Kamis 03 November 2022, 10:05 WIB

Angkat Gastrodiplomasi, Mahasiswa Unair Raih Juara 2 SASEC 2022

Faustinus Nua | Humaniora
Angkat Gastrodiplomasi, Mahasiswa Unair Raih Juara 2 SASEC 2022

Unair
Logo Unair

 

DUA mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (FIB Unair) berhasil meraih juara 2 pada Sunan Ampel Sharia Economic Competition (SASEC) 2022. Keduanya merupakan mahasiswa program studi Sastra Inggris bernama Raselly Elfa Putri dan mahasiswa prodi Ilmu Sejarah Yulia Rohmawati.

Dalam kompetisi itu, Yulia dan Raselly membawa gagasan yaitu makanan tradisional khas Indonesia Jawa Timur sebagai alat diplomasi atau gastrodiplomasi melalui sebuah teknologi.

“Gagasan yang kami canangkan berawal dari beberapa makanan khas Indonesia yang mendunia, namun masih banyak makanan khas Indonesia yang belum mendunia terutama makanan khas Jawa Timur,” jelas Yulia seperti dikutip dari laman Unair.

Dengan gagasan tersebut, mereka mengimplementasikan dengan memanfaatkan teknologi AI atau kecerdasan buatan sebagai inovasi. Hal itu untuk mempromosikan makanan khas Indonesia ke mancanegara, khususnya makanan khas Jawa Timur sebagai alat diplomasi.

Yulia menceritakan tantangan yang harus dihadapi yaitu terpisahnya jarak antar keduanya karena mengingat Raselly merupakan salah satu mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di Medan. Hal itu membuat Yulia dan Raselly menghadapi tantangan untuk menyesuaikan waktu brainstorming dan mematangkan gagasan yang mereka canangkan. Namun tantangan tersebut berhasil mereka raih.

Sunan Ampel Sharia Economic Competition (SASEC) mengangkat tema 'The Role of Sharia Economy in Realising Sustainable Economic Growth Towards a Golden Indonesia 2045'. Tujuan ajang tersebut adalah mengajak para mahasiswa dapat memberikan karyanya dalam kompetisi esai dengan inovasi guna mengembangkan ekonomi syariah menuju Indonesia Emas 2045.

Dalam kompetisi itu tidak ada tahapan presentasi karena penilaian berdasarkan gagasan dan paper yang dicanangkan.  (H-2)

Baca Juga

Ist

Menteri BUMN Beri Motivasi Generasi Muda pada BEM UI Trilogy

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 20:34 WIB
Acara seminar, diskusi, dan pameran booth BUMN ini berlangsung selama dua hari pada 28–29 November 2022 dengan dihadiri langsung oleh...
ANTARA

Tradisi Natal di Indonesia

👤Meilani Teniwut 🕔Senin 05 Desember 2022, 19:31 WIB
Tradisi yang dirayakan di salah satu daerah di Jakarta ini, memang menjadi tradisi yang selalu dilakukan setiap tahunnya oleh warga Kampung...
Antara

30% Anak belum Divaksin Polio, Epidemiolog: Status KLB belum Bisa Dicabut

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 05 Desember 2022, 18:45 WIB
Status KLB di Kabupaten Pidie, Aceh, dapat dicabut jika sudah tidak ada kasus polio. Saat ini, masih ada 29.277 anak yang belum mendapat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya