Selasa 22 November 2022, 17:24 WIB

Kepala BPIP Minta DPPI Kawal Kaderisasi Calon Pemimpin Bangsa yang Berkarakter Pancasila

Mediaindonesia.com | Humaniora
 

KEPALA Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi melantik Pelaksana Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI) Tingkat Pusat di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Selasa, (22/11).

Ia mendorong DPPI terus berkomitmen mengawal dan menjalankan tugasnya untuk proses kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila mealui program Paskibraka.

Ia menegaskan hal tersebut berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 51 tahun 2022 Tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dan Peraturan BPIP Nomor 3 tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Perpres Nomor 51 yang menggantikan Perpres Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Generasi Muda melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dan Perban Nomor 1 tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Perpres Nomor 13 Tahun 2021 yang sudah dicabut.

"Untuk menjamin keberlangsungan bangsa dan negara diperlukan upaya dari setiap komponen bangsa untuk bisa menyiapkan kader pemimpin yang akan melanjutkan perjuangan bangsa," ujarnya.

Yudian bahkan meminta kepada DPPI agar bersungguh-sungguh melaksanakan tugas dengan tetap memegang teguh empat konsensus berbangsa dan bernegara yakni Pancasila, UU 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Kita semua berharap Paskibraka, Purnapaskibraka dan Purnapaskibraka Duta Pancasila dibawah koordinasi BPIP secara nasional dapat bersama-sama bergotong royong menjaga amanah dan bekerja produktif serta karya nyata," paparnya.

Disamping itu sinergitas anyata Kementerian dan Lembaga lainnya dengan disertai persaudaraan erat dari segenap komponen lainnya menjadi kekuatan bedar untuk Indonesia maju.

"Gotong royong juga sangat diperlukan dengan Kementerian Lembaga lain mengenai Kepaskibrakaan untuk mewujudkan Indonesia Maju dan Abadi," tutupnya.

Baca juga : BPIP : Agama, Moral, dan Etika Bangsa Diwujudkan Lewat Nilai-Nilai Pancasila

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Rima Agristina mengaku dalam kepengurusan pelaksana DPPI tersebut diantaranya 9 orang pengurus dan 3 orang majelis pertimnangan DPPI.

"Mudah-mudahan dengan dilaknsakaanya pelantikan ini organisasi DPPI semakin siap dalam melaksanakan program-program Paskibraka seperti yang diamanatkan Perpres nomor 51 tahun 2022," katanya.

Dirinya meyakini dengan adanya organisasi DPPI dapat menciptakan kader-kader calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila.

Tidak hanya itu, Paskibraka di seluruh Indonesia yang didominasi generasi milenial ini dapat memiliki jiwa dan karakter Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sementara itu Ketua DPPI tingkat pusat Yuslihayanti mengaku akan segera membentuk kepengurusan kemudian menjalankan program terdekatnya aeperti membentuk DPPI Daerah.

"Kami akan segera bekerja bergotong royong salah satunya membentuk DPPI di Daerah", ucapnya.

Selain itu, pihaknya dan BPIP telah menyusun rencana induk program dan melakukan pembinaan lanjutan Paskibraka Duta Pancasila di seluruh Daerah.

"Jadinya banyak program-program untuk- adik-adik kami dinseluruh Indonesia untuk meningkatkan kompetensi guna menciptakan pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila," tutupnya. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara

Buka Expo Digital, Kepala BSKDN: Terapkan Ekosistem Inovasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 19:49 WIB
Yusharto mengatakan, digitalisasi merupakan momentum untuk bersinergi dan berkolaborasi memperkuat hubungan seluruh penyelenggara...
Ist

Keterampilan Digital dan Bahasa Inggris Kunci Memenangi Kompetisi Global

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 19:29 WIB
Keterampilan digital dan Bahasa Inggris menjadi kunci dalam memenangi kompetisi global industri pariwisata di tengah situasi Volatility,...
Ist

Aksi Bom Bunuh Diri bukan Bagian dari Amalan Jihad

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 18:34 WIB
Musuh yang dianggap dalam Islam adalah mereka yang memerangi Islam. Sementara tidak ada bukti satu pun yang bisa ditunjukkan bahwa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya