesia terhadap virus sars-Cov2 sudah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya