Selasa 01 November 2022, 07:00 WIB

Dokter Ingatkan Kulit Berjerawat Tetap Butuh Pelembap

Mediaindonesia.com | Humaniora
Dokter Ingatkan Kulit Berjerawat Tetap Butuh Pelembap

Dok Ist
Ilustrasi

 

Dokter estetik yang pernah menempuh pendidikan di Universitas Airlangga dr. Kartika Mayasari mengingatkan orang-orang dengan kulit berjerawat tetap membutuhkan pelembap karena bisa saja kulitnya kering.

"Moisturizer walau berjerawat tetap dibutuhkan. Bisa saja berjerawat karena kulit kering atau terlampau kering," kata dia dalam sebuah acara temu media di Jakarta, Senin (31/10).

Saat ini, sambung Kartika, bahkan ada produk pelembap yang khusus diperuntukkan untuk kulit berjerawat dan dapat menjadi pilihan.

Umumnya, dalam pengobatan jerawat, orang perlu menggunakan sesuatu yang menargetkan kelenjar sebaceous dan atau folikel mereka. Biasanya, dokter akan meresepkan satu atau mungkin lebih dari perawatan mengandung benzoil peroksida, retinoid atau asam salisilat.

Semua perawatan ini cenderung mengeringkan kulit, sehingga dokter biasanya juga akan meresepkan pelembap yang aman untuk kulit dengan jerawat ini.

Menurut WebMD, pelembap selain mengimbangi efek perawatan jerawat, juga dapat bermanfaat menciptakan penghalang fisik di atas lapisan atas kulit sehingga produksi sebum berkurang. Selain itu, pelembap juga dapat menenangkan kulit.

Kartika mengatakan, kulit berjerawat merupakan satu dari tiga permasalahan kulit yang umum dia temui di kliniknya, selain flek hitam dan kulit kusam.

Founder Ambrosiaskin itu mengatakan sebanyak 60 persen pasien yang datang ke kliniknya juga ingin mencerahkan kulit mereka karena mengalami flek hitam. (Ant/OL-12)

"Flek hitam karena paparan matahari, hormonal dan aging. Skincare tidak bisa menghilangkan tetapi menyamarkan," kata Kartika.

Dia menuturkan, pengaplikasian pelembap dilakukan setelah seseorang mencuci wajah menggunakan sabun khusus atau facial wash, toner dan serum.

Setelah pelembap, maka oleskanlah krim pagi atau krim malam yang mengandung tabir surya.

"Intinya sunscreen terakhir. Untuk toner kalau untuk double cleansing pakai kapas, tetapi kalau untuk mendapatkan kesegaran dan fungsi toner bisa ditepuk-tepuk saja," demikian saran Kartika. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Ilustrasi.

Ukuran Normal Trigliserida dan Cara Menurunkan

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 05 Desember 2022, 14:58 WIB
Sebagian besar trigliserida berasal dari makanan, seperti mentega, minyak goreng, daging berlemak, keju, krim, gula dan...
Ilustrsasi

Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Oatmeal untuk Tubuh

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 05 Desember 2022, 14:30 WIB
Sebagai makanan alternatif pengganti nasi, oatmeal biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang manjalankan program...
MI/BARY

DPR Harap Partisipasi Masyarakat Dalam Pembahasan RUU Kesehatan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 05 Desember 2022, 14:17 WIB
Saleh mengatakan ada juga yang berjuang lewat media-media sosial. Memunculkan wacana dan isu yang dianggap krusial di RUU...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya