Sabtu 05 November 2022, 20:55 WIB

Berkreasi Positif di Ruang Digital Bangun Citra Diri

Mediaindonesia.com | Humaniora
Berkreasi Positif di Ruang Digital Bangun Citra Diri

DOK Kemenkominfo.
Berkreasi positif di era digital sangat penting karena dapat membangun personal branding kita.

 

DUNIA yang serbadigital saat ini harus bisa dimanfaatkan oleh semua penggunanya untuk bisa berkarya dan berkreasi positif. Banyak hal yang bisa diproduksi dan dijadikan konten yang bermanfaat bagi banyak orang.

Digitalisasi dari segala sisi bisa terwujud jika diiringi dengan kecakapan dan pemahaman tentang berbagai perangkat keras dan perangkat lunak seperti platform digital. Dengan cakap perangkat digital, kita bisa menggunakan dan memanfaatkan ruang digital untuk berkreasi secara positif.

Konten kreator Teuku Daffa mengatakan berkreasi positif di era digital sangat penting karena dapat membangun personal branding kita. "Personal branding tentang kita melakukan redesigning for self image dengan melakukan hal yang unik dan spesial. Jika konten yang kita produksi bernilai positif, penilaian orang lain terhadap kita di media sosial akan baik. Begitu juga sebaliknya," jelasnya dalam webinar tentang Kreasi Konten Positif di Era Digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, Sabtu (5/11).

Membangun personal branding yang baik di media sosial akan memiliki banyak manfaat bagi kita. "Jika branding kita baik akan memudahkan kita dalam membangun koneksi dengan orang lain, membangun kredibilitas, serta menjadi pembeda diri kita dengan orang lain. Selanjutnya personal branding memungkinkan kita dalam mendapatkan kepercayaan publik dan meningkatkan kepercayaan diri kita," terangnya.

Pemeriksa Fakta Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) Adi Syafitrah mengajak pengguna media digital untuk memperbanyak produksi konten antihoaks. "Saat ini banyak konten negatif dan bohong bertebaran di ruang digital. Mari kita ikut serta dalam menciptakan ruang digital yang aman dan nyaman dengan berkarya positif dan menyebarkan konten yang bermanfaat di media digital," ajak Adi.

Kita harus sadar mengenai dampak negatif yang ditimbulkan dalam derasnya penyebaran informasi di era digital saat ini. "Saat kita mengalami banjir informasi di ruang digital dan tidak semua informasi yang bertebaran merupakan fakta. Oleh karena itu kita harus bisa ikut serta dalam memerangi konten dan informasi bohong di ruang digital dengan membagikan informasi yang benar dan berdampak positif bagi orang-orang lain," katanya.

Digital Trainer & Chief Operating Officer PT Cipta Manusia Indonesia Rizqika Alya Anwar mengatakan sebagai kreator konten kita harus mampu berkreasi positif memproduksi konten yang baik. "Konten yang baik ialah konten yang pesannya sampai kepada audience yang menikmati. Konten visual yang baik akan memberikan manfaat bagi penonton seperti meningkatkan kredibilitas, mudah untuk dibagikan, membentuk citra, dan sebagai sarana promosi," jelasnya.

Lebih lanjut Rizqika mengatakan ada berbagai ide konten kreatif yang mudah untuk diproduksi. "Saat ini banyak pengguna media digital mencari hiburan seperti meme, video lucu, gim, testimoni, dan storytelling. Pikirkan ide yang sesuai dengan kemauan dan keinginan kita dan mulailah berkarya dengan memproduksi konten kreatif dan positif untuk dibagikan di media digital yang kita gunakan," terangnya. (RO/OL-14)

Baca Juga

Antara

KPI Dukung Pelaksanaan ASO Tahap II

👤Ant 🕔Rabu 30 November 2022, 23:08 WIB
Adapun wilayah-wilayah yang akan melaksanakan ASO tahap II ini antara lain Kota Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang dan...
Antara

Stigma Negatif Masih Melekat pada ODHIV

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 30 November 2022, 22:51 WIB
Padahal, penularan HIV bisa terjadi dengan berbagai cara. Mulai dari penggunaan jarum suntik yang tidak aman, transfusi tidak aman, hingga...
Ist

Wamenag Soroti Minimnya Riset Tentang Zakat

👤Widhoroso 🕔Rabu 30 November 2022, 20:56 WIB
Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi, Rabu (30/11) secara virtual membuka The 6th Indonesian Conference of Zakat (ICONZ)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya