Kamis 10 November 2022, 20:53 WIB

Presiden Dorong Kaum Muda ASEAN Percepat Transformasi Digital

Andhika Prasetyo | Humaniora
Presiden Dorong Kaum Muda ASEAN Percepat Transformasi Digital

ANTARA
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo menegaskan bahwa keuntungan demografi ASEAN yang sangat kuat harus dikapitasliasi. Jika itu dilakukan, ia optimistis Asia Tenggara dapat menjadi epicentrum of growth.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo saat bertemu ASEAN Youth di Hotel Sokha, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (10/11). Optimisme tersebut bukan tanpa alasan. Ia mengungkapkan sebanyak 33% dari populasi ASEAN atau sekitar 225 juta orang adalah anak muda yang tengah menuju atau dalam usia produktif.

Keuntungan itu bisa dikombinasikan dengan penguatan transformasi digital yang kini menjadi salah satu mesin utama pendorong pertumbuhan. “Generasi muda ASEAN harus menjadi bagian penting dari transformasi digital. Sebagai digital native, kaum milenial dan Gen Z adalah pendorong penting untuk percepatan transformasi digital," tutur Jokowi.

Berdasarkan data yang dihimpun, hingga tahun lalu, ASEAN telah memiliki 35 unicorn. Seluruh perusahaan rintis itu telah menghasilkan US$8,2 miliar pada 2020. "Hanya dengan percepatan transformasi digital, ASEAN akan bisa melakukan lompatan besar menjadi negara maju, dengan cepat,” sambungnya.

Selain penguatan ekosistem digital, Jokowi juga mendorong generasi muda untuk memperkuat ekonomi hijau. Perekonomian kawasan, sambungnya, harus bangkit lebih kuat dan pembangunan berkelanjutan bisa menjadi formula yang tepat.

“Pembangunan rendah karbon dan berkelanjutan adalah ekonomi masa depan. Pemuda ASEAN harus menjadi garda terdepan dalam mengusung ekonomi masa depan untuk kawasan yang lebih baik. Pemuda ASEAN dapat menjadi pemimpin perubahan. Partisipasi aktif akan menentukan masa depan ASEAN," jelasnya. (OL-15)
 

Baca Juga

Antara

Update 7 Desember 2022: 3.351 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

👤MGN 🕔Rabu 07 Desember 2022, 23:41 WIB
Sementara itu, kasus aktif berkurang 230 sehingga menjadi 47.430...
AFP

Google Indonesia Membuka Program Bangkit untuk Anak Muda

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 22:54 WIB
Sejak 2019, sudah ada lebih dari 3.000 peserta dari bangku perkuliahan yang mendalami materi dan ilmu terkait teknologi terkini dari...
MI/Ramdani

Ini 35 Ide Kado untuk Hari Ibu

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Rabu 07 Desember 2022, 22:43 WIB
Beragam ucapan selamat dan kado akan banyak dijadikan pilihan sebagai bentuk terima kasih dan ucapan sayang kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya