Jumat 05 Agustus 2022, 23:11 WIB

BPOM Pasok Jamu dan Kosmetik Tematik ke Kawasan Wisata

mediaindonesia.com | Humaniora
BPOM Pasok Jamu dan Kosmetik Tematik ke Kawasan Wisata

ANTARA FOTO
Kepala BPOM RI Penny K Lukito dalam acara International Wellness Tourism Conference & Festival

 

KEPALA Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Penny K Lukito menyampaikan dukungan pihaknya terkait pengembangan program Wisata Kesehatan atau Wellness Tourism dengan memasok produk jamu dan kosmetik tematik di kawasan wisata.

"BPOM sedang mempersiapkan pencanangan destinasi wisata jamu dan kosmetik tematik di Yogyakarta yang juga tentunya akan kami perluas ke berbagai wilayah lain," kata Penny K Lukito dalam acara International Wellness Tourism Conference & Festival yang diikuti dari YouTube Kemenparekraf di Jakarta, Jumat (5/8).

Penny mengatakan kegiatan itu dalam rangka mendukung program Wisata Kesehatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif di tiga daerah, yakni Solo, Yogyakarta dan Bali.

Penny mengatakan BPOM memberikan pendampingan, fasilitas, hingga pengembangan produk jamu, obat herbal hingga kosmetik berdaya saing global melalui kolaborasi pentahelix bersama pengusaha dan masyarakat.

"Berbagai upaya dilakukan oleh kementerian dan lembaga terkait untuk mendorong penggunaan fitofarmaka dalam pelayanan kesehatan formal dan semakin banyak juga produk obat tradisional digunakan sebagai wellness produk berkualitas tinggi dan kompetitif," imbuhnya.

Baca juga: Anggota DPR Ingatkan BPOM Tak Buat Kebijakan Kontraproduktif

Merespons kebutuhan dan peluang tersebut, BPOM proaktif mendampingi peningkatan kapasitas pelaku usaha UMKM untuk peningkatan mutu kebutuhan produk berstandar internasional.

Upaya yang telah dilakukan di antaranya dengan memberikan kemudahan perizinan, melalui simplifikasi persyaratan, prosedur percepatan registrasi, produk dan sertifikasi cara pembuatan obat yang baik untuk obat tradisional, kosmetik dan produk kesehatan lainnya.

"Kami juga melakukan pendampingan bagi pelaku usaha jamu gendong dalam aspek higienis dan sanitasi, serta menghasilkan jamu gendong yang berkualitas dan mendorong ekonomi rakyat," tukasnya.

Menurut Penny, BPOM juga menggerakkan berbagai program Orang Tua Angkat dari industri besar untuk peningkatan kapasitas UMKM obat tradisional dan usaha jamu gendong.

"BPOM menggerakkan ekonomi kreatif, masyarakat dengan dukungan lintas sektor, baik pemerintah pusat, daerah, maupun swasta," pungkasnya.(Ant/OL-5)

Baca Juga

Ist

Polimedia dan BRIN Teken Kerja Sama Perkuat Pusat Kolaborasi Riset

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 15:12 WIB
Melalui kerja sama ini harapannya adalah tercipta kolaborasi dalam mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan,...
Dok MI

PWI Dukung Pengusulan Tokoh Pers MH Manulang Sebagai Pahlawan Nasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 14:57 WIB
Tuan Manulang merupakan salah seorang tokoh pers dan pendiri lembaga...
ANTARA

Kerja Sama Menurunkan Prevalensi Stunting 3% di Tahun 2022

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 14:45 WIB
Dengan membentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dan juga penguatan tim implementasi Posyandu diharapkan target tersebut dapat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya