Senin 21 November 2022, 20:44 WIB

PMI Jamu Pelatihan Asia Pasifik untuk Program Air, Sanitasi, Kebersihan

Mediaindonesia.com | Humaniora
PMI Jamu Pelatihan Asia Pasifik untuk Program Air, Sanitasi, Kebersihan

DOK Pribadi.
Pelatihan ini bertujuan menguatkan kapasitas respons darurat kesiapsiagaan air, sanitasi, dan kesehatan.

 

PALANG Merah Indonesia (PMI) menjadi tuan tumah dalam penyeleggaraan pelatihan untuk program air, sanitasi, dan kebersihan (Wash) pada 21-25 November 2022 di Bandung, Jawa Barat, dengan 33 peserta dari sembilan negara yaitu Bangladesh, Myanmar, Nepal, Pakistan, Samoa, Thailand, Timor-Leste, Malaysia, Indonesia, dan Kenya. Pelatihan darurat untuk air, sanitasi, dan kebersihan ini bertujuan menguatkan kapasitas respons darurat kesiapsiagaan air, sanitasi, dan kebersihan oleh Palang Merah Jepang (Japanese Red Cross Society) melalui Kantor Regional Asia Pasifik (Asia Pacific Regional Office atau APRO). 

"Prioritas PMI dalam meningkatkan ketangguhan masyarakat terutama dalam respons darurat sangatlah penting. Pelatihan respons darurat bersama negara Asia Pasifik lain menjadi sarana belajar dan bertukar ide bagi PMI dengan perhimpunan nasional lain," ucap Sudirman Said, Sekretaris Jendral PMI. 

"Kegiatan pelatihan respons darurat dalam program air, sanitasi, dan kebersihan diharapkan bisa meningkatkan kapasitas perhimpunan nasional untuk mendukung ketangguhan masyarakat," ujar Elkhan Rahimov, Kepala Delegasi IFRC CCD Indonesia, Brunei Darussalam, Singapura dan Timor-Leste, dan perwakilan IFRC untuk ASEAN. 

"Melalui kegiatan pelatihan ini, negara-negara Asia Pasifik dapat lebih memahami implementasi program air, sanitasi, dan kebersihan, terutama jika diperlukan dalam respons tanggap darurat," tambah Wendy Neoh, Staff Senior Emergency WASH APRO. 

Asia Pasifik merupakan wilayah bencana sering terjadi dibanding wilayah lain. Sangat penting untuk tidak hanya memastikan kelompok terdampak mendapatkan fasilitas air, sanitasi, dan kebersihan yang layak, tetapi juga memberikan pesan-pesan kebersihan untuk mengurangi risiko penyakit yang ditularkan melalui air. (RO/OL-14)

Baca Juga

MI/Ramdani

Ahli: Masyarakat tidak Boleh Lengah, Subvarian XBB Bahaya bagi Komorbid

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 02 Desember 2022, 23:38 WIB
Menurut Guru Besar Mikrobiologi FKUI, subvarian XBB dan varian omikron lainnya bisa melarikan diri dari antibodi, baik pascainfeksi,...
MI/ Moh Irfan

BPJS Kesehatan Ingin Masyarakat Teredukasi Soal Layanan Kesehatan

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:59 WIB
MASYARAKAT sangat membutuhkan edukasi terkait layanan kesehatan yang diselanggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)...
Dok. i3L

Terus Lakukan Inovasi, Dundee dan i3l Kembangkan Kerjasama Double Degree

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:59 WIB
"Mahasiswa nantinya akan diberikan gelar sarjana dari Biomedicine i3L, serta dari University of...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya