Selasa 01 November 2022, 09:10 WIB

Menparekraf: Labuan Bajo Bakal Siap Beroperasi 2024

Mediaindonesia.com | Humaniora
Menparekraf: Labuan Bajo Bakal Siap Beroperasi 2024

Ist
Labuan Bajo

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan pengembangan dan penataan kawasan serta infrastruktur destinasi wisata superprioritas Labuan Bajo siap beroperasi pada tahun 2024 sehingga mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan.

"Kita siap tinggal landas dari quantity menjadi quality tourism dan nantinya targetnya 1,5 juta kunjungan wisatawan per tahun," ujar Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Kemenparekraf, Jakarta, Senin (31/10).

Dikatakan pula bahwa fasilitas berupa bandara juga telah dibangun, serta rute penerbangan pun bakal diperluas dengan buka penerbangan internasional, yakni dari Singapura, Kuala Lumpur, Malaysia, dan Australia dalam waktu dekat.

Pemerintah telah mengucurkan dana Rp4 triliun sebagai investasi awal penataan kawasan Labuan Bajo yang bakal menjadi destinasi dengan mengusung konsep kegiatan meetings, incentives, conventions, and exhibitions (MICE).

Ke depannya, Kemenparekraf juga akan mengembangkan pariwisata bagi remaja (youth tourism), wisata minat khusus serta menjadi destinasi dengan lingkaran ekonomi dengan memastikan green tourism dan eco tourism melalui penggunaan energi baru terbarukan guna mendukung wisata medis (health tourism).

Sementara itu, Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Shana Fatina Sukarsono yang hadir secara daring menyampaikan sejumlah hal terkait dengan penyelenggaraan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 pada hari Sabtu (29/10) di Manggarai Barat, NTT, dengan 1.200 peserta.

"Untuk pelaku parekraf terkait dengan IFG Labuan Bajo Marathon, kami sangat menyambut gembira dan rencananya ini akan dijadikan event tahunan oleh teman-teman IFG, Pemkab Manggarai Barat, dan Pemkab Labuan Bajo dengan kami berkoordinasi," ujarnya.

Shana Fatina Sukarsono menuturkan bahwa kegiatan yang direncanakan menjadi sport tourism tahunan Labuan Bajo ini akan menghadirkan kegiatan kolaborasi penanganan sampah secara terpadu sehingga Labuan Bajo dapat terwujud indah dan aman, sebagaimana menjadi misinya dalam menciptakan destinasi yang berkualitas.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga bakal memanjakan para pelancong melalui travel package yang teintegrasi dengan IFG Labuan Bajo Marathon sehingga wisatawan tidak hanya turut serta lari jarak jauh, tetapi juga bisa mencicipi destinasi Labuan Bajo lainnya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Dok. Blibli

Eksibisi Langkah Membumi Buktikan Komitmen Blibli dalam Penerapan Ekonomi Sirkular

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 15:20 WIB
Blibli mengusung pengalaman omnichannel dengan membawa 25 merek produk eco-friendly, yang dipamerkan di booth Langkah...
Ist

Gelar Ujian TOEFL ITP Serentak di Lokasi Terbanyak, IIEF Raih Rekor MURI

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 14:52 WIB
Sebanyak 1.052 peserta yang berasal dari 42 lokasi ujian di seluruh Indonesia terlibat dalam pemecahan rekor MURI kali...
DOK Instagram.

Beda Makna Allah Al-Wadud dengan Ar-Rahim

👤Meilani Teniwut 🕔Selasa 06 Desember 2022, 14:51 WIB
Kalau dilihat dari pemaknaan sekilas, kayaknya enggak ada bedanya antara Al-Wadud dengan Ar-Rahim. Keduanya berarti Yang Maha Mencintai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya