Jumat 30 Desember 2022, 23:29 WIB

KLHK Pastikan Operasional FOLU Net Sink 2030 Berjalan Sesuai Rencana

mediaindonesia.com | Humaniora
KLHK Pastikan Operasional FOLU Net Sink 2030 Berjalan Sesuai Rencana

Ist
Menteri LHK Siti Nurbaya meresmikan Kantor FOLU COLL di Kompleks KLHK, Manggala Wanabakti, Jakarta, Jumat (30/12).

 

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya meresmikan Kantor Forest and Other Land Uses Operation and Collaboration Center (FOLU COLL) di Kompleks Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK,) Manggala Wanabakti, Jakarta, Jumat (30/12).

Pembangunan Project Management Office (PMO) ini merupakan langkah konkret KLHK memastikan bahwa operasional FOLU Net Sink berjalan sesuai dengan rencana operasionalnya.

FOLU COLL menjadi pusat komando kegiatan operasional FOLU dan menjadi sarana komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antar lintas unit eselon I KLHK, lintas kementerian dan lembaga, pemerintah pusat dan daerah.

Tujuannya untuk memastikan target-target operasional FOLU berjalan ke arah vektor yang sama yakni pencapaian penurunan emisi gas rumah kaca dalam satuan CO2 equivalen.

Operasional FOLU bekerja dalam berbagai program elemen-elemen Sektor FOLU dengan masing-masing langkah kerja secara sistematis.

Baca juga: Perusahaan Berkinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Meningkat

Langkah-langkanya meliputi pengurangan laju deforestasi, pengurangan laju degradasi hutan, pengaturan pembangunan hutan tanaman, pengelolaan hutan secara lestari, perhutanan sosial, rehabilitasi hutan dengan atau non-rotasi, dan tata kelola restorasi gambut.

Selain itu, perbaikan tata air gambut, perbaikan dan konservasi mangrove, konservasi keanekaragaman hayati dan ekosistemnya, serta pengembangan berbagai instrumen kebijakan baru, pengendalian sistem monitoring, evaluasi dan pelaksanaan komunikasi publik. 

Rangkuman dimaksud bagi setiap elemen FOLU merupakan buku manual serial dalam kerja FOLU. Buku manual operasi elemen kerja FOLU perlu disusun secara sistematis dan dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan dan prosedur praktikal.

Pusat Komando

Menteri LHK, Siti Nurbaya mengatakan, FOLU COLL menunjukkan tekad, langkah kerja, dan aksi iklim yang well-equipped, mungkin belum ada yang seperti ini di negara lain dan menjadi langkah konkret KLHK memastikan bahwa operasional FOLU Net Sink 2030 berjalan sesuai dengan rencana operasionalnya. 

Selain itu lanjut Menteri Siti, hal ini untuk memastikan target-target operasional FOLU berjalan ke arah vektor yang sama yakni pencapaian penurunan emisi gas rumah kaca dalam satuan CO2 equivalen.

“Saya juga mendorong FOLU COLL memberi ruang untuk  shared vision  dan berbagi informasi dan konsultatif berbagai  pihak secara regular,” kata Menteri Siti.

Pada kesempatan ini juga telah diumumkan Protokol Penetapan Buku Manual Serial FOLU menurut masing -masing  jenis elemen kegiatan sektor FOLU.  

“Buku manual series ini sangat penting sebagai sarana untuk menjamin keberlanjutan aksi iklim sektor FOLU, karena buku seri manual FOLU dilandaskan pada pendekatan teoritik dan empirik. Ini sangat penting bagi bangsa, “ujar Siti Nurbaya. (RO/OL-09)

Baca Juga

dok.ist

Srikandi Ganjar ikut Tekan Angka Perempuan Putus Sekolah di Jabar

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 10:09 WIB
KEMENTERIAN Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mencatat pada tahun ajaran 2020/2021 ada ribuan anak putus...
dok.Isr

Pada 2022, Aircraft Cleaning PT GDPS Temukan Barang Penumpang Capai Rp300 Juta

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 09:55 WIB
SIKAP menjunjung tinggi nilai integritas Aircraft Cleaning PT Garuda Daya Pratama Sejahtera (GDPS) menunjukkan hasil yang baik di tahun...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko S

Peringati Hari Lahan Basah Sedunia, KLHK Tanam 30 Ribu Mangrove

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 05 Februari 2023, 09:37 WIB
Tidak hanya menanam mangrove, KLHK bersama mitra menyemai bibit kerang sebanyak 20 ribu bibit yang kondisinya sehat dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya