Kamis 18 Agustus 2022, 16:33 WIB

Chandra Asri dan Ruangguru Foundation Kerja Sama Pemberdayaan Perempuan

mediaindonesia.com | Humaniora
Chandra Asri dan Ruangguru Foundation Kerja Sama Pemberdayaan Perempuan

Ist
Program Puan Angkasa yang diikuti mahasiswa dan lulusan universitas yang digelar Chandra Asri dan Ruangguru Foundation.

 

PT Chandra Asri Petrochemical (Chandra Asri), perusahaan petrokimia terbesar dan terintegrasi di Indonesia, bermitra dengan Ruangguru Foundation, dalam program peningkatan kompetensi dan pemberdayaan perempuan bertajuk Puan Angkasa (Perempuan dalam Ruang Komunitas Sinergis dan Berdaya)

Rangkaian program yang akan berjalan selama tiga bulan ini hadir untuk memberikan pendampingan persiapan kerja dan pendalaman pemahaman peserta mengenai isu pemberdayaan perempuan, khususnya untuk kalangan mahasiswi dan lulusan baru.

Program Puan Angkasa merupakan wujud dukungan Chandra Asri dan Ruangguru Foundation untuk mendorong Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) perempuan di Indonesia yang menurut data Ketenagakerjaan Indonesia tahun 2021 berada pada angka 53.7%, lebih rendah dibandingkan dengan TPAK laki-laki yang sudah mencapai 82,27%.  

Menurut sumber yang sama, jumlah pekerja perempuan hanya berkisar 40% dari jumlah total angkatan kerja yang mencapai 140 juta orang.

Dalam keterangan pers, Kamis (18/8), Chrysanthi Tarigan, Head of Corporate Communication Chandra Asri mengatakan, “Chandra Asri senang dapat menjadi mitra pertumbuhan dan menjadi bagian perjalanan perempuan dalam menggali serta memaksimalkan potensi diri."

Baca juga: Kesetaraan dan Pemberdayaan Perempuan Dapat Perhatian Khusus

"Hal ini sejalan dengan komitmen Chandra Asri untuk mendorong inclusion & diversity di Indonesia, khususnya terkait dengan pemberdayaan perempuan," katanya.

"Kami berharap melalui kolaborasi dengan Ruangguru ini dapat memberikan persiapan yang komprehensif bagi pesertanya sehingga akan lahir perempuan-perempuan tangguh yang siap berkontribusi dan mengambil peran dalam masyarakat,” jelas Chrysanthi.

“Ruangguru Foundation sangat mengapresiasi kesempatan untuk bekerja sama dengan Chandra Asri dalam program Puan Angkasa," kata Real Rahadinnal, Lifelong Learning and Monitoring Evaluation Manager Ruangguru.

Latar belakang program ini berasal dari pemahaman bahwa mahasiswi dan lulusan baru memerlukan persiapan dan pengembangan kemampuan diri untuk bisa bersaing di dunia kerja, terlepas dari gender.

"Materi dalam program ini meliputi berbagai aspek pengembangan karier yang disampaikan melalui berbagai metode pengajaran, seperti diskusi, video pelatihan, hingga bimbingan secara intensif,” jelas Real Rahadinna.

Sebanyak 50 peserta yang terdiri atas mahasiswi dan lulusan baru dari berbagai universitas di Indonesia akan mengikuti Program Puan Angkasa kolaborasi Ruangguru Foundation dan Chandra Asri.

Peserta akan menjalani rangkaian program peningkatan kompetensi dan mendapatkan pendampingan yang holistik untuk membantu peserta mempersiapkan dan merencanakan karier yang tepat. (RO/OL-09)
 

Baca Juga

MI/Ramdani

Ahli: Masyarakat tidak Boleh Lengah, Subvarian XBB Bahaya bagi Komorbid

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 02 Desember 2022, 23:38 WIB
Menurut Guru Besar Mikrobiologi FKUI, subvarian XBB dan varian omikron lainnya bisa melarikan diri dari antibodi, baik pascainfeksi,...
MI/ Moh Irfan

BPJS Kesehatan Ingin Masyarakat Teredukasi Soal Layanan Kesehatan

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:59 WIB
MASYARAKAT sangat membutuhkan edukasi terkait layanan kesehatan yang diselanggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)...
Dok. i3L

Terus Lakukan Inovasi, Dundee dan i3l Kembangkan Kerjasama Double Degree

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:59 WIB
"Mahasiswa nantinya akan diberikan gelar sarjana dari Biomedicine i3L, serta dari University of...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya