Selasa 01 November 2022, 20:27 WIB

Mengenal Personal Branding, Cara Meningkatkan Nilai Jual

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Mengenal Personal Branding, Cara Meningkatkan Nilai Jual

Medcom.id.
Ilustrasi.

 

DALAM pekerjaan, komunitas, dan sekolah, kita memiliki nilai dari yang ingin kita tunjukkan dan yang ingin kita orang lain melihatnya dalam diri kita. Hal ini juga dapat disebut dengan personal branding. 

Apa itu personal branding dan bagaimana meningkatkannya? Simak terus artikel berikut.

Pengertian personal branding

Personal branding adalah nilai atau karakter yang kita tunjukkan kepada orang lain agar persepsi orang lain kepada kita sesuai dengan apa yang kita inginkan. Semakin kuat personal branding, semakin orang tersebut akan dikenal dan ditandai. Personal branding jugalah yang membuat seseorang memiliki nilai unik dan berbeda dibanding yang lain. 

Namun, bahkan dengan personal branding yang kita ungkapkan kepada orang lain, kita tidak bisa mengendalikan secara penuh persepsi orang lain terhadap kita. Kita hanya memiliki wewenang untuk menunjukkan personal branding kita. Namun, untuk persepsi orang lain, sepenuhnya bersifat subjektivitas.

Cara meningkatkan personal branding

Dalam meningkatkan personal branding, hal yang perlu kita ketahui pertama kali ialah diri sendiri. Dengan mengenal diri sendiri, kita telah mengetahui hal yang menjadi ciri khas dan hal yang dapat kita jual untuk menjadi personal branding kita.

Setelah mengetahui yang menjadi keunikan dan daya tarik yang kita ketahui dalam diri kita, saatnya kita mengetahui yang menjadi target audiens kita. Ini hal yang penting. Kita tidak bertemu dengan orang yang sama setiap hari. Makanya, kita juga perlu menyesuaikan nilai yang kita jual relevan dengan orang lain sesuai dengan latar belakangnya.

Setelah itu anda dapat melakukan perkenalan personal branding anda kepada orang lain. Anda dapat melakukannya dengan ciri khas anda sendiri, dari cara berpikir anda, pendapat anda mengenai sesuatu, cara anda menyampaikan pendapat, cara anda berpakaian, cara anda makan, dan lain lain.

Setelah mengenalkan personal branding anda kepada orang lain, hal yang perlu anda ingat dan terus lakukan juga ialah bersifat konsisten dengan nilai dan karakter yang telah anda pancarkan tersebut. Karenanya, personal branding sepenuhnya dapat tercipta dari konsistensi yang kita tunjukkan. (OL-14)

Baca Juga

AFP

Soal COP27, Walhi: Pendanaan Pemulihan Lingkungan Harus Transparan

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 28 November 2022, 22:28 WIB
Walhi juga menilai bahwa pendanaan untuk pemulihan lingkungan akibat ekonomi ekstraktif, juga harus menyasar masyarakat...
dok.kementan

Kerjasama Indonesia-Belanda, Kembangkan Pendidikan Vokasi Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 22:11 WIB
MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan pendidikan vokasi menjadi jawaban atas kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM)  pertanian...
Ist

PPM SoM Siap Cetak Pemimpin Muda untuk Indonesia Emas 2045

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 21:54 WIB
Sebanyak 409 wisudawan, baik wisudawan yang menyelesaikan program studi tahun 2021 maupun 2022, mengikuti prosesi wisuda PPM School of...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya