Kamis 03 November 2022, 18:30 WIB

Inilah Tempat Pengobatan Ambeien atau Wasir di Indonesia

mediaindonesia.com | Humaniora
Inilah Tempat Pengobatan Ambeien atau Wasir di Indonesia

Ist/Ilustrasi
Wasir yang dibiarkan dapat menyebabkan komplikasi seperti anemia, infeksi, terjadi gumpalan darah, dan menyebabkan rasa sakit luar biasa.

 

AMBEIEN atau wasir merupakan masalah umum yang sering menyerang orang dewasa hingga lansia. Bahkan, menurut data Kementerian Kesehatan (2020) diperkirakan sekitar 20,3 juta jiwa di Indonesia pernah mengalami wasir atau ambeien. 

Meskipun bukan termasuk ke dalam penyakit berbahaya, ambeien yang dibiarkan dapat mengganggu aktivitas, hingga berisiko menyebabkan kematian jaringan. 

Sayangnya, banyak orang yang enggan mengobati ambeien, salah satunya karena terhalang masalah biaya. 

Menimbulkan komplikasi jika dibiarkan

Ambeien terjadi ketika adanya pembengkakan di area vena (pembuluh darah) yang terletak di area rektum atau anus. 
Gejala ambeien biasanya ditandai dengan munculnya benjolan di area anus yang disertai rasa nyeri, perdarahan, hingga sembelit atau diare. 

Sering dianggap sepele, ternyata ambeien yang dibiarkan dapat menyebabkan komplikasi seperti anemia, infeksi, terjadi gumpalan darah, hingga menyebabkan rasa sakit hebat akibat kematian jaringan. 

Baca juga: Dengan Teknologi Modern, Wasir Dapat Diatasi Hanya Hitungan Menit

Oleh karena itu, masalah ambeien sebaiknya tak dianggap sepele. Pengobatan sangat penting dilakukan agar tak berisiko menimbulkan komplikasi pada ambeien. 

Jenis pengobatan ambeien 

Ada banyak pengobatan ambeien yang bisa Anda lakukan, mulai dari pengobatan dengan bahan alami, hingga pengobatan medis. 

Pengobatan alami umumnya dapat dilakukan pada ambeien derajat 1 dan 2, di mana gejala yang timbul belum terlalu parah. Pengobatan alami meliputi rendam duduk menggunakan air hangat, dan memperbaiki pola makan. 

Namun, jika ambeien sudah mencapai derajat 3 dan 4, di mana benjolan sudah membesar, menimbulkan rasa nyeri, hingga perdarahan. Maka, pengobatan medis merupakan salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. 

Pengobatan medis ambeien dilakukan dengan pemeriksaan dengan anuscopy, pemberian obat-obatan, hingga tindakan seperti operasi.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena tindakan wasir saat ini sudah menggunakan teknologi modern, sehingga lebih minim nyeri, minim risiko, dan bisa dilakukan tanpa rawat inap. 
Berbagai macam tindakan ambeien dengan metode modern

Berikut adalah berbagai tindakan modern untuk mengatasi ambeien / wasir : 

Flash Optical Laser / Laser Hemorroidoplasty

Metode flash optical laser merupakan salah satu tindakan unggul yang dikembangkan di Jerman. Metode ini memanfaatkan laser fiber untuk mengempiskan ambeien hingga 60% setelah tindakan. Metode ini juga sangat minim nyeri, risiko dan perdarahan. 
Radiofrekuensi 

Metode ini memanfaatkan gelombang berfrekuensi untuk mengempiskan benjolan ambeien. Metode ini sangat efektif untuk mengatasi ambeien pada hampir semua derajat ambeien. 

PILA (Paran Injection Ligation for Ambeien

Metode ini menggabungkan injeksi agen skleroterapi dengan rubber band ligation untuk mengatasi ambeien mulai dari derajat 1 hingga 3 hanya untuk wasir internal. 

List tempat pengobatan ambeien / wasir dengan harga terjangkau

Biaya untuk pengobatan ambeien memang tak sedikit, itulah mengapa banyak pasien yang enggan melakukan pengobatan medis pada ambeien yang mereka alami.

Untuk melakukan pengobatan di Klinik atau Rumah Sakit pada umumnya, Anda perlu menyiapkan biaya puluhan juta rupiah.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena masih ada beberapa rumah sakit dan klinik yang memiliki tarif yang cukup terjangkau untuk pengobatan pada ambeien / wasir di antaranya:

RS. Kartika Pulomas, Lantai 4, Jakarta Timur

Klinik wasir di RS. Kartika Pulo Mas yang terletak di lantai 4 ini menawarkan pengobatan ambeien dengan metode modern seperti Flash Optical Laser, Radiofrekuensi, dan PILA yang cukup terjangkau.

Untuk tindakannya sendiri dimulai dari harga sekitar Rp5 juta hingga Rp45 juta tergantung tingkat keparahan dan metode yang dipilih. Dokter yang berpaktik di tempat ini di antaranya, dr. Mozart, Sp.B dan dr. Ruth Veronica, Sp.B.

Klinik Swedish Medical Center Pluit (SMC), Jakarta Utara

Terletak di Pluit Selatan No.5, Penjaringan, Jakarta Utara, klinik Swedish Medical Center Pluit (SMC) juga menawarkan pengobatan wasir dengan metode modern seperti Flash Optical Laser, Radiofrekeunsi, dan PILA yang dibantu dengan dokter professional.

Untuk melakukan pengobatan wasir di Klinik Swedish ini Anda hanya perlu menyiapkan biaya sekitar Rp4 juta hingga Rp 35 jt saja. Dokter yang berpraktik di Klinik Swedish antara lain, dr. Mozart, Sp.B. 

Klinik Vena Wasir, Simatupang, Jakarta Selatan

Untuk area Jakarta Selatan, klinik wasir Vena Wasir Center, di jl. Simatupang juga menawarkan harga pengobatan wasir dengan tindakan minimal invasive surgery seperti Flash Optcal Laser, Radiofrekuensi dan PILA, hingga dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp5 juta hingga Rp35 juta tergantung derajat dan tingkat keparahan wasir yang dialami. Dokter yang berpraktik di klinik ini adalah dokter berpengalaman professional, di antaranya, dr. Retno Putri Arini, Sp.B dan dr. Indra Wijaya Putra, Sp.B. 

RS. Mulia Padjajaran Bogor, Lantai 6

Area Bogor juga memiliki tempat pengobatan wasir yang cukup terjangkau. Dengan menggunakan metode modern yang minim risiko dan sangat efektif menghilangkan wasir dari berbagai derajat. Metode yang tersedia antara lain Flash Optical laser, Radiofrekuensi, hingga PILA. Letak klinik wasir tersebut ada di Rumah Sakit Mulia Padjajaran Bogor, lantai 6.

Dengan dr. Andri Mulia, Sp.B sebagai dokter yang berpraktik di klinik tersebut. Untuk melakukan pengobatan di klinik wasir RS Mulia Padjajaran, Anda hanya perlu menyiapkan biaya mulai dari Rp5 juta hingga Rp 45 juta saja. 

RS. Edelweiss Bandung, Lantai 4

Terletak di Jl. Soekarno Hatta No.550, tepatnya di RS. Edelweiss Bandung, lantai 4. Klinik wasir ini juga menawarkan pengobatan wasir dengan metode modern seperti Flash Optical Laser, dan Radiofrekuensi.

Semua tindakan juga dibantu oleh para dokter professional. Untuk melakukan pengobatan wasir di RS. Edelweiss Anda hanya perlu menyiapkan biaya sekitar Rp5 juta hingga Rp45 juta, tergantung dari tingkat keparahan wasir. Dokter yang berpraktik di klinik ini, di antaranya dr. Eldy Muhammad Noor, Sp.B, dr. Gus Riyadi, Sp.B, dr. Ihsan Ali Muharom, Sp.B, dan dr. Kiki Lukman,Sp.B-KBD,Msc. 

RS. PHC Surabaya, Lantai 3

Pengobatan wasir menggunakan metode modern seperti Flash Optical Laser dan Radiofrekuensi dan dengan harga terjangkau juga hadir di Surabaya. Tepatnya, di RS. PHC Surabaya, lantai 3.

Untuk melakukan pengobatan di RS. PHC, Anda hanya perlu menyiapkan biaya sekitar Rp5 juta hingga Rp45 juta saja, tergantung dari tingkat derajat wasir yang dialami. Dokter yang berpraktik di tempat ini, di antaranya dr. Ihyan Amri, Sp.B, FINACS dan dr. Paulus Dicky Dwi Nugroho, Sp.B

Klinik Vena Wasir, Jatiasih, Bekasi Jawa Barat

Jatiasih, Bekasi juga memiliki tempat pengobatan wasir dengan metode modern seperti Flash Optical Laser, Radiofrekuensi, hingga PILA yang memiliki harga terjangkau. Yaitu, mulai sekitar Rp4 juta hingga Rp35 juta saja. Dokter yang berpraktik di klinik ini di antaranya, dr. Firdaus Amansyah, Sp.B. 

Klinik Vena Wasir, Serpong, Tangerang Selatan

Untuk area Tangerang Selatan, klinik wasir dengan metode modern seperti Flash Optical Laser, Radiofrekuensi hingga PILA, dengan harga terjangkau.

Terletak di area Serpong, Tangerang Selatan, tepatnya di Jalan Raya Serpong. Untuk melakukan pengobatan di sini, Anda hanya perlu menyiapkan biaya sekitar Rp4 juta hingga Rp35 juta saja. Didukung dengan dokter professional, di antaranya dr. Togu Yuga Fitrah, Sp.B. 

Klinik Vena Wasir, Cibubur, Bekasi, Jawa Barat. 
Selain di area Jatiasih, klinik wasir dengan harga terjangkau juga hadir di Cibubur, Bekasi. Untuk melakukan pengobatan di klinik wasir dengan metode modern seperti Flash Optical Laser, Radiofrekuensi, hingga PILA ini, Anda hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp4 juta hingga Rp35 juta saja. Dokter yang berpraktik di klinik Vena Wasir Cibubur di antaranya, dr. Andri Mulia, Sp.B. 

Klinik Vena Wasir, Medan, Sumatera Utara

Terletak di Jl. Arteri Ring Road No.38, Medan, Sumatera Utara. klinik wasir dengan metode modern seperti Flash Optical Laser, Radiofrekuensi hingga PILA ini menawarkan pengobatan wasir atau ambeien dengan harga terjangkau. Anda hanya perlu menyiapkan sekitar Rp4 juta hingga Rp35 juta saja. Dengan dibantu oleh dr. Freddy Tambunan, Sp.B, sebagai dokter yang berpraktik di klinik tersebut. 

Klinik Vena Wasir, Semarang

Untuk area Semarang, klinik wasir yang menyediakan pengobatan modern hadir di Jl. Mintojiwo Timur No.7. Dengan metode modern yang minim nyeri seperti Flash Optical Laser, Radiofrekuensi, hingga PILA, pengobatan di klinik wasir Medan memiliki harga mulai dari Rp4 juta hingga Rp35 juta saja.

Dengan dibantu oleh dr. Syamsir Alam Lubis, Sp.B sebagai dokter yang berpraktik di klinik Vena Wasir Semarang.  
Sekilas tentang Vena Wasir Center 

Vena Wasir Center merupakan klinik kesehatan yang berfokus terhadap penanganan permasalahan wasir dan penyakit anorektal seperti fistula ani, fisura ani, hingga kondiloma. Hadir sejak tahun 2015 dan telah berpengalaman menangani lebih dari 2000 (dua ribu) pasien.

Vena Wasir Center juga memiliki tenaga medis professional mulai dari perawat, dokter umum, hingga dokter spesialis bedah yang memiliki jam terbang tinggi dalam menangani masalah anorektal.

Penanganan wasir di Vena Wasir Center dilakukan secara holistic mulai dari konsultasi, pemeriksaan, dan pengobatan menggunakan metode modern seperti Flash Optical Laser, Radiofrekuensi, hingga PILA (Paran Injection Ligation for Ambeien).

Dengan pengobatan wasir modern yang digunakan Vena Wasir Center, mengatasi wasir kini menjadi minim nyeri, minim risiko, proses penyembuhan cepat dan tanpa rawat inap. (RO/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/Rezza Estily

Mengenal Pupuk Organik Beserta Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 08:30 WIB
Pupuk organik adalah salah satu jenis pupuk yang tersusun dari materi makhluk hidup, seperti pelapukan sisa -sisa tanaman, hewan, dan...
Freepik

Penyandang Diabetes Harus Rutin Berolaharga

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 07:00 WIB
Anjuran WHO terkait total durasi aktivitas fisik untuk orang sehat berusia 18-64 tahun adalah 150 menit per minggu. Hal itu juga berlaku...
Medcom

Perokok Lebih Berisiko Terkena TB

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 06:15 WIB
Data Global Adult Tobacco Survey (GATS) 2021 menunjukkan ada sekitar 34,5% penduduk Indonesia merokok atau mengonsumsi tembakau dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya