Rabu 10 Agustus 2022, 20:47 WIB

Perpustakaan Digital Diperlukan Untuk Memperluas Akses Bacaan

Widhoroso | Humaniora
Perpustakaan Digital Diperlukan Untuk Memperluas Akses Bacaan

ANTARA
Ilustrasi

 

KEPALA Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando mengatakan perpustakaan digital dibutuhkan untuk perluasan akses bacaan.

"Di era transformasi digital, Perpustakaan Nasional mempunyai tugas memperluas akses digital perpustakaan untuk mempercepat terwujudnya manusia unggul yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi," ujar dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (10/8).

Hal itu dapat dilakukan dengan mengubah kebijakan, menciptakan regulasi, apalagi mengubah dari manual ke digital itu merupakan suatu hal yang luar biasa. Namun demikian, Bando menegaskan Perpusnas akan memberikan dukungan penuh kepada program-program yang diselenggarakan Forum Perpustakaan Digital Indonesia (FPDI) ke depannya. "FPDI merupakan mitra penting bagi Perpusnas untuk mempercepat transformasi digital," imbuh dia.

Di samping itu, transformasi digital harus terus didukung, mulai dari menyiapkan infrastruktur digital, mengubah cara berpikir ke arah digital, hingga bagaimana produk digital dapat dijual di pasar digital. Menurutnya, literasi bermuara pada munculnya inovasi yang dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan masyarakat untuk bersaing dalam kancah global.

"Tantangannya adalah bagaimana memperbanyak buku-buku digital, buku-buku kecakapan hidup, buku-buku tutorial," sebutnya.

Sebelumnya, Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-13 digelar Perpusnas bekerja sama dengan FPDI dan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS). Perpustakaan digital juga memiliki peran penting dalam meminimalkan dampak negatif munculnya era digital, salah satunya yang mana masyarakat mudah terpapar dan membagikan informasi yang belum diklarifikasi dan belum teruji kebenarannya. (Ant/OL-15)

Baca Juga

ANTARA/Fauzan

Menkes Sebut Stok Vaksin Covid-19 Masih Tersedia 5 Juta Dosis

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:45 WIB
Stok vaksin di daerah masih ada 2,5 jutaan, di pusat masih ada 2,5 jutaan dosis, kata...
ANTARA

Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Penting Bagi Lansia

👤Widhoroso 🕔Kamis 29 September 2022, 23:29 WIB
Kemenko PMK mengingatkan pentingnya vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) bagi kelompok...
Antara/Irwansyah Putra.

Daging Kambing Naikkan Libido dan Kolesterol, Fakta atau Mitos?

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 22:56 WIB
Dokter spesialis gizi klinik dari RS Medistra dr. Cindiawaty J. Pudjiadi, MARS, MS, SP.GK menjawab beberapa mitos terkait daging...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya