Jumat 18 November 2022, 22:30 WIB

Pengertian Brainware dalam Komputer

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Pengertian Brainware dalam Komputer

ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Ilustrasi sedang menggunakan komputer

 

DUA komponen dasar dari sebuah komputer adalah hardware atau perangkat keras dan software yakni perangkat lunak, yang mampu membuat komputer beroperasi. Namun, salah satu komponen paling utama adalah brainware. Apa itu brainware, simak terus artikel ini.

a. Pengertian Brainware

Brainware adalah orang yang menggunakan perangkat komputer. Contoh otak program atau programmer, pengguna internet (sebutan untuk orang yang berselancar di internet) dan orang yang menggunakan perangkat komputer. Definisi programmer yakni orang yang terlibat dalam pengoperasian atau penggunaan dan pengendalian sistem perangkat keras komputer.

Itu juga dapat diartikan sebagai perangkat mental yang mengoperasikan dan memeriksa sifat-sifat perangkat keras serta perangkat lunak. Istilah pemrograman komputer mengacu pada orang yang menggunakan komputer. Secanggih apapun sebuah komputer, baik hardware maupun softwarenya, jika tidak ada software otak yang menjalankan, maka fungsi hardware dan software komputer tersebut tidak dapat berfungsi secara maksimal.

b. Jenis Brainware

Seorang brainware atau juga disebut dengan user dapat dibagi dalam berbagai jenis sesuai dengan fungsi yang dikerjakan pada komputer.

1. Programmer

Salah satu jenis dari brainware adalah programmer yakni pengguna yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam menguasai salah satu atau lebih bahasa pemrograman dalam dunia komputerisasi. Selain itu, user jenis ini juga bertugas mempersiapkan program yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi tertentu dan menciptakan sistem komputer yang dapat mendukung program tersebut.

2. Operator Komputer

Selanjutnya adalah operator komputer yaitu brainware atau pengguna yang memiliki kemampuan untuk mengoperasikan sistem atau program yang ada di sebuah komputer.

3. Teknisi Komputer

Brainware jenis ini adalah pengguna dengan kemampuan melakukan perbaikan, mengatasi dan juga merawat komputer dari masalah yang dihadapi dan bentuk potensi masalah yang dapat terjadi pada komputer.

4. Manajer Proyek

Sementara manajer proyek yakni pengguna yang menggunakan komputer untuk mengelola atau memanage bagian dari data yang besar. Dengan bantuan komputer, manajer dapat menciptakan ekosistem data yang dapat memudahkan pengelolaan dari suatu data yang besar.

c. Fungsi Brainware

Pada umumnya, brainware merupakan pengguna dari sebuah sistem komputer. Maka, sebuah komputer yang tersusun dari perangkat keras dan perangkat lunak tidak akan dapat dioperasikan tanpa bantuan brainware. Maka, fungsi dari brainware adalah sebagai administrator, pengguna yang memiliki kemampuan untuk mengelola suatu sistem operasi yang terdiri dari program yang telah diciptakan sebelumnya.

Sebagai administrator, pengguna dapat mengelola data atau informasi dalam ukuran besar dengan bantuan komputasi. Selanjutnya, brainware juga berfungsi sebagai programmer, yaitu mereka dapat menciptakan suatu program untuk tujuan tertentu. Hal ini dapat membantu pengguna untuk menjalankan suatu aktivitas dengan fungsi tertentu berdasarkan program yang telah diciptakan.

Akhirnya, brainware pada umumnya berfungsi sebagai operator untuk menjalankan sistem operasi yang sebelumnya telah diciptakan. Bukan hanya menjalankan fungsi dari sistem komputasi yang ada, operator juga berfungsi untuk melakukan perawatan pada komputer yang ada.

d. Contoh Brainware

Berikut adalah contoh dari brainware:
 
1. Netter

Netter adalah sebutan bagi mereka yang menggunakan internet untuk menjelajahi atau berkeliling dalam mencari informasi baru dengan mengakses situs-situs yang ada di internet.

2. EDP Department

EDP Department atau Pengolah Data Elektronik adalah pengguna suatu program atau sistem yang berfungsi mengolah data atau informasi yang berukuran besar.(OL-5)

Baca Juga

dok.ist

Ganjar : Pemanfaatan Medsos Penting Bagi Pemimpin Masa Kini

👤Haryanto 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:56 WIB
PEMANFAATAN medsos sangat penting untuk menjangkau lebih banyak masyarakat. Menurut Ganjar, medsos merupakan ruang komunikasi yang efektif...
Ist

Menteri BUMN Beri Motivasi Generasi Muda pada BEM UI Trilogy

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:34 WIB
Acara seminar, diskusi, dan pameran booth BUMN ini berlangsung selama dua hari pada 28–29 November 2022 dengan dihadiri langsung oleh...
ANTARA

Tradisi Natal di Indonesia

👤Meilani Teniwut 🕔Senin 05 Desember 2022, 19:31 WIB
Tradisi yang dirayakan di salah satu daerah di Jakarta ini, memang menjadi tradisi yang selalu dilakukan setiap tahunnya oleh warga Kampung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya