Sabtu 12 November 2022, 17:45 WIB

Fenomena Alienasi Kerap Terjadi Di Wilayah Perkotaan

Faustinus Nua | Humaniora
Fenomena Alienasi Kerap Terjadi Di Wilayah Perkotaan

DOK MI
Ilustrasi

 

KASUS tewasnya satu keluarga di sebuah rumah di Kalideres, Jakarta Barat mengundang respons beragam dari masyarakat. Peristiwa tersebut dari sudut pandang sosial sering disebut sebagai dampak fenomena alienasi atau keterasingan sosial.

Sosiolog Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Syaifudin mengungkapkan fenomena alienasi umumnya terjadi pada masyarakat di perkotaan. Dengan aktivitas kerja yang padat membuat interaksi sosial individu sangat minim. 

Hal itu tentu akan berdampak pada manajemen diri dan pola interaksi sosialnya. Sehingga memicu terjadinya stres, frustasi, dan depresi pada diri individu yang kemudian membuat individu bisa berperilaku secara irasional.

"Perilaku irasional ini yang salah satunya tindakan bunuh diri atau mengakhiri hidup. Kondisi ini juga (irasional) dapat berpotensi membuat individu melakukan tindakan kriminal, seperti membunuh orang lain," ujarnya kepada Media Indonesia, Sabtu (12/11).

Interaksi atau kontak sosial merupakan kebutuhan dasar manusia sebagai makhluk sosial. Pada dasarnya, individu tidak bisa hidup sendiri atau terlepas dari lingkungan masyarakat sekitarnya. 

Begitu pula dengan suatu keluarga membutuhkan kontak sosial dengan sesama atau kerabatnya. "Sebab dengan kontak sosial membuat individu dapat mengurangi rasa penat dan stres atas aktivitas hidup yang dijalaninya," imbuh Syaifudin.

Untuk itulah, kata dosen Prodi Pendidikan Sosiologi FIS UNJ, penting peran institusi keluarga, institusi masyarakat, dan institusi agama dalam memperkokoh daya mentalitas pada diri individu agar tidak memperparah kondisi alienasi pada diri individu. Salah satunya internalisasi nilai agama dan nilai sosial agar individu tidak merasa dirinya hidup sendiri dan berpikiran orang lain tidak peduli pada dirinya.

"Selain itu juga bagi individu yang merasa mengalami kondisi alienasi ini, perlu memanajemen dirinya dengan meningkatkan aktivitas sosial positif serta berkomunikasi dengan pihak yang dirasa dapat memperkuat kembali mentalitas dan daya juang hidupnya lagi," jelasnya.

Sebelumnya, satu keluarga ditemukan tewas di sebuah rumah kawasan Perumahan Citra Garden, Kalideres, Jakarta Barat, pada Kamis (10/11) kemarin. Keluarga yang mengalami peristiwa naas itu terdiri dari ayah, ibu, anak perempuan dan seorang lainnya yang masih kerabat. (OL-15)

Baca Juga

AFP/Tobias Schwarz.

Perbedaan Santa Claus dan Sinterklas

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Jumat 02 Desember 2022, 16:18 WIB
Sebenarnya kedua karakter tersebut memiliki asal-usul yang...
AFP/Yuki Iwamura.

Nama Sembilan Rusa Penarik Kereta Santa Claus

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Jumat 02 Desember 2022, 16:10 WIB
Berikut nama-nama dari sembilan rusa...
Dok. Aryaduta

Christmas Miracle Tree Lighting Ceremony di Aryaduta Menteng

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 15:24 WIB
“Kami sangat bergembira menyambut musim yang menakjubkan tahun ini dan kami ingin merayakan momen spesial ini bersama dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya