Kamis 01 Desember 2022, 23:25 WIB

One Health Cegah Penularan Penyakit dari Hewan ke Manusia

M Iqbal Al Machmudi | Humaniora
One Health Cegah Penularan Penyakit dari Hewan ke Manusia

MI/Andri
Pemakaman jenazah covid-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta.

 

WAKIL Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan kebijakan one health sangat penting dalam upaya pencegahan pandemi di masa yang akan datang. One health merupakan kolaborasi dari berbagai sistem disiplin ilmu untuk mencegah terjadinya penularan penyakit dari hewan ke manusia.

"Perencanaan tindakan menegaskan kembali peran sentral One Health tentu saja untuk memastikan pencegahan pandemi yang efektif, kesiapsiagaan dan tanggap darurat," kata Dante dalam webinar National Media Workshop in Indonesia, Kamis (1/12).

One health merupakan bagian dari ketahanan dan kesiapan global dalam menghadapi penularan penyakit dari hewan ke manusia apalagi bisa menyebabkan pandemi selanjutnya dan membangun sistem kesehatan global.

Dengan memperkuat komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi antara sektor kesehatan manusia, kesehatan hewan, dan hak akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menerapkan mekanisme preferensi kesiapsiagaan dan respons untuk menghadapi kesehatan masyarakat, ancaman, dan krisis di masa mendatang

"Kesehatan adalah bagian dari kebersamaan kita untuk membangun sistem kesehatan global," ujarnya.

Di kesempatan yang sama Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Ede Surya Darmawan menjelaskan dalam menghadapi pandemi perlunya pendekatan one health. Hal tersebut tercermin ketika dunia menghadapi pandemi kemarin yang mana semua sektor ikut bergerak.

"Kemarin ketika penanganan covid-19 semua sektor bergerak. Jadi dari pusat hingga dinas bisa bergerak menjadi dinas kesehatan yang menyampaikan informasi," ujarnya.

Berbagai sektor yang ikut bergerak tersebut bisa mendukung edukasi untuk menyehatkan lingkungan hewan sehingga tidak ada penularan penyakit. Sehingga bagaimana menciptakan sebuah keseimbangan baru yang mana manusia akan sehat, lingkungan lestari, dan hewan pun sehat.

"Hewan merupakan sumber protein kita dan bermanfaat pada pelestarian lingkungan kita," ujarnya.

Koordinasi one health antara WHO, FAO, Animal Health dan lainnya juga oerlu komunikasi dari banyak pihak sehingga edukasi kepada masyarakat bisa melakukan aksi bersama melakukan penyelamatan lingkungan. (H-2)

 

Baca Juga

Ist

Cara Atasi Penuaan Kulit: Tujuh Hal yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan

👤mediandonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:29 WIB
Penuaan ekstrinsik adalah agresi eksternal  seperti polusi atau sinar UV dan kebiasaan gaya hidup seperti merokok atau makan...
Antara

PGI Minta Presiden Perhatikan Kasus Larangan Beribadah

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:24 WIB
PGI mencatat setidaknya ada lima peristiwa diskriminasi dan intoleransi sejak 17 Januari 2023. Larangan itu dengan alasan rumah ibadah...
DOK/TACO

TACO Dukung Pameran Seni Rupa Art Jakarta Gardens

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:05 WIB
Pagelaran Art Jakarta Gardens kali ini menjadi awal bagi TACO untuk mendukung industri kreatif Indonesia pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya