Sabtu 05 November 2022, 18:00 WIB

Angka Kasus Baru dan Kematian Gagal Ginjal Menurun Saat Pelarangan Penggunaan Obat Sirop

naufal zuhdi | Humaniora
Angka Kasus Baru dan Kematian Gagal Ginjal Menurun Saat Pelarangan Penggunaan Obat Sirop

ANTARA
Ilustrasi.

 

SAAT ini, terdapat 28 provinsi di Indonesia dengan 323 kasus gagal ginjal akut pada anak, dari 28 provinsi tersebut 34 orang masih dalam perawatan. Laporan kasus terbanyak terjadi di DKI Jakarta dan Jawa Barat, laporan meninggal di angka 190 kasus dan laporan angka yang sembuh di 99 anak.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. Mohammad Syahril mengatakan bahwa kasus gagal ginjal akut disebabkan dari berbagai kemungkinan seperti karena infeksi, dehidrasi, pendarahan, penyakit, kongenital, atau intoksikasi.

"Kami ingin sampaikan kasus gagal ginjal akut mulai meningkat itu di akhir Agustus, September, dan Oktober. Penyebab gangguan ginjal akut ini banyak bisa karena infeksi, bisa karena dehidrasi, bisa karena pendarahan, penyakit lain, kongenital dan intoksikasi," terang dr. Syahril dikutip pada Sabtu (4/11).

Lanjut dr. Syahril ia menjelaskan bahwa pada tanggal 25 Oktober Indonesia berhasil mendatangkan obat penawar untuk kasus gagal ginjal.

"Pada tanggal 25 Oktober, kita bisa mendatangkan obat antidotum atau antidote atau obat penawar untuk kasus-kasus kercaunan, dan setelah mereka diberikan terjadi perbaikan yang sangat signifikan pada pasien-pasien yang dirawat di Rumah Sakit Citpo Mangunkusumo (RSCM), lanjut dr. Syahril.

Setelah Kemenkes melakukan pelarangan terhadap penggunaan obat cair atau sirop, penambahan kasus baru atau angka kematian menunjukkan angka penurunan.

"Setelah kita lakukan pengumuman dengan melarang penggunaan obat-obat sirop atau cair yang kita duga setelah melakukan pemeriksaan penelitian, kasus penambahan kasus baru maupun angka kematian menurun dengan drastis," ucapnya.

Pada 24 Oktober Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan baru memperbolehkan sejumlah 156 obat sirop yang aman untuk dikonsumsi dan bisa digunakan oleh seluruh fasilitas layana kesehatan. (OL-6)

Baca Juga

MI/FURQON ULYA HIMAWAN

Jaga Kelestarian Anggrek Hutan Merapi, Puluhan Mahasiswa Yogyakarta Lakukan Konservasi

👤Furqon Ulya Himawan 🕔Minggu 04 Desember 2022, 23:20 WIB
Kampanye konservasi anggrek dilakukan dengan cara mengembalikan berbagai jenis anggrek khas Merapi ke dalam...
HO

Menumbuhkan Kepedulian Melalui Festival Warga Bantu Warga

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 04 Desember 2022, 23:05 WIB
KEPEDULIAN dan solidaritas antarsesama sangat diperlukan diperlukan di saat banyak orang tertimpa musibah, bencana dan kondisi yang kurang...
Ist

KAMPAK Dukung Upaya Hukum Mahasiswa Apoteker Cari Keadilan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 21:19 WIB
KFN menyalahi tugasnya dengan membentuk Panitia Nasional Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (PN UKAI) sebagai lembaga yang menentukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya