Selasa 16 Agustus 2022, 07:57 WIB

Mahasiswa UGM Raih Juara 1 IEM Chem-E-Car Presentation Competition 2022

Agus Utantoro | Humaniora
Mahasiswa UGM Raih Juara 1 IEM Chem-E-Car Presentation Competition 2022

dok.humas UGM
Tim Reactics Chem-E Car, Reactic Janaka UGM juara pertama pada perlombaan IEM Chem-E-Car Presentation Competition 2022, di Malaysia.

 

MAHASISWA Universitas Gadjah Mada (UGM), kembali menunjukkan keunggulannya di kancah internasional. Kali ini, tim Reactics Chem-E Car, Reactic Janaka yang meraih prestasi sebagai juara pertama pada perlombaan IEM Chem-E-Car Presentation Competition 2022 yang diselenggarakan secara luring pada Selasa, (9/8) pekan lalu.

IEM Chem-E-Car presentation competition 2022 merupakan perlombaan yang diadakan oleh Institution of Engineers Malaysia yang diselengarakan di UCSI University.

Yehezkiel Marco Natanael, Captain Tim Reactics Janaka, menjelaskan peserta yang berkompetisi pada perlombaan ini cukup bervariasi dari beberapa negara, baik Malaysia maupun lainnya, diantaranya Institut Teknologi September, Monash University,  University of Nottingham
Malaysia, University of Malaya serta Taylor University.

Tahun ini, jelas dia, UGM mengirim tim yang mewakili Indonesia berasal dari Reactics Chem-E- Car UGM, yaitu tim Reactics Janaka. "Tim Reactics Janaka membuat rancangan mobil dan dipresentasikan pada tahap final," papar Marco, kemarin.

Dikatakan, pada perlombaan ini, Tim Reactics Chem-E-Car UGM melalui beberapa tahapan untuk menjadi juara. Tahapan pertama, yaitu tahap preliminary. Pada tahap ini, peserta menyuguhkan poster yang menjelaskan tentang konsep dasar bagaimana mobil dapat bergerak, reaksi yang
digunakan pada mobil, hingga fitur-fitur yang dimiliki mobil.

Kemudian, poster dikumpulkan dengan didukung oleh data teknikal pendukung. Setelah melalui seleksi tahapan pertama, Tim Reactics Janaka terpilih menjadi 10 besar finalis dan berangkat ke Malaysia untuk melakukan presentasi di depan konferensi 19th APCChE (Asian Pacific Confederation of Chemical Engineering).

Lebih lanjut Marco mengungkapkan tim Reactics Janaka UGM melakukan presentasi dengan memaparkan poster yang telah dipersiapkan. Juri dan tamu undangan, katanya berkeliling menuju seluruh peserta sesuai dengan urutan yang telah ditentukan. Tim Reactics Janaka, lanjutnya, sukses melaksanakan presentasi pada urutan kedua dengan menekankan tiga aspek unggulan, yaitu environment, safety, dan design effectiveness.

Hal yang sangat menarik perhatian juri menurut Marco adalah strategi yang digunakan mobil tim Reactics Janaka dalam melalui challenge perlombaan yang dipaparkan dengan sangat baik.
"Kemenangan ini dapat diperoleh dengan bantuan dan dukungan dari seluruh tim Reactics Chem-E-Car UGM dan semua pihak yang terlibat. Terima kasih juga kepada PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk., dan PT Kaltim Methanol Industri sebagai sponsor kami atas dukungan yang telah diberikan," tuturnya.

Dengan kemenangan ini, Reactics Chem-E-Car UGM beraharap agar dapat terus semangat dalam lomba-lomba kedepannya untuk membanggakan almamater dan bangsa.(OL-13)

Baca Juga: Jadi Warisan Budaya Dunia UNESCO, Nadiem Ajak Lestarikan Pantun

Baca Juga

ANTARA/Fauzan

Menkes Sebut Stok Vaksin Covid-19 Masih Tersedia 5 Juta Dosis

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:45 WIB
Stok vaksin di daerah masih ada 2,5 jutaan, di pusat masih ada 2,5 jutaan dosis, kata...
ANTARA

Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Penting Bagi Lansia

👤Widhoroso 🕔Kamis 29 September 2022, 23:29 WIB
Kemenko PMK mengingatkan pentingnya vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) bagi kelompok...
Antara/Irwansyah Putra.

Daging Kambing Naikkan Libido dan Kolesterol, Fakta atau Mitos?

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 22:56 WIB
Dokter spesialis gizi klinik dari RS Medistra dr. Cindiawaty J. Pudjiadi, MARS, MS, SP.GK menjawab beberapa mitos terkait daging...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya