Kamis 05 Januari 2023, 12:23 WIB

Presiden Tekankan Pembangunan Infrastruktur Harus Ramah Lingkungan

Andhika Prasetyo | Humaniora
Presiden Tekankan Pembangunan Infrastruktur Harus Ramah Lingkungan

MI/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo melihat gajah menggunakan terowongan yang disediakan di KM 12 ruas Tol Pekanbaru-Dumai, Kamis (5/1).

 

PEMBANGUNAN infrastruktur di Tanah Air harus tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dan menjamin keberlangsungan hidup satwa liar. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo setelah melihat perlintasan gajah di KM 12 ruas Tol Pekanbaru-Dumai, Kamis (5/1).

“Saya terus mengingatkan mengenai pentingnya memperhatikan lingkungan. Seperti yang kita bangun Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, di sini ada terowongan untuk lintasan gajah di enam tempat,” ujar Jokowi di Pekanbaru, Riau, Kamis (5/1).

Dengan adanya terowongan-terowongan itu, pembangunan jalan bebas hambatan tidak mengganggu perlintasan salah satu satwa yang dilindungi, yaitu gajah Sumatra.

Baca juga: BKSDA Koordinasi dengan Balai Gakkum Usut Kematian Gajah di Aceh Timur

Tidak hanya di Riau, Jokowi menuturkan upaya pelestarian juga harus dilakukan di tempat lain sehingga pembangunan infrastruktur tidak mengganggu kelestarian satwa liar.

“Saya kira beberapa tempat memang kita membangun terowongan-terowongan, lintasan untuk hewan-hewan yang dilindungi tersebut,” tandasnya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Riau Genman Hasibuan menambahkan terowongan gajah merupakan langkah adaptasi atas pembangunan ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai yang membelah habitat gajah di dua kota dan dua kabupaten.

“Ini adalah adaptasi dari pembangunan jalan tol terhadap keberadaan gajah di lokasi ini. Kami dari Balai Besar KSDA Riau bekerja sama bersama dengan Hutama Karya untuk membuat terowongan gajah sehingga pergerakan mereka tidak terganggu,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, hingga saat ini, pemerintah daerah setempat mencatat ada 76 ekor gajah yang ada di daerah tersebut dan kerap bermigrasi dari satu titik ke titik lain. (OL-1)

Baca Juga

Antara/Yulius Satria Wijaya

Semangat Gotong Royong Jadikan Kalsel Tiga Besar Turunkan Stunting

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:04 WIB
Semangat Gotong Royong Jadikan Kalsel Tiga Besar Turunkan...
Kemendikbudristek

Film Nasional kembali Wakili Indonesia di Festival Kelas Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:38 WIB
Dirjen Kebudayaan Kemdikbudristek, Hilmar Farid mengatakan kemampuan film nasional unjuk gigi di pentas internasional dapat memacu...
dok: Pantau Gambut

Seeking Tuan Guru, Sebuah Upaya Mengingatkan Manusia akan Identitas Budaya

👤Abdillah Muhammad Marzuqi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:36 WIB
Indonesia dan Afrika Selatan akan bekerja sama dalam sebuah program seni yang ditujukan sebagai sebuah usaha fundamental untuk menjaga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya