Kamis 29 September 2022, 09:15 WIB

Ini Tiga Hal Dasar dalam Perawatan Kulit Harian

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Ini Tiga Hal Dasar dalam Perawatan Kulit Harian

Freepik
Ilustrasi

 

DOKTER spesialis kulit SK Sulistyaningrum mengingatkan tiga hal dasar dalam perawatan kulit yang sebaiknya orang-orang terapkan setiap hari agar kulit tetap sehat.

Dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoksi) itu mengatakan pertama adalah pembersihan atau cleansing.

"Cleansing pagi sore, pilih jenis sabun paling ringan," ujar Sulistyaningrum dalam konferensi pers di Jakarta, dikutip Kamis (29/9).

Baca juga: Redless V-Beam Laser Cara Efektif Atasi Masalah Jerawat

Berikutnya yakni hidrasi. Menurut dia, hidrasi penting mengingat sebagian orang banyak terpapar AC atau matahari. Paparan sinar matahari terus menerus dapat menyebabkan kulit yang semula normal menjadi kering.

"Kalau kulit kering lama-lama bisa menjadi oily karena kelenjar sebasea menjadi terpacu akhirnya produksi minyak menjadi berlebih," kata Sulistyaningrum.

Kelenjar sebasea terletak di bawah permukaan kulit, berfungsi untuk mengeluarkan zat minyak atau sebum. Kelenjar ini dan kelenjar keringat turut berperan dalam mengatur suhu tubuh agar tetap stabil.

Selanjutnya, lindungi kulit dari paparan sinar matahari antara lain dengan mengenakan tabir surya yang mengandung faktor pelindung matahari atau SPF dan pelindung lain seperti topi dan kacamata hitam..

Menurut Johns Hopkins Medicine, sinar ultraviolet yang berasal dari matahari berdampak buruk bagi kulit, sinar UVB misalnya dapat menyebabkan risiko kanker kulit yang jauh lebih besar daripada UVA.

Sementara sinar UVA menyebabkan munculnya kerutan dan hilangnya elastisitas kulit. UVA juga meningkatkan efek merusak dari UVB, termasuk kanker kulit dan katarak.

Sulistyaningrum mengatakan parameter kulit sehat dapat diidentifikasi secara fisik salah satunya dari sisi kelembapan kulit. Kulit lembap artinya memiliki barrier atau lapisan terluar untuk melindungi kulit, yang bagus.

"Kulit lembap sangat baik untuk mikroba baik. Kalau produksi sebum normal maka kondisi barrier kulit normal, jadi tidak gampang iritasi, alergi," pungkas dia. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Ist

Wamenag Soroti Minimnya Riset Tentang Zakat

👤Widhoroso 🕔Rabu 30 November 2022, 20:56 WIB
Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi, Rabu (30/11) secara virtual membuka The 6th Indonesian Conference of Zakat (ICONZ)...
Ist

Tak Bisa Instan, Diet Perlu Gaya Hidup Sehat Berkelanjutan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 20:45 WIB
Konsistensi adalah kunci yang akan membuat kita memenangkan ‘perlombaan’ untuk membangun kebiasaan yang mendukung gaya hidup...
Antara/Galih Pradipta.

Minum Teh, Kopi, Susu tidak Disarankan saat Makan Besar

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 20:24 WIB
Data juga menunjukkan, pada 2018, sebanyak tiga dari 10 remaja Indonesia menderita penyakit anemia dan 62,6% kasus anemia yang terjadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya