Sabtu 06 Agustus 2022, 22:46 WIB

Anak Perlu Konsisten Didampingi saat Gunakan Gawai

Mediaindonesia.com | Humaniora
Anak Perlu Konsisten Didampingi saat Gunakan Gawai

kaspersky.com
Ilustrasi

 

Perkembangan teknologi informasi semakin masif. Sehingga orangtua mau tidak mau menghadapi tanggung jawab besar. Di tengah kegagapan teknologi, mereka tetap harus menjadi pelopor pendidikan anak-anak berinternet sehat di dunia digital.

“Konsisten mendampingi anak dalam menggunakan perangkat digital sangat penting supaya tidak salah langkah,” kata Ketua Umum Relawan TIK Jawa Timur, Novianto Puji Raharjo di Mojokerto, Jawa Timur, pada Selasa (2/8).

Perubahan gaya hidup serba digital membuat menawarkan kemudahan beraktivitas. Sehingga anak-anak generasi z memiliki kemampuan berpikir out of the box, kreatif, aktif, dan dinamis. Di sisi lain, mereka menjadi ketergantungan dan kecanduan gawai. Sebab itu, orangtua perlu mendampingi anak ketika menggunakan gawainya.

Orangtua harus mengambil langkah cerdas. Misalnya, membuat kesepakatan dengan anak terkait batasan waktu pemakaian gawai. Sekarang, lanjut Novianto, ada ajakan 18-21, yakni mengajak orangtua meninggalkan gawainya pada 18.00-21.00 dan fokus mendidik anak-anaknya di rumah. Ajakan bagus ini diharapkan konsisten dijalankan.

“Orangtua mesti berkomitmen untuk menggunakan perangkat digital yang terjadwal dengan tidak mengganggu interaksi dengan anak. Jangan hanya mampu menasihati anak, tapi juga menerapkan pada diri sendiri,” ujar Novianto. (OL-12)

 

Baca Juga

Dok MI

PWI Dukung Pengusulan Tokoh Pers MH Manulang Sebagai Pahlawan Nasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 14:57 WIB
Tuan Manulang merupakan salah seorang tokoh pers dan pendiri lembaga...
ANTARA

Kerja Sama Menurunkan Prevalensi Stunting 3% di Tahun 2022

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 14:45 WIB
Dengan membentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dan juga penguatan tim implementasi Posyandu diharapkan target tersebut dapat...
MI/ Grafis: SENO

Tanam Rambut kian Diminati

👤Dinda Shabrina 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 14:30 WIB
Transplantasi rambut bersifat autologous, berasal dari badan sendiri. Biaya tanam rambut berkisar  Rp50 ribu-Rp100 ribu per helai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya