Senin 07 November 2022, 19:00 WIB

SDIT Al-Hamidiyah Gelar AHA Fest Ajang Inovasi, Science, dan Kajian Al-Qur'an

Mediaindonesia.com | Humaniora
SDIT Al-Hamidiyah Gelar AHA Fest Ajang Inovasi, Science, dan Kajian Al-Qur

Dok. Pribadi
AHA Fest di SDIT Al-Hamidiyah

 

SEKOLAH Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Hamidiyah menggelar AHA Fest 2022 yang melibatkan sekitar 838 siswa. Acara tersebut diselenggarakan untuk memberikan wadah kreativitas dan meningkatkan kompetensi siswa-siswi seluruh level. 

Terdapat beberapa rangkaian acara dalam AHA Fest, diantaranya: Pentas Seni, Lomba Mewarnai untuk tingkat TK yang diikuti oleh siswa TK Se-Kota Depok, Creative Exhibition (Al-Qur’an Corner, STEAMMI Corner, dan Science Corner) dan Entrepreneurship day.

Kepala Sekolah SDIT Al-Hamidiyah Suwandaru mengatakan, AHA Fest merupakan implementasi dari Kurikulum Merdeka sekaligus Metode Pembelajaran STEAMMI yang dituangkan dalam Project-Based Learning. Ia mengungkapkan, siswa kelas 1-4 yang tampil pada pentas seni berupa Tari Kesenian Daerah Nusantara, Drama, Dance, Drama Musikal, yang bertujuan untuk mengasah kreativititas dan kepercayaan diri siswa. 

Sedangkan siswa kelas 5 mengisi acara Entrepreneurship day, yaitu menawarkan dan menjual produk hasil UMKM.  Kegiatan ini, lanjutnya, bertujuan untuk melatih kepemimpinan siswa, keterampilan dalam berpikir kritis,  kreatif dan  rasa percaya diri. Untuk siswa kelas 6, menjadi tour guide pada acara tersebut. Selain itu, juga terdapat beberapa Creative Exhibition yang merupakan inovasi science dan pengembangan kajian Al-Qur'an.  

“AHA Fest merupakan sarana menggali, menyalurkan minat atau bakat siswa. Tentunya, AHA Fest juga sebagai bagian dari pembelajaran di luar kelas yang menyenangkan. Di seluruh kelas hasilkan produk metode pembelajaran STEAMMI, yaitu kolaborasi pembelajaran science, teknologi, seni, matematika, montessori dan dasar nilai Islam. Harapannya bisa mewujudkan sekolah ramah anak dan menghasilkan lulusan terbaik," ujarnya.

Menurutnya, dalam pengembangan inovasi science para siswa dipicu untuk mengidentifikasi masalah sampai dengan solusinya. Misalnya, mereka membuat sebuah inovasi mengenai pengenalan alarm banjir yang banyak manfaatnya. 

Baca juga : 127 Ribu Guru Honorer Dipastikan Diangkat Jadi ASN PPPK 2022

"Untuk pendalaman nilai-nilai Islam adalah pengenalan ayat-ayat Al-Qur'an. isalnya ayat yang berhubungan dengan alam semesta, khalifah atau pemimpin di muka bumi dan lainnya. Semuanya nampak senang dan ceria," tuturnya.

Kepala PAUD Disdakmen Al-Hamidiyah Hadi Sukoco menambahkan, melalui inovasi science sebagai upaya bagi siswa untuk pengembangan ilmu pengetahuan, keterampilan, memiliki produk dan solusinya. 

"Bagaimana menumbuhkan daya kritis dan mencari solusi masalahnya. Sebab, melalui metode pembelajaran  STEAMMI ini diajarkan mengintegrasikan mata pelajaran science, engineering, montessori, Islamic Value," terangnya. 

Dikatakannya, melalui metode STEAMMI juga mengajarkan keteraturan, kekompakan dan kerja sama tim. Sedangkan dalam nilai Islam, lanjutnya, seorang siswa mampu memahami dan menyambungkan ayat suci Al-Quran.  Misalnya tentang ayat yang menganjurkan menjaga lingkungan dan sebagainya. 

"Kita juga menjalankan program santri kitab (komunikatif, inovatif, terbuka, argumentatif dan akhlakul karimah). Targetnya, adalah bagian dari pembentukan karakter siswa. Tentu, AHA Fest juga bagian dari pembelajaran mental di hadapan orang banyak dan mengasah kemampuan pada event lebih besar lagi," tandasnya. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI

20 Negara dengan Tingkat Korupsi Tertinggi di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Rabu 30 November 2022, 14:04 WIB
Sebuah negara dapat disebut sebagai negara dengan tingkat korupsi tertinggi apabila kegiatan korupsi terjadi secara kolektif dengan tingkat...
ANTARA/AMPELSA

Imunisasi Siswa SD Digalakkan lewat UKS

👤Naufal Zuhdi 🕔Rabu 30 November 2022, 13:50 WIB
UKS dilaksanakan dengan tiga pilar kegiatan utama, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan...
DOK SIDO MUNCUL

Anak Sehat Sido Muncul Hadirkan Pendongeng Hibur Anak Korban Gempa Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 13:16 WIB
Kak Agung, pendongeng yang dibawa PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul ke lokasi tenda anak-anak korban gempa bumi Cianjur membuat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya