Rabu 30 November 2022, 16:50 WIB

Bagaimana Proses Pembentukan Minyak Bumi? Yuk Simak Penjelasannya

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Humaniora
Bagaimana Proses Pembentukan Minyak Bumi? Yuk Simak Penjelasannya

ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ilustrasi

 

MINYAK bumi menjadi salah satu sumber daya untuk kehidupan manusia. Sumber daya jenis ini bermanfaat untuk bidang industri, bahan bakar kendaraan, bahan pembuat perabotan rumah tangga, hingga sebagai bahan produk kecantikan dan kesehatan. 

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, minyak bumi merupakan minyak yang di tambang dari bumi (seperti minyak tanah, bensin, kerosin) atau campuran berbagai hidrokarbon yang terdapat dalam fase cair dalam reservoar di bawah tanah dan yang tetap cair pada tekanan atmosfer setelah melalui fasilitas pemisah di atas permukaan.

Minyak bumi berasal dari berbagai bentuk organisme yang mati di dalam tanah. Campuran kompleks senyawa organik yang terdiri atas senyawa hidrokarbon dan non-hidrokarbon dari sisa-sisa mikroorganisme, tumbuhan, dan binatang tertimbun selama berjuta-juta tahun disebut sebagai minyak bumi. Senyawa kimia minyak bumi terdiri dari unsur-unsur karbon, hidrogen, oksigen, sulfur, halogenida, dan logam. Minyak bumi mengandung komponen hidrokarbon dan non hidrokarbon sebesar 50-98%.

Proses Pembentukan Minyak Bumi

1. Proses dimulai saat hewan atau tanaman terkubur di dalam lapisan kerak bumi selama ratusan juta tahun lalu.

2. Hewan dan tanaman yang mati terkubur akan terbawa ke dalam lapisan kerak bumi melalui pergerakan lapisan lempeng bumi.

3. Kemudian seluruh sisa hewan dan tanaman yang telah menjadi fosil akan bereaksi dengan panas bumi beserta gas alam yang terbentuk alami.

4. Proses tersebut akan mengubah fosil menjadi cairan hitam yang disebut minyak bumi.

Proses pengolahan minyak bumi dibagi menjadi dua tahap, tahap pertama yakni distilasi bertingkat untuk memisahkan fraksi-fraksi minyak bumi berdasarkan titik didihnya, di mana komponen dengan titik didih yang lebih tinggi akan membentuk cairan dan turun ke bawah. Kemudian, komponen dengan titik didih yang lebih rendah akan menguap naik atas melalui sangkup gelembung. Lalu, tahap kedua yaitu proses lanjutan hasil penyulingan, seperti perengkahan atau cracking, ekstrasi, kristalisasi, dan pembersihan dari kontaminasi.

Manfaat Minyak Bumi

1. Bahan Bakar Kendaraan
2. Konstruksi
3. Sumber Gas Cair
4. Produksi Bahan Serat
5. Perlengkapan Rumah Tangga
6. Bahan Campuran Keperluan Medis
7. Produk Kecantikan
8. Membuat Peralatan Elektronik
9. Pertanian
10. Pembangkit Listrik

Daerah Penghasil Minyak Bumi di Indonesia yakni Sumatra, Laut Jawa, Kalimantan Timur, Kepulauan Natuna. Sementara di luar negeri yakni Amerika Serikat, Saudi Arabia, Rusia, Kanada dan Tiongkok.(OL-5)

Baca Juga

Ist

Daewoong Ajukan Permohonan Persetujuan Obat Baru di 11 Negara

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 17:55 WIB
Sejauh ini, Daewoong telah mengajukan persetujuan Fexuprazan ke 11 negara, yaitu Brasil, Filipina, Indonesia, Thailand, Meksiko, Cile,...
MI/ HO

BSM Umat Bertransformasi jadi BSI Maslahat

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 14:52 WIB
Transformasi BSI Maslahat diharapkan membuat llembaga tersebut menjadi yang terdepan dalam menguatkan ekosistem ekonomi...
ANTARA/Anis Efizudin

Wisatawan Perlu Edukasi untuk Naik Candi Borobudur

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 30 Januari 2023, 13:00 WIB
"Ke depan ada paradigma baru untuk bisa datang dan bisa naik ke Candi Borobudur harus rela melakukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya