Selasa 15 November 2022, 22:32 WIB

Inilah Lima Destinasi Wisata Hidden Gems di Tanah Air

mediaindonesia.com | Humaniora
Inilah Lima Destinasi Wisata Hidden Gems di Tanah Air

MI/Widjajdi
Pengujung melihat diorama manusia purba di Museum Manusia Purba Sangiran ( MMPS) di Sragen, Jawa Tengah,

 

MENUJU periode liburan akhir tahun 2022, para pelancong sudah tampak sibuk merencanakan perjalanan liburan ke berbagai daerah di Indonesia.

Diselenggarakan pada 21 Oktober- 3 November 2022, Traveloka Staycation Week 2002 sukses mencatat peningkatan traffic dan pemesanan di sejumlah lini produknya.

Program ini merupakan bagian dari komitmen Traveloka untuk mewujudkan rencana liburan pengguna, khususnya menjelang akhir tahun di tengah meningkatnya tren liburan staycation.

Hal ini juga didukung dengan data internal Traveloka yang menunjukkan bahwa peningkatan tren staycation secara domestik dan internasional mencapai lebih dari 10%, atau sudah melebihi pada saat pra pandemi. 

Saat peluncurannya, Traveloka Staycation Week berhasil memecahkan rekor MURI untuk peserta terbanyak yang menekan bel hotel secara bersamaan untuk menandakan dimulainya periode Traveloka Staycation Week 2022, dengan melibatkan 744 peserta.

Baca juga: Ada Tiga Pelabuhan Baru di Bali, Pariwisata Nusa Penida Diharap Lebih Berkembang

Para peserta terdiri dari mitra Traveloka, Traveloka Travel Friends, dan komunitas traveler yang bergabung baik secara online maupun offline di Godwitorium Traveloka Campus di BSD, Tangerang.

Disambut dengan baik oleh para konsumen, gelaran promosi ini juga menunjukkan adanya tren unik dan menarik terkait minat yang cukup tinggi terhadap destinasi wisata yang belum banyak diketahui masyarakat luas atau biasa disebut dengan destinasi “hidden gems”.

Destinasi hidden gems ini menawarkan keindahan alam yang memesona serta ragam aktivitas wisata yang menarik.

Staycation yang awalnya mulai meningkat sejak pandemi, kini semakin digemari masyarakat. Pengguna Traveloka memilih staycation sebagai bentuk liburan singkat untuk beristirahat dari rutinitas sehari-hari tanpa perlu menanti libur nasional atau libur panjang sekolah," ujar Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer, Traveloka dalam keterangan, Selasa (15/11).

Dengan maraknya tren staycation bagi masyarakat, kami menyambut baik minat konsumen terhadap destinasi wisata baru yang mencatatkan peningkatan pemesanan yang signifikan.

"Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah yang mendorong pemerataan infrastruktur sehingga akses untuk destinasi baru semakin terbuka," jelasnya.

"Traveloka juga siap memperkuat peran sebagai platform perjalanan dan gaya hidup yang dapat mewujudkan beragam aspirasi para penggunanya," ujar Shirley.

"Kami harap kesuksesan Traveloka Staycation Week dapat semakin memperkuat ekosistem pariwisata nasional,” kata Shirley.

Simak lima destinasi baru favorit pilihan konsumen Traveloka Staycation Week 2022 serta aktivitas wisata menarik di sekitarnya yang bisa menjadi inspirasi liburan kamu berikutnya:

Wisata Pantai di Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara

Bagi pecinta pantai yang anti-mainstream, Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara bisa menjadi pilihan utama.

Dengan pesona wisata pantai yang indah dan belum banyak dijamah pengunjung, traveler dapat berkunjung ke Pantai Pasir Putih di Desa Pasir Putih, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow.

Saat bersantai, kamu akan disuguhkan pemandangan jejeran Pulau Tiga Maelang dengan suasana pantai pasir yang bersih dan air laut yang jernih kebiruan.

Tidak hanya menyuguhkan keindahan, lokasi ini juga dilengkapi dengan fasilitas aktivitas menarik seperti snorkeling.

Bolaang Mongondow menawarkan berbagai tipe akomodasi mulai dari losmen hingga hotel bintang empat yang dapat kamu pilih di aplikasi Traveloka.

Mengulik Sejarah di Sragen, Jawa Tengah

Bagi penggemar wisata edukasi, Sragen di Provinsi Jawa Tengah memiliki banyak pesona wisata yang belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Museum Prasejarah Sangiran yang menyimpan berbagai koleksi benda-benda purbakala.

Tidak hanya menawarkan nilai sejarah, Sragen juga memiliki wisata alam yang indah. Keindahan alam Sragen, Gunung Kemukus, Gemolong Edupark dan air terjun Kedung Grujug bisa menjadi pilihan.

Setelah lelah mengeksplor Sragen, kamu bisa melepas penat di beberapa spa tradisional yang tersedia di Traveloka Xperience.

Wisata Alam di Tabalong, Kalimantan Selatan

Goa Liang Tapah di Tabalong cocok untuk kamu yang gemar wisata adventure. Goa Liang Tapah merupakan salah satu wisata alam yang termasuk geosite di wilayah Geopark Meratus di Provinsi Kalimantan Selatan.

Berlokasi sekitar 3 kilometer dari jalan utama Trans Kalimantan Tanjung-Koaro, Goa Liang Tapah cukup mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

Selama menjelajah area Goa Liang Tapah, pengunjung juga akan disuguhi pemandangan hamparan batuan stalagmit dan stalaktit, pegunungan Meratus, serta Telaga Bidadari.

Perjalanan menyusuri Goa Liang Tapah akan menjadi pengalaman baru dalam menikmati panorama keindahan alam.

Berkunjung ke Negeri Dongeng di Biak Numfor, Papua

Jika ingin merasakan lanskap alam megah dan berwisata dengan suasana bak di film-film fiksi, Andawajib mengunjungi destinasi wisata Negeri Dongeng, Kabupaten Biak Numfor yang terletak di timur Indonesia, tepatnya di Kampung Padwa, Distrik Yendidori, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Destinasi ini biasa juga dikenal dengan Negeri Dongeng Barupi Padwa Sup, yang menyuguhkan pemandangan alam dan hutan yang masih asri.

Nikmati keindahan Telaga Biru Samares di Distrik Biak Timur dengan airnya yang jernih dan berwarna biru kehijauan. Terletak di tengah hutan, pemandian alami ini semakin memberikan suasana bak di negeri dongeng.

Telaga Biru Samares dapat dicapai dengan perjalanan selama satu jam dari kota Biak. Jangan khawatir, kamu dapat memanfaatkan layanan car rental yang tersedia di Traveloka untuk mengantar kamu ke sana. 

Eksotisme Danau Biru di Majalengka, Jawa Barat

Memiliki geografis wilayah dataran tinggi dan dataran rendah, Majalengka di Provinsi Jawa Barat memiliki beragam keindahan alam yang memukau yang tidak kalah indah dengan Biak Numfor.

Jika kamu ingin berwisata di pulau Jawa, Majalengka yang berjarak kurang dari 250 KM dari Jakarta bisa menjadi pilihan destinasi.

Bagi penikmat fotografi, Majalengka memiliki blue lagoon kenamaan bernama Telaga Nila. Sembari menikmati keindahan pemandangan air danau berwarna biru kehijauan, kamu juga bisa snorkeling dan melihat lebih dekat ikan warna-warni di telaga.

Melengkapi pengalaman wisata air, Majalengka juga memiliki pilihan kegiatan seperti spot river tubing atau arung jeram.

Menggandeng hampir 7,000 mitra di sektor pariwisata seluruh Indonesia, Traveloka Staycation Week menjadi wujud nyata komitmen Traveloka untuk menjaga momentum kebangkitan sektor pariwisata.

 "Sebagai platform perjalanan dan gaya hidup terkemuka di Asia Tenggara, Traveloka menawarkan solusi end-to-end untuk membantu konsumen merencanakan staycation dengan mudah dan menyenangkan," kata Shirley.

Jumin Hidayat, Executive Assistant Manager Wyndham OPI Hotel Palembang, mengatakan “Selama setahun terakhir, kami melihat kota Palembang turut menjadi destinasi pilihan konsumen untuk melakukan staycation.'

"Bergabung dalam program Traveloka Staycation Week membawa respons yang positif dari konsumen, terlihat dari adanya peningkatan transaksi hingga 2 kali lipat dibandingkan periode biasa," jelasnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ist

Keterampilan Digital dan Bahasa Inggris Kunci Memenangi Kompetisi Global

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 19:29 WIB
Keterampilan digital dan Bahasa Inggris menjadi kunci dalam memenangi kompetisi global industri pariwisata di tengah situasi Volatility,...
Ist

Aksi Bom Bunuh Diri bukan Bagian dari Amalan Jihad

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 18:34 WIB
Musuh yang dianggap dalam Islam adalah mereka yang memerangi Islam. Sementara tidak ada bukti satu pun yang bisa ditunjukkan bahwa...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Kemenkes Temukan Subvarian Anyar BN.1

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 08 Desember 2022, 18:30 WIB
Saat ini pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk segera melengkapi dosis vaksin ketiga, dan untuk lansia bisa melengkapi dosis hingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya