Sabtu 01 Oktober 2022, 09:30 WIB

Manfaatkan Sinar Matahari untuk Mencukupi Kebutuhan Vitamin D

Mediaindonesia.com | Humaniora
Manfaatkan Sinar Matahari untuk Mencukupi Kebutuhan Vitamin D

Medcom.id
Ilustrasi Berjemur

 

Spesialis anak konsultan alergi imunologi Prof. Dr.dr. Zakiudin Munasir SpA(K) dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sinar matahari dalam mencukupi kebutuhan vitamin D sehari-hari.

“Usahakan kadar vitamin D cukup terutama dari sinar matahari, sekitar jam 10 pagi sampai jam 2 siang. Kalau pagi sekitar 15 menit, kalau siang 5 menit cukup," menurut Zakiudin, Jumat (30/9).

Vitamin D berfungsi sebagai hormon yang mengatur metabolisme kalsium dan pertumbuhan tulang juga mengatur sistem imun. Sumber Vitamin D berasal dari sinar UV matahari yang mengubah prekursor provitamin D di kulit menjadi vitamin D. Sementara itu, sekitar 20 persen berasal dari makanan seperti susu dan ikan.

"Jangan lupa juga terapkan pola makan yang memenuhi gizi seimbang, cukup protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral,” imbuh Zakiudin.

Vitamin D bermanfaat dalam meningkatkan fungsi otak, menurunkan tekanan darah, mendukung fungsi paru-paru dan kesehatan jantung, membantu kadar insulin dan membantu pengelolaan penyakit diabetes, membantu sistem imun tubuh, otak dan saraf, dan menjaga kesehatan gigi dan tulang.

Kadar vitamin D yang rendah selama kehamilan bisa menyebabkan preeklamsia, diabetes melitus gestasional dan kelahiran prematur.

Kekurangan vitamin D bisa meningkatkan risiko penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, kanker, autoimun, bahkan meningkatkan risiko depresi.

Gejala kekurangan vitamin D meliputi mudah lelah, mudah sakit, penyembuhan luka yang lebih lama, perubahan suasana hati, cenderung sedih dan murung, cemas berlebih, serta rambut rontok. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Antara/Galih Pradipta.

Minum Teh, Kopi, Susu tidak Disarankan saat Makan Besar

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 20:24 WIB
Data juga menunjukkan, pada 2018, sebanyak tiga dari 10 remaja Indonesia menderita penyakit anemia dan 62,6% kasus anemia yang terjadi...
Dok. APP Sinar MAs

Dukung Mitigasi Perubahan Iklim, APP Sinar Mas Bersama Mitra Bisnis Tanam Pohon Dengan Wadah Biodegradable

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 20:17 WIB
Kegiatan penanaman yang dilakukan di Rusun Nagrak Cilincing Jakarta Utara tersebut menggunakan wadah tanam non plastik yang merupakan salah...
DOK Instagram.

Segera Periksa ketika Nyeri Bahu Berkepanjangan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 20:15 WIB
Bicara soal gejala, beberapa di antaranya yang dapat dirasakan langsung ialah nyeri atau kesakitan di area bahu, ketidakstabilan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya