Selasa 23 Agustus 2022, 04:30 WIB

Pernah Diminta Gambar Pohon Saat Psikotes? Ini Penjelasannya

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Pernah Diminta Gambar Pohon Saat Psikotes? Ini Penjelasannya

Ist
Ilustrasi

 

MENGGAMBAR pohon merupakan salah satu hal yang kerap diminta dalam psikotes untuk mengetahui kepribadian seseorang secara holistik melalui gambaran dari pembuatan sebuah sketsa pohon. Pada umumnya, jenis psikotes ini dibuat untuk seseorang yang sedang melamar sebuah pekerjaan, untuk memastikan karakter pelamar. Maka, bagaimana gambar pohon bisa menunjukkan sebuah kepribadian?

Tujuan dari penggambaran sebuah pohon adalah untuk menunjukkan kepribadian dan psikologi seseorang. Maka, keindahan dari gambar sebuah pohon bukanlah hal yang krusial, meskipun keindahan juga menunjukkan tingkat kesenian seseorang. Namun, tidak semua pekerjaan memang relevan atau membutuhkan tingkat kesenian yang tinggi.

Baca juga: Pekerjaan dan Bisnis Beralih ke Online, Intip Peluang Kariernya

Maka, poin pentingnya adalah tidak ada gambar pohon yang anda tidak boleh Anda gambar, karena Anda sedang menunjukkan jati diri anda melalui gambar pohon tersebut. Anda hanya perlu menggambarnya sesuai dengan impresi anda pada sebuah pohon.

Makna pohon yang Anda gambar

Akar

Akar diasosiasikan dengan sejarah seseorang. Semakin bagian akar memiliki sorotan yang tinggi, Anda digambarkan sebagai seseorang yang punya acuan yang baik pada masa lalu. Namun, sebaliknya, jika Anda tidak menyorot akar pada gambar, Anda adalah orang yang fokus pada masa depan.

Dahan 

Apabila Anda menyertakan dahan pohon, Anda digambarkan sebagai orang yang menggunakan otak kiri. Analitis dan logis. 

Sedangkan, apabila Anda tidak menyertakan dahan, anda adalah orang yang condong pada otak kanan, yang intuitif.

Letak Pohon

Apabila pohon berada di bagian atas kertas, Anda digambarkan sebagai orang yang punya kemauan belajar tinggi. Jika berada di tengah, Anda adalah orang yang rendah hati, dan jika berada di bawah, Anda adalah orang yang analitis.

Tinggi Pohon

Semakin tinggi sebuah pohon, Anda digambarkan sebagai orang yang penuh dengan motivasi dan inspirasi untuk mendapat lebih lagi. Sebaliknya, apabila pohon anda berada lebih rendah lagi, Anda digambarkan sebagai orang yang efisien dan juga hemat.

Daun

Daun yang cukup banyak di pohon berarti Anda percaya pada inklusivitas. Selain itu, Anda juga digambarkan sebagai orang yang suka merenung dan mengintropeksi diri. 

Sedangkan jika Anda tidak menaruh daun terlalu banyak, Anda digambarkan sebagai orang yang tegas pada posisi Anda. Bagi Anda, pilihan hanya hitam atau putih, tidak ada abu abu.

Arah Pohon

Pohon yang condong ke kiri, digambarkan sebagai orang yang introvert, mereka hanya akan memendam sebuah isu begitu saja. 

Jika gambar Anda condong ke kanan, Anda digambarkan sebagai orang yang blak-blakan. Anda tidak akan ragu untuk menyampaikan pendapat Anda mengenai sesuatu.

Batang Pohon

Apabila gambar Anda memiliki batang pohon yang tebal, Anda digambarkan sebagai orang yang memiliki kontrol atas emosi Anda dengan baik. Dan jika batang anda lebih ramping, Anda digambarkan sebagai orang yang lebih sensitif dan juga empatis. (OL-1)

Baca Juga

DOK pribadi.

PLN Peduli dan BenihBaik Gelar Seremoni Penutupan Program Bantuan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 20:05 WIB
Benihbaik.com menggelar program kolaborasi bersama PLN...
Ist

Pentingnya Sinergi Semua Pihak untuk Perangi Perundungan Online

👤Eni Kartinah 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:42 WIB
Salah satu hasil kajian itu mengungkapkan bahwa 6 dari 10 remaja di Indonesia mengalami...
Ist

SGM Eksplor dan Mitra Ritel Dukung Akses Nutrisi Bagi Anak-anak

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:33 WIB
SGM Eksplor bekerja sama dengan berbagai mitra ritel lokal di delapam kabupaten/kota menjalankan program donasi paket nutrisi dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya