Rabu 02 November 2022, 23:20 WIB

Seleksi PPPK Tenaga Guru Dibuka hingga 13 November 2022

Indriyani Astuti | Humaniora
Seleksi PPPK Tenaga Guru Dibuka hingga 13 November 2022

Logo
Kemendikbud-Ristek

 

SELEKSI Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tenaga guru akan berakhir pada 13 November 2022 mendatang. Para pendaftar dapat membuka portal https://sscasn.bkn.go.id untuk mengikutinya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan PPPK guru menjadi fokus pengadaan aparatur sipil negara (ASN) pada 2022.

"Salah satu fokus rekrutmen ASN adalah pemenuhan pelayanan dasar di antaranya guru," ujarnya melalui keterangan tertulis, Rabu (2/11)

Berdasarkan Surat Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor: 35846/B-KS.04.01/SD/K/2022, pendaftaran dibuka untuk pelamar prioritas 1, 2, 3 dan umum. Adapun seleksi administrasi, imbuh Menpan-Rebiro, akan dimulai pada 31 Oktober 2022 s.d 15 November 2022. Hasil seleksi administrasi diumumkan pada 16 dan 17 November 2022.

Sementara itu, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni menjelaskan pelamar Prioritas I yaitu Tenaga Honorer eks Kategori II (THK-II), guru non-ASN, lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan guru swasta. Masing-masing kategori, ujar dia, telah memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021, tetapi belum mendapat formasi.

"Jadi pelamar prioritas I adalah mereka yang telah lulus nilai ambang batas atau _passing grade_ pada seleksi tahun 2021," terang Alex.

Adapun pelamar Prioritas II adalah eks Tenaga Honorer Kategori II atau THK-II dalam database BKN. Lalu pelamar Prioritas III, sambungnya, guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dengan masa kerja minimal tiga tahun. Sementara lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang terdaftar di basis data Kemendikbudristek serta mereka yang terdaftar pada Data Pokok Pendidikan masuk dalam kategori pelamar umum.

"Diharapkan para pelamar dapat mempersiapkan diri dengan baik dan dapat menjaga integritas dalam seleksi. Jangan mengharapkan janji-janji dari siapapun karena proses seleksi dilakukan dengan transparan, akuntabel dan bebas KKN,“ tegas Alex. (H-2)

 

Baca Juga

Ist

Peringati Hari Ibu Nasional 2022, PPLIPI Gelar Berbagai Kegiatan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 14:04 WIB
Ketua Umum PPLIPI Hj. Dra. Indah SDA, MBA, mengatakan tujuan diadakan kegiatan ini untuk bisa memaksimalkan peran Ibu dalam kehidupan...
Ist/Kemenaker

Genjot Penyaluran BSU, Kemenaker Perkuat Sinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan dan PT Pos

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 13:47 WIB
Kemenaker berharap agar BSU dapat tersalurkan seluruhnya sebelum batas akhir pengambilan BSU yaitu 20 Desember...
Ist

Mahasiswa Polteksos Buat Senyum Para Korban Bencana Gempa di Cianjur 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 13:39 WIB
Di desa lain para mahasiswa mendampingi ibu-ibu untuk bisa mandiri memasak tanpa tergantung oada dapur...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya