Jumat 11 November 2022, 11:30 WIB

Ini Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah secara Alami

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Humaniora
Ini Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah secara Alami

Freepik
Ilustrasi

 

JIKA Anda memiliki pori-pori yang besar dan terlihat terbuka, hal itu berarti wajah Anda dapat mengalami beberapa masalah kesehatan kulit wajah. 

Pada pori-pori yang besar, produksi sebum atau minyak akan cenderung meningkat. Kotoran-kotoran juga lebih mudah menempel dan menyumbat pori-pori di wajah Anda, sama hanya dengan sisa make up.

Sebum atau minyak yang bercampur dengan kotoran akan menyumbat pori-pori dan kemudian akan menyebabkan kulit wajah yang kusam dan berisiko menimbulkan bruntusan, jerawat, komedo dan masalah kulit wajah lainnya. Tidak hanya itu, make up juga tidak akan menempel dengan maksimal.

Baca juga: Ini Beberapa Mitos dan Fakta Soal Kecantikan

Tidak ada cara yang mampu menghilangkan pori-pori yang besar tersebut, karena pori-pori memiliki peran yang penting. Peran tersebut adalah untuk jalan keluarnya keringat melalui kulit agar kulit tetap lembap, tetap sehat dan racun dapat dibuang. Namun, ada cara untuk mengecilkan pori-pori wajah Anda

Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan agar pori-pori wajah mengecil:

1. Rutin mencuci wajah

Mencuci muka dapat membantu mengurangi sebum atau minyak pada wajah. Berdasarkan American Academy of Dermatology, mencuci wajah setidaknya dilakukan dua kali dalam sehari. 

Pilihlah sabun cuci muka yang diformulasikan untuk menyerap kelebihan minyak wajah dan membantu mengencangkan pori-pori.

2. Pilih skincare yang tepat

Gunakan skincare yang berbahan dasar air. Skincare dengan formulasi tersebut dapat mengecilkan pori-pori karena bahannya yang ringan dan tidak menghalangi pori-pori. 

Jangan gunakan skincare yang mengandung minyak, sebaliknya pilih skincare dengan kandungan hyaluronic acid yang dapat mencengah produksi minyak berlebih.

3. Gunakan clay mask

Anda juga dapat menggunakan clay mask sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. 

Masker yang mengandung tanah liat akan membantu menghilangkan minyak tambahan dari pori-pori. Namun, penggunaan clay mask tidak boleh digunakan bersamaan dengan eksfoliasi atau peeling karena dapat mengakibatkan iritasi pada wajah.

4. Gunakan retinol

Penggunaan retinol dapat mengecilkan pori-pori. Retinol cocok untuk kulit berminyak, jerawat, hingga membantu merangsang produksi kolagen. Sementara itu, jika Anda memiliki kulit sensitif maka Anda harus lebih berhati-hati.

5. Jaga kelembapan kulit

Dalam menggunakan pelembap, Anda harus memastikan kulit Anda bersih dan tidak berminyak. Kemudian, tepuk-tepuk kulit hingga kering dan oleskan pelembap dengan lembut untuk membantu menghidrasi dan melembutkan kulit. 

Konsumsi air yang cukup juga dapat membantu melembapkan kulit dari dalam.

6. Memakai sunscreen

Sinar matahari dapat merusak kulit sehingga kulit wajah akan mengendur dan berkurang kekencangannya. Gunakan sunscreen yang broad-spectrum (melindungi kulit dari UVA dan UVB), dengan SPF minimal 30 atau lebih tinggi untuk mencegah kulit rusak akibat sinar matahari. 

Penggunaan sunscreen harus dilakukan untuk aktivitas luar ruangan maupun di dalam ruangan.

7. Buang sel kulit mati

Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan cepat bisa dilakukan dengan eksfoliasi kulit. Eksfoliasi kulit atau yang sering disebut peeling ini artinya melakukan pengelupasan kulit mati di wajah. 

Permukaan wajah akan menjadi lebih halus dan pori-pori wajah terlihat semakin kecil. Metode pengelupasan kulit ini akan membantu mengangkat kulit mati, minyak dan kotoran yang ada pada kulit.

8. Lakukan facial

Cara ini bisa dibilang merupakan cara yang instan, yaitu dengan mengeluarkan kotoran yang menyumbat di dalam pori. Facial dilakukan oleh dokter yang sudah Anda percaya, sebab harus dilakukan secara hati-hati karena sifat pori-pori yang sensitif. 

9. Terapi sinar laser

Selain facial, Anda juga dapat menerapkan terapi sinal laser yang dapat mengecilkan pori-pori wajah secara permanen. Meskipun hasilnya efektif, namun Anda harus melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. (OL-1)

Baca Juga

Ist

Akademisi: Lawan Narasi Khilafah dengan Konsep Rahmatan Lil Alamin

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 23:17 WIB
Menurut dia, penerapan sistem kekhilafahan menurutnya bukanlah solusi mutlak sebagaimana yang dipromosikan termasuk dalam hal...
MI/BAYU ANGGORO

Duta Besar Tiongkok Untuk Indonesia Dorong PPID Berperan Menjadi Bangsa Pemenang

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 26 November 2022, 22:25 WIB
Lu Kang mengimbau para mahasiswa untuk terus menggalakkan serta menyuarakan pembangunan Indonesia yang...
Dok BMP

Bunda Merah Putih Salurkan Bantuan ke Masyarakat Terdampak Gempa  

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 26 November 2022, 22:20 WIB
GERAKAN kemanusiaan dalam membantu masyarakat terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dilaksanakan Bunda Merah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya