Minggu 04 Desember 2022, 23:05 WIB

Menumbuhkan Kepedulian Melalui Festival Warga Bantu Warga

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Menumbuhkan Kepedulian Melalui Festival Warga Bantu Warga

HO
Awkarin ikut berpartisipasi dalam ‘Festival Warga Bantu Warga’

 

KEPEDULIAN dan solidaritas antarsesama sangat diperlukan diperlukan di saat banyak orang tertimpa musibah, bencana dan kondisi yang kurang beruntung. Untuk menumbuhan kepedulian sosial tersebut, Kitabisa.com menggelar ‘Festival Warga Bantu Warga’ di Creative Hall M Bloc Space, Jakarta Selatan, Minggu (4/12).

Beberapa publik figur yang berpartisipasi dalam kegiatan ini antara lain Andien, Adinia Wirasti, hingga Najwa Shihab, Awkarin, serta Sakdiah Maruf. Pada ‘Festival Warga Bantu Warga’ ini selain talk show dengan para bintang tamu, juga dilakukan lelang barang-barang milik para selebritas yang hasilnya akan didonasikan untuk mereka yang membutuhkan.

Pada sesi 'Obrolan Kawan Puan' diangkat upaya gotong royong untuk melawan kekerasan berbasis gender, khususnya terhadap perempuan, baik di lingkungan dunia hiburan maupun di kehidupan sehari-hari. Collective care alias kepedulian bersama sangatlah dibutuhkan untuk menghadapi kekerasan seksual. 

Sedangkan pada sesi kedua selebgram Karin Novilda alias Awkarin tampil sebagai pembicara. Pada sesi ini, Karin membicarakan soal Gerakan Sadar Peduli, gerakan untuk membantu orang yang punya masalah mental.

Program yang berawal dari konten-konten membahas isu sensitif seputar masalah mental dari 2019 itu akhirnya terealisasi bersama Kitabisa.com. Sejak terealisasi, program itu terus mendapat respons positif oleh puluhan ribu orang.

Karin juga membuka Pasar Barang Mantan yang keseluruhan hasil lelang akan didonasikan. "Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain," kata Karin.

Sedangkan pada sesi ketiga, Najwa Shihab hadir dengan talk show bertajuk Syukuran Dampak Celengan Beasiswa Narasi. Najwa mengungkap cikal bakal program Celengan Beasiswa Narasi adalah dari curhatan beberapa orang yang tidak bisa kuliah karena kesulitan membayar. Narasi dan Kitabisa.com pun bekerja sama membuat Celengan Beasiswa Narasi.

Selama 1,5 tahun berjalan, Celengan Beasiswa Narasi sudah mengumpulkan Rp2,1 miliar. Dari program ini, sudah 252 mahasiswa terbantu, baik yang di tengah perkuliahan maupun yang baru mau memulai. "Insya Allah mudah-mudahan terus bertambah," kata Najwa. (RO/OL-15)
 

Baca Juga

Ist

Cara Atasi Penuaan Kulit: Tujuh Hal yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan

👤mediandonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:29 WIB
Penuaan ekstrinsik adalah agresi eksternal  seperti polusi atau sinar UV dan kebiasaan gaya hidup seperti merokok atau makan...
Antara

PGI Minta Presiden Perhatikan Kasus Larangan Beribadah

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:24 WIB
PGI mencatat setidaknya ada lima peristiwa diskriminasi dan intoleransi sejak 17 Januari 2023. Larangan itu dengan alasan rumah ibadah...
DOK/TACO

TACO Dukung Pameran Seni Rupa Art Jakarta Gardens

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:05 WIB
Pagelaran Art Jakarta Gardens kali ini menjadi awal bagi TACO untuk mendukung industri kreatif Indonesia pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya