Kamis 05 Januari 2023, 18:19 WIB

Menkes Sebut Vaksinasi di Indonesia Sudah Efektif

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Menkes Sebut Vaksinasi di Indonesia Sudah Efektif

ANTARA
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

 

MENTERI Budi Gunadi Sadikin menyebut program vaksinasi covid-19 di Tanah Air cukup efektif karena tidak ada lonjakan kasus setelah gelombang dari varian omikron.

"Vaksinasi ini sudah berhasil menurunkan secara drastis kasus covid-19 di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa program vaksinasi kita ini dilakukan dengan cukup efektif," kata Budi dalam konferensi pers secara daring, Kamis (5/1).

Baca juga: MUI Sebut Saweran untuk Pembaca Al Quran Melanggar Nilai Kesopanan

Adanya gelombang varian baru sesudah omikron yaitu varian BA.4, BA.5, XBB, dan BQ.1 ternyata tidak membuat adanya lonjakan baru di Indonesia.

Menurutnya beberapa negara besar mengalami lonjakan tapi di Indonesia tidak mengalami lonjakan yang berarti baik dari sisi kasus, hospitalisasi, maupun dari sisi yang meninggal.

"Indonesia Alhamdulillah hanya mengalami 2 gelombang yang besar atau yang tinggi yaitu gelombang delta di bulan Juni dan Juli 2021 dan gelombang omikron yang sebenarnya paling tinggi dari jumlah kasus harian tapi relatif rendah dari hospitalisasi dan kematian, gelombang omikron terjadi di bulan Juni-Juli 2022," paparnya.

Selain itu indikator penularan dari covid-19 atau angka reproduksi berada di angka 0,78 atau di bawah 1.

Indonesia berada di peringkat 5 besar dunia setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat, dan Brazil untuk vaksinasi covid-19. Hingga kini sekitar 448 juta dosis sudah disuntikkan kepada 204 juta orang atau 64% lebih populasi Indonesia. (OL-6)

Baca Juga

MI/Bagus Suryo

KemenPPPA Pastikan Hak Anak yang Menjadi Korban Pelecehan Seksual Terpenuhi

👤Naufal Zuhdi 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:46 WIB
PENANGANAN kasus pelecehan kepada anak-anak yang menjadi korban terus dipantau oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan...
Antara

Cegah Kawin Anak, Eny Yaqut Imbau KUA Terjun ke Sekolah

👤Dinda Shabrina 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:39 WIB
Eny Retno Yaqut mengatakan perkawinan anak memiliki peluang yang sangat besar untuk mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, seperti...
Ist

Pertemuan Organisasi Stem Cell Dunia di Paris Dihadiri Wakil dari 74 Negara

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:15 WIB
Prof.Deby Vinski sebagai Presiden WOCS mengatakan dirinya mendorong para dokter di seluruh dunia yang ingin menekuni bidang anti-aging...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya