Selasa 27 September 2022, 10:41 WIB

Program Vaksinasi Diperluas untuk WNA untuk Dukung Pariwisata

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Program Vaksinasi Diperluas untuk WNA untuk Dukung Pariwisata

aa.com.tr
Ilustrasi

 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan vaksinasi covid-19 untuk warga negara asing (WNA). Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/1368/2022 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi Warga Negara Asing.

"Sebagai salah satu upaya kami untuk memastikan WNA yang tinggal atau menetap sementara dan permanen mendapatkan kemudahan akses vaksinasi, sekaligus juga untuk mencegah kemungkinan penularan," kata Juru Bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril dalam keterangannya, Selasa (27/9).

Pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi WNA dengan ijin tinggal atau mempunyai Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS)/ Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).

Sementara pelaksanaan vaksinasi bagi perwakilan negara asing dan organisasi nirlaba internasional yang sedang bertugas di Indonesia dikoordinasikan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang luar negeri.

Untuk pelaksanaan vaksinasi bagi warga negara asing lainnya dilakukan dengan mendaftar melalui sistem informasi satu data vaksinasi covid-19 untuk mendapatkan e-ticket yang bisa didapatkan melalui situs PeduliLindungi.id

Jenis vaksin yang digunakan adalah jenis vaksin yang sudah mendapatkan persetujuan penggunaan pada masa darurat (emergency use authorization) atau penerbitan nomor izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

"WNA yang melakukan pendaftaran vaksinasi di Indonesia wajib memiliki Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS), Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), atau izin tinggal, dan nomor paspor sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan," ujar Syahril.

Pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi WNA ini dimulai pada September 2022 di fasilitas pelayanan kesehatan atau pos pelayanan vaksinasi covid-19 yang memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Pendaftaran vaksinasi dilakukan melalui web PeduliLindungi.id untuk mendapatkan tiket vaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi ini berlaku bagi WNA yang sama sekali belum mendapatkan vaksinasi di negaranya, WNA yang melanjutkan vaksinasi dosis berikutnya, sampai WNA yang ingin mendapatkan booster," pungkasnya. (OL-12)

Baca Juga

dok.ist

Tips Pemimpin Masa Kini Versi Ganjar Kepada Ratusan Anak Muda

👤Haryanto 🕔Kamis 01 Desember 2022, 10:21 WIB
DEWASA ini para pejabat pemerintahan maupun pemimpin harus sensitif terhadap apa yang diinginkan masyarakat, termasuk kalangan generasi...
Ist

Inovasi Produk Rendah Emisi Jadi Langkah Penting Mitigasi Perubahan Iklim

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 08:52 WIB
Emisi karbon yang dihasilkan dari kehidupan manusia yaitu dari sektor produksi, konsumsi, dan transportasi perlu dikelola dengan usaha kita...
dok.Humas BKKBN

Mengapa Stunting Harus Dicegah? Ini kata Kepala BKKBN di depan Penyuluh Agama

👤Ardi T Hardi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 08:40 WIB
KEPALA BKKBN, Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo Sp.OG (K) memaparkan, pentingnya pencegahan stunting. Indonesia pun telah menargetkan angka...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya