Jumat 30 September 2022, 22:26 WIB

Penguasaan Bahasa Asing dan Teknologi akan Ungkit Daya Saing Bangsa

Mediaindonesia.com | Humaniora
Penguasaan Bahasa Asing dan Teknologi akan Ungkit Daya Saing Bangsa

Freepik.com
Ilustrasi bahasa asing

 

ASPEK globalisasi dan akses terhadap ilmu pengetahuan menjadi salah satu alasan mengapa penguasaan terhadap bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya memegang peranan penting dalam kemajuan peradaban bangsa.

"Bahasa bukan lagi sekedar alat komunikasi, tetapi juga alat adaptasi sosial dan alat integrasi sosial masyarakat global," ujar Siti Yulidhar Harunasari Ketua STBA LIA saat membuak webinar bertajuk Peran Bahasa Asing dan Teknologi Informasi bagi Kemajuan Bangsa”, Jumat (30/9).

Penguasaan bahasa asing dan teknologi, terutama di era revolusi industri 4.0, lanjut Siti merupakan hal penting yang perlu dikuasai oleh Indonesia untuk meningkatkan daya saing bangsa.

Namum, menurut Siti, rerata kemampuan bahasa Inggris lulusan sekolah menengah masih belum sesuai dengan harapan walaupun telah belajar bahasa Inggris selama beberapa tahun, sehingga diperlukan evaluasi dan perubahan mendasar baik dalam hal kurikulum berikut pendekatan pengajarannya.

Baca juga : UII Yogyakarta Siapkan 29 Beasiswa Lewat OSC Medcom

Selain Siti, webinar tersebut juga menampilkan Duta Besar Republik Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya dan pakar ekonomi ternama yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional Kumba Digdowiseiso.

Kedua tokoh itu mengupas hubungan antara kemampuan berbahasa, terutama kemampuan berbahasa asing dan penguasaan teknologi dalam rangka memberikan kontribusi maksimal bagi kemajuan bangsa. 

"Kedua pembicara membeberkan bukti betapa pentingnya penguasaan bahasa asing di samping bahasa Indonesia yang baik dan benar bagi kemajuan dan daya saing bangsa," tambahnya.

Baca Juga

Dok. Pribadi

Rekomendasi Langkah bagi Guru untuk Pemulihan Hasil Belajar yang Hilang karena Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 23:21 WIB
Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun terakhir menjadi tantangan bagi sekolah dalam menjalankan...
dok.ist

APTISI dan LKBH UTA ’45 Jakarta Siap Gugat ke PTUN terhadap UKAI

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 22:12 WIB
Panitia Nasional Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (PN UKAI) dinilai merugikan ribuan calon apoteker yang dianggap gagal dalam uji...
Ist

Generali Edukasi Semua Karyawan Hormati Penyandang Disabilitas

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 21:46 WIB
Memperingati Hari Disabilitas Internasional, Generali Indonesia mengedukasi seluruh karyawan tentang pentingnya menghormati setiap orang,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya