Selasa 22 November 2022, 15:08 WIB

PMI Siap Kerahkan Hagglund untuk Jangkau Korban Gempa Cianjur

Emir Chairullah | Humaniora
PMI Siap Kerahkan Hagglund untuk Jangkau Korban Gempa Cianjur

MI/Bagus Suryo
Mobil Hagglund milik PMI

 

PALANG Merah Indonesia (PMI) Pusat siap mengerahkan kendaraaan jenis Hagglund untuk daerah-daerah yang masih terisolir pascagempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla menyebutkan hagglund merupakan kendaraan khusus yang bisa digunakan di jalan-jalan atau medan yang susah dilewati, khususnya di daerah yang terisolir.

"Kita tunggu laporan hari ini dan jika diperlukan karena masih ada daerah yang terisolir, PMI siap kerahkan dua unit Hagglund," kata Kalla di kediamannya, Selasa (22/11).

Sebagai bantuan awal, Kalla menyebutkan PMI mengerahkan sejumlah bantuan dalam membantu korban gempa Cianjur di masa tanggap darurat tersebut. Mereka yng dikirim adalah relawan PMI yang berada di daerah terdekat dari lokasi bencana.

"Sejak tadi malam sudah 200-an relawan PMI sudah berada di Cianjur membantu mengatasi tanggap darurat," ujarnya.

Adapun bantuan yang dibawa berupa 10 mobil ambulans mobil tangki, mobil operasonal, dokter-dokter serta logistik. Bantuan PMI tersebut akan mendukung prioritas aksi yang dilakukan dimasa tanggap darurat seperti mengoperasaikan tenda-tenda, penyediaan makanan, layanan pengobatan dan penyaaluran logstik lainnya.

Baca juga: Pemprov Sumbar Akan Kirim Rendang Bagi Penyintas Gempa Cianjur

Kalla pun menyampaikan duka cita atas salah satu bencana terbesar dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di Pulau Jawa.

"Atas nama PMI, saya menyampaikan duka cita dan belasungkawa atas peristiwa ini, semoga seluruh korban diberi ketabahan,” ungkapnya.

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) juga sekaligus mengajak seluruh masyarakat untuk bergotong royong membantu penderitaan warga Cianjur.

Seperti diketahui, gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur pada pukul 13.21 WIB. Gempa dengan magnitudo 5,6 itu mengakibatkan ratusan korban meninggal dunia serta ribuan lainnya mengalami luka-luka. Selain itu, gempa juga berdampak pada ratusan rumah rusak berat serta ribuan orang mengungsi.(OL-5)

Baca Juga

dok.ist

Ganjar : Pemanfaatan Medsos Penting Bagi Pemimpin Masa Kini

👤Haryanto 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:56 WIB
PEMANFAATAN medsos sangat penting untuk menjangkau lebih banyak masyarakat. Menurut Ganjar, medsos merupakan ruang komunikasi yang efektif...
Ist

Menteri BUMN Beri Motivasi Generasi Muda pada BEM UI Trilogy

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:34 WIB
Acara seminar, diskusi, dan pameran booth BUMN ini berlangsung selama dua hari pada 28–29 November 2022 dengan dihadiri langsung oleh...
ANTARA

Tradisi Natal di Indonesia

👤Meilani Teniwut 🕔Senin 05 Desember 2022, 19:31 WIB
Tradisi yang dirayakan di salah satu daerah di Jakarta ini, memang menjadi tradisi yang selalu dilakukan setiap tahunnya oleh warga Kampung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya