Kamis 24 November 2022, 20:12 WIB

Sejak Pandemi, Ratusan Ribu Guru Manfaatkan Teknologi QSP

Mediaindonesia.com | Humaniora
Sejak Pandemi, Ratusan Ribu Guru Manfaatkan Teknologi QSP

DOK Pribadi.
Ilustrasi.

 

PANDEMI menjadi titik balik perjuangan guru-guru Indonesia, terutama dalam penggunaan teknologi. Tantangan untuk menghadirkan pembelajaran yang bermakna secara daring semakin besar ketika guru masih belum terbiasa menggunakan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Berdasarkan survei Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemendikbud) pada 2018, hanya 40% guru Indonesia yang siap menggunakan teknologi. 

Namun berkat kegigihan belajar yang tinggi, kini guru-guru Indonesia mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Riza Purnama, Quipper School Premium Manager, mengungkapkan rasa bangga atas semangat guru-guru hebat Indonesia beradaptasi dengan teknologi meskipun ada berbagai keterbatasan. Riza juga memberi pesan agar guru selalu berinovasi menggunakan teknologi meskipun sudah pembelajaran tatap muka (PTM).

Pihaknya berkomitmen mendukung efektivitas dan efisiensi kinerja guru-guru Indonesia dengan teknologi melalui Quipper School Premium (QSP). Sejak 2020, QSP digunakan lebih dari 177.000 guru di 195 kabupaten/kota di Indonesia. Puluhan webinar pelatihan juga diikuti secara antusias oleh lebih dari 3.000 sekolah.

"Di Hari Guru Nasional ini, saya sangat bangga kepada 177.000 guru hebat di seluruh Indonesia yang sudah mau belajar dan beradaptasi dengan teknologi seperti Quipper School Premium. Saya percaya penggunaan teknologi dapat mempermudah guru dalam menciptakan pembelajaran yang terdiferensiasi, efektif, dan efisien. Harapan saya ke depan, semoga semakin banyak lagi guru dan sekolah yang berinovasi menggunakan teknologi dalam PTM. Tentu dengan tetap mengingat bahwa teknologi hadir bukan untuk menggantikan peran guru, melainkan sebagai alat untuk mendukung kinerja guru agar proses pembelajaran menjadi semakin baik," ungkap Riza dalam keterangan tertulis, Kamis (24/11).

Kesuksesan literasi teknologi guru juga tak lepas dari peran penyedia layanan teknologi pendidikan. Quipper School Premium yang dirancang untuk mendukung setiap tahap pengajaran tidak hanya memberikan teknologi yang mudah dipahami guru, tetapi juga layanan konsultasi agar guru bisa memaksimalkan penggunaan teknologi. Guru dapat menganalisis kebutuhan siswa melalui tes kognitif dan afektif, merancang pembelajaran, mengembangkan instrumen penilaian, menyelenggarakan ujian PTS, PAS, dan PAT secara daring, serta memonitor proses pembelajaran dengan mengakses laporan aktivitas siswa & guru.

Konten, fitur, dan layanan QSP juga mendukung guru dalam mengimplementasi Kurikulum Merdeka dengan ribuan konten referensi mengajar, bank soal AKM, dan pelatihan Kurikulum Merdeka yang digelar secara rutin. Tidak hanya itu, QSP mendampingi guru dalam menghadapi perubahan kebijakan seleksi masuk perguruan tinggi dengan menyediakan tes diagnostik potensi skolastik, online tryout UTBK, laporan progres siswa per individu maupun per kelas.

Kepala Sekolah SMAN 3 Bondowoso, Jawa Timur, Oni Pambagyo Triantoro, merasa terbantu dengan solusi yang dihadirkan oleh QSP. "Dengan menggunakan QSP, kami bisa mengontrol perkembangan dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Selain itu, kami bisa mengetahui guru yang sangat aktif dan kurang aktif. Langkah-langkah ini memudahkan kami untuk mencapai mutu yang diharapkan oleh SMAN 3 Bondowoso. Kalau dari segi materi, video pembelajaran Quipper membantu siswa yang kesulitan memahami materi di kelas untuk belajar dan memperdalam materi secara mandiri," ujar Oni.

Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022 dapat menjadi momentum para guru untuk refleksi dan apresiasi atas ketangguhan dan kemauan kuat untuk berubah, sehingga para guru sukses menghadapi transformasi dalam pembelajaran di tengah masa sulit pandemi. Tidak hanya guru yang terus menyongsong perubahan, Quipper sebagai bagian dari ekosistem teknologi pendidikan di Indonesia juga terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik bagi guru, sekolah, dan siswa. Ke depan, Quipper School Premium berkomitmen akan terus mendukung guru-guru Indonesia melalui pengembangan konten, fitur, dan layanan yang sejalan dengan transformasi pendidikan Indonesia. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Tenaga Kesehatan Berperan dalam Temukan Kasus Kanker pada Anak

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 13:44 WIB
Kanker dapat menyerang semua usia, dari bayi hingga orang lanjut usia. Namun, kanker pada anak berbeda dengan...
Ist

Gandeng Kemenkes, AstraZeneca Kampanye Deteksi Dini Kanker Ovarium

👤Eni Kartinah 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 13:30 WIB
Kampanye 10 Jari adalah upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang 6 faktor risiko dan 4 tanda kanker...
MI/PANJI ARIMURTI

Menyantap Nasi Jagung Sambil Menikmati Keindahan Dataran Tinggi Gunung Sindoro

👤Panji Arimurti 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 13:26 WIB
Menyantap nasi jagung dengan buntil daun singkong, sayur krecek, tumis tempe cabe ijo, urap-urap, ikan asin, dan telur dadar sangat pas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya