Senin 28 November 2022, 21:22 WIB

Untar Kirim Tim Medis Bantu Penanganan Korban Gempa Cianjur

Widhoroso | Humaniora
Untar Kirim Tim Medis Bantu Penanganan Korban Gempa Cianjur

DOK Untar
Tim Medis FK Untar memberi pelayanan pemeriksaan kesehatan bagi korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

 

FAKULTAS Kedokteran Universitas Tarumanagara (FK Untar), Jakarta bekerja sama dengan GP Anshor DKI mengirim tim medis yang beranggotakan 100 orang untuk membantu penanganan korban gempa Cianjur, Jawa Barat. Tim ini didukung Satsuswil Banser Husada DKI Jakarta, Keluarga lumni Medis Tarumanagara, Indonesia Offroad Federation, Sivali Vishaka, dan Dharmachaka Jaya.

Sebelumnya, Untar telah memberangkatkan tim yang beranggotakan Mahasiswa Hukum Pecinta Ala (Mahupa) dan Mahasiswa Teknik Pecinta  Alam (Marsipala) ke lokasi bencana untuk bergabung dengan Tim Relawan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi III (Redi).

"Kami turut prihatin atas bencana gempa bumi yang melanda Cianjur dan sekitarnya. Kami memberikan donasi dalam bentuk dana melalui Relawan LLDIKTI IIII yaitu REDI, juga mengirimkan Tim Medis dari FK Untar untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhan, serta melalui Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik," ungkap Rektor Untar Agustinus Purna Irawandalam keterangan yang diterima, Senin (28/11).
 
Koordinator lapangan FK Untar, dr. Denny mengatakan tim bekerja sama dengan Alumni dan Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser NU) memberi bantuan kepada warga di desa Cibeureum, Cugenang, salah 
satu lokasi yang paling terkena dampak gempa. Ia mengatakan, tim medis ini terdiri dari lima dokter dan dibantu mahasiswa FK Untar.

"Bantuan yang diberikan diantaranya obat-obatan, makanan, pakaian, selimut, mainan anak-anak dan tenda. Tim Untar juga direncanakan akan bergerak ke tempat lain yang masih membutuhkan bantuan. Tim juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan, pertolongan darurat, perawatan korban luka termasuk kegiatan memberi hiburan untuk pemulihan trauma kepada anak-anak," jelasnya.

Untar juga melakukan kegiatan "Untar Peduli Cianjur" untuk menggalang dana bagi korban gempa. Diharapkan masyarakat Cianjur dan sekitar dapat segera pulih kembali, sehingga dapat menjalani kembali kehidupan dengan baik. Gerakan Untar peduli, yang kali ini ditujukan untuk korban gempa bumi di Cianjur, merupakan gerakan sukarela yang dilakukan sivitas akademika Untar bila terjadi musibah yang membutuhkan bantuan. (RO/OL-15)

Baca Juga

MI/SUSANTO

Waspada Hujan Lebat di Seluruh Indonisa Efek Bibit Siklon Tropis

👤Naufal Zuhdi 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 12:31 WIB
Bibit Siklon Tropis 94S terpantau berada di Samudra Hindia barat daya...
Ist/BPIP

Pertama di Tahun 2023, BPIP Angkat 399 Purnapaskibraka Jadi Duta Pancasila 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 12:24 WIB
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengangkat 399 Purnapaskibraka sebelum tahun 2021 menjadi Duta Pancasila di Jakarta,...
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Pencegahan Stunting Dimulai dari Masa Kehamilan

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 11:46 WIB
Selain pemberian makanan tambahan dengan makanan lokal, hal yang paling penting adalah pemberian edukasi kepada ibu tentang cara pemberian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya