Jumat 18 November 2022, 18:47 WIB

Asa Ren dan G42 Healthcare Kolaborasi Kembangkan Teknologi Genomic Sequencing 

mediaindonesia.com | Humaniora
Asa Ren dan G42 Healthcare Kolaborasi Kembangkan Teknologi Genomic Sequencing 

Ist
Penandatanganan MoU antara Asa Ren dan G42 Healthcare untuk mengembangkan teknologi genomic sequencing dan bioinformatika di Indonesia.

 

PERUSAHAAN bioteknologi dan data genomik dari Indonesia, Asa  Ren Pte Ltd (Asa Ren) menjalin kemitraan strategis dengan perusahaan teknologi kecerdasan buatan atau artificial inteligence (AI) dari Uni Emirat Arab (UAE), G42 Health Care AI Holding RSC LTD (G42 Healthcare).

Inisiasi kerja sama ini ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan tujuan untuk mengembangkan teknologi genomic sequencing dan bioinformatika di Indonesia.

Tujuan kerja sama untuk mempersiapkan infrastruktur untuk program inisiasi Biomedical Genome Science Initiatives (BGSi) dengan menggunakan metode microarray dan whole genome sequencing.

Pada tahun 2020 hingga 2027 sendiri, industri genomik Indonesia diperkirakan akan mengalami peningkatan tahunan dengan Compound Annual Growth Rate (CAGR) sebesar 11,4%. Sehingga melalui peningkatan ini, diharapkan dapat membuka potensi terbaik bagi kedua perusahaan.

MoU antara G42 Healthcare dan Asa Ren ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan genomic sequencing dan kemampuan bioinformatika di Indonesia untuk mendukung Inisiatif Genomik Nasional dan memberikan nilai jangka panjang.

Baca juga: PB IDI Gandeng Aplikasi D2D untuk Skrining Kesehatan Masyarakat

Penandatangan MoU ini dihadiri langsung oleh Menko Kemaritiman dan InvestasiLuhut Binsar Pandjaitan; Duta Besar UAE untuk Indonesia, H. E. Abdullah Salem Al Dhaheri; Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin; Menteri Negara Perdagangan Luar Negeri UEA, H. E. Dr Thani bin Ahmed Al Zeyoudi; dan Wakil Ketua Kamar Umum Bidang Kesehatan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Charles Honoris.

Dalam keterangan pers, Jumat (18/11), CEO dari Asa Ren, Aloysius Liang, mengatakan,"Bersama-sama, kemitraan ini akan menghadirkan transformasi industri genomik Indonesia dan meningkatkan seluruh ekosistem layanan kesehatan dan bioteknologi ke tingkat yang tinggi dan lebih maju dengan kombinasi teknologi yang dimiliki G42 Healthcare dan Asa Ren."

Dalam kolaborasi ini juga, Ashish Koshy, CEO G42 Healthcare mengatakan, "G42 Healthcare berkomitmen untuk mendorong inovasi dengan para pemimpin dunia melalui sektor kesehatan."

"Kami telah berkolaborasi dengan perusahaan global dengan menawarkan solusi yang berdampak pada seluruh nilai pelayanan kesehatan. Kemitraan kami dengan Asa Ren akan memungkinkan dukungan untuk BGSi dan mewujudkan visi bersama untuk memberikan data genom yang komprehensif, dan pemberian layanan kesehatan yang bersifat personal dan preventif di Indonesia." papar Ashish.

Kedua perusahaan ini juga melakukan kerja sama dengan pemerintah untuk mengembangkan dan memperluas electronic health passport, telehealth, dan analisis data kesehatan.

Kerja sama ini juga diharapkan dapat membangun genomik biobank yang untuk mempercepat pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Kemajuan pesat dalam setiap langkah Next-Gene Sequencing Analytical dari analisis primer ke tersier akan memungkinkan kedua perusahaan untuk mendorong misi membangun biobank Asia terbesar dan jauh lebih meningkat dalam penerapan kemampuan analitis.

Tentang Asa Ren

Asa Ren adalah perusahaan data DNA konsumen terkemuka di Asia Tenggara. Asa Ren  menyediakan platform genotip DNA end-to-end -dari layanan lab basah hingga bioinformatika untuk grup rumah sakit, klinik, dan perusahaan perawatan kesehatan terkemuka.

Dengan pengalaman pengguna yang komprehensif dan model bisnis adaptif, rangkaian teknologi Asa Ren memungkinkan pelanggannya  untuk memahami dan mengelola data perawatan kesehatan mereka sendiri melalui profil genetik, fenotip 360, dan profil medis pengguna, (RO/OL-09)

Baca Juga

DOK/SMKN 2 GARUT

Paskibra SMKN 2 Garut Gulirkan Inovasi Pasheman'90

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 28 November 2022, 23:40 WIB
Pertunjukan Pasheman'90 yang atraktif, mampu menghapus stigma kaku  Pasukan Pengibar Bendera Pusaka...
DOK/SMKN 1 GARUT

Inovasi Sabun Cuci Tangan SMKN 1 Garut Dorong Kemandirian Warga

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 28 November 2022, 23:25 WIB
Pembuatan sabun cuci piring dihasilkan oleh siswa-siswi SMKN 1 dari Kompetensi Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas...
Dok NasDem

NasDem Setiap Hari Pasok Ratusan Tempe Azaki ke Dapur Umum Korban Gempa Cianjur

👤Media Indonesia 🕔Senin 28 November 2022, 23:10 WIB
PASOKAN kebutuhan buat masyarakat terdampak gempa Cianjur terus dilakukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya