Jumat 02 Desember 2022, 17:48 WIB

Dirjen Bimas Hindu Kemenag Selenggarakan Festival Penguatan Moderasi Beragama di Prambanan

Mediaindonesia.com | Humaniora
Dirjen Bimas Hindu Kemenag Selenggarakan Festival Penguatan Moderasi Beragama di Prambanan

Dok Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia.
Konferensi pers Festival Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Seni Keagamaan Tahun 2022, Jumat (2/12).

 

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia menyelenggarakan Festival Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Seni Keagamaan Tahun 2022.

Festival itu digelar di Plataran Garuda Mandala, Kompleks Candi Prambanan pada 1 hingga 5 Desember 2022 dengan tema Harmoni dalam Keberagaman .

Dalam festival ini dihadirkan 521 peserta dari 34 provinsi dan memilik empat rangkaian kegiatan utama yang meliputi festival kesenian, pameran produk UMKM, arasehan, dan pemberian penghargaan pada tokoh Hindu Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta

Antusiasme kalangan umat untuk menyukseskan festival ini sangat baik. Selain penampilan utusan umat Hindu dari setiap provinsi, terdapat juga penampilan dari berbagai utusan lembaga keagamaan, lembaga pendidikan, penggiat seni/seniman, dan utusan dari lintas agama.

Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI, I Nengah Duija menyampaikan festival ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen umat Hindu dalam menjaga kesatuan dalam keberagaman bangsa. “Festival ini adalah bentuk komitmen umat Hindu Indonesia dalam memperkuat kehidupan beragama yang moderat melalui kesenian dan budaya nusantara," katanya melalui siaran pers yang diterima Media Indonesia, Jumat (2/12).

Dirjen Bimas Hindu meyakini seni dan budaya menjadi pendekatan paling efektif dalam mengampanyekan nilai-nilai moderasi beragama. Melalui seni dan budaya, perbedaan kepercayaan, agama, dan golongan dapat berdampingan secara harmoni dengan seiras dan seirama tanpa harus menonjolkan atau menenggelamkan satu sama lain. (OL-12)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Ukuran Lengan Atas Jadi Indikasi Ibu Hamil Kurang Energi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 31 Januari 2023, 10:00 WIB
"Kalau kurang dari 23,5 sentimeter, kemungkinan besar malnutrisi. Jadi, biasanya diberikan makanan tambahan secara...
Medcom

Peribahasa Indonesia Terpopuler dan Artinya

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Selasa 31 Januari 2023, 09:15 WIB
KBBI juga mendefinisikan peribahasa sebagai ungkapan atau kalimat ringkas padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup...
Koresponden/MI

Waspadai Sejumlah Penyakit Tropis yang Terabaikan

👤Naufal Zuhdi 🕔Selasa 31 Januari 2023, 09:10 WIB
dr. Maxi Rein Rondonuwu mengatakan berdasarkan data Kemenkes, sebanyak 236 kabupaten/kota di 28 provinsi di Indonesia merupakan daerah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya