Kamis 17 November 2022, 07:50 WIB

Diperlukan Inovasi Percepat Penurunan Stunting di Tanah Air

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Diperlukan Inovasi Percepat Penurunan Stunting di Tanah Air

Dok. UI
Alat yang dikembangkan Pengmas FKM UI untuk mendeteksi stunting.

 

Tugas berat BKKBN dan kementerian/lembaga yakni penurunan stunting hingga 14% di 2024, saat ini angka stunting masih diangka 24,4%.

"Diperlukan upaya inovasi dalam pencapaian 2,7% per tahun agar mencapai 14% sesuai dengan target RPJMN," kata Kepala Biro Umum dan Hubungan Masyarakat BKKBN Putut Riyatno di Hotel Santika Mega City, Bekasi, Rabu (16/11).

Dari 34 provinsi di Indonesia, sebanyak 20 provinsi di Indonesia memiliki prevalensi stunting di atas rata-rata nasional dan sebanyak 12 provinsi telah ditetapkan pemerintah sebagai provinsi prioritas penanganan stunting.

Terdapat 12 provinsi yang menjadi fokus penurunan stunting yakni Aceh, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten dan Sumatra Utara.

Inovasi yang masih dijalankan BKKBN sebagai leading sektor salah satunya yakni Program Bangga Kencana mendukung Cita ke-3, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan dengan pembentukan Kampung KB.

"Program Bangga Kencana juga diarahkan untuk mendukung Cita ke-5, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia," ucapnya.

Program lainnya yakni kerja sama kementerian/lembaga, sosialisasi melalui RAN PASTI (Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Angka Stunting Indonesia), Rapat Koordinasi Provinsi dan Kabupaten/Kota, Mini lokakarya, Rembuk Stunting Audit kasus stunting serta webinar, maupun melalui media sosial. (OL-12)

Baca Juga

Ilustrsasi

Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Oatmeal untuk Tubuh

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 05 Desember 2022, 14:30 WIB
Sebagai makanan alternatif pengganti nasi, oatmeal biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang manjalankan program...
MI/BARY

DPR Harap Partisipasi Masyarakat Dalam Pembahasan RUU Kesehatan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 05 Desember 2022, 14:17 WIB
Saleh mengatakan ada juga yang berjuang lewat media-media sosial. Memunculkan wacana dan isu yang dianggap krusial di RUU...
Warnerbros

Arti Villain dalam Dunia Film dan Perbedaannya dengan Anti-Hero

👤Meilani Teniwut 🕔Senin 05 Desember 2022, 13:43 WIB
Karakter jahat dari villain ini yang bikin para superhero harus putar otak gimana cara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya