Kamis 28 Juli 2022, 19:22 WIB

Semarakkan Hari Anak Nasional, Penasehat DWP Kemenag Beri Edukasi Mengenal Bagian Tubuh 

Mediaindonesia.com | Humaniora
Semarakkan Hari Anak Nasional, Penasehat DWP Kemenag Beri Edukasi Mengenal Bagian Tubuh 

Dok. Pribadi
Edukasi Mengenal Anggota Tubuh yang dilakukan DWP Kemenag

 

DHARMA Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama menyemarakkan Hari Anak Nasional dengan sejumlah perhatian terhadap anak-anak. Penasehat DWP Kementerian Agama Eny Retno Yaqut mengajak berbagai pihak untuk mengoptimalkan pelindungan anak sejalan dengan Tema Hari Anak Nasonal 2022, ‘Anak Terlindungi, Indoensia Maju’. 

Eny Retno Yaqut menyapa anak-anak di Raudlatul Athfal (RA) Purwanida 5 Nurul Falah, Pabuaran, Bojongede, Bogor, Jawa Barat. Disambut beberapa anak di depan kelas, Penasehat DWP Kemenag ini mengajarkan anak-anak tentang pengenalan anggota tubuh dan pentingnya menjaga diri. 

“Concern kami adalah perlunya menggalakkan ikhtiar pelindungan terhadap anak-anak,” ujarnya di Bogor, Kamis (28/7). 

Pesan ini disampaikan usai mendemonstrasikan alat peraga boneka dan mengenalkan empat bagian tubuh yang tidak boleh disentuh oleh orang lain, Bibir, Dada, serta dari perut sampai lutut.  Menurutnya ini merupakan Edukasi Mengenal Anggota Tubuh. 

“Edukasi seperti ini perlu terus digaungkan untuk melindungi anak-anak, terutama dari kekerasan seksual yang bisa dimulai dari mengenalkan mereka Anggota Tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh,” sambungnya. 

Baca juga : Jam Masuk Sekolah Dinilai terlalu Pagi Buat Siswa

Menurut Eny, edukasi semacam ini penting dikarenakan sebagian orang tua masih menganggap bahwa hal itu tabu dan tidak pantas untuk diajarkan kepada anak-anak. 

Penasehat DWP ini juga berpesan agar anak-anak sejak awal perlu ditanamkan pentingnya menjaga diri dari usia sedini mungkin. Untuk menarik perhatian anak-anak, Edukasi bisa dikemas dalam bentuk lagu dan memberikan pengertian sesuai dengan rentang usia anak. 

Ia juga mengimbau semua pihak, terutama orangtua untuk memberikan kasih sayang sesuai porsi yang anak-anak butuhkan dan menjamin kesehatan mental anak.   

“Orang tua harus up to date karena anak-anak kita tengah hidup di zamannya dan dengan tantangannya sendiri. Para orang tua harus meningkatkan edukasi kepada anak-anaknya,” pesannya. 

Puncak Hari Anak Nasional akan digelar di Jungle Land Advanture Park, Bogor pada 9 Agustus 2022. Acara ini akan dimeriahkan oleh serangkaian penampilan Pentas Anak-Anak Nasional, sejumlah permainan tradisional dan tari kolosal, tetabuhan, dongeng anak, dan orkestra. Acara tersebut rencananya akan dihadiri pula oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (RO/OL-7)

Baca Juga

Ist

Keterbukaan dan Sikap Kritis Kunci Pulih dari Intoleransi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:40 WIB
Proses radikalisasi seringkali masuk akibat keterbukaan yang tidak diiringi sikap kritis. Hal ini mengingat strategi infiltrasi kelompok...
Antara

Cegah Kasus PMK Meluas, Pemerintah Impor 14 Juta Dosis Vaksin

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:37 WIB
Pemerintah juga melakukan percepatan vaksinasi pada hewan ternak sehat, namun berada di wilayah yang berstatus wabah...
Medcom.id/Ahmad Garuda

Mau Buat SIM C, Ini Syarat dan Biayanya

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:54 WIB
Apabila anda ingin segera mengendarai kendaraan, terutama sepeda motor, ketahui apa saja syarat dan berapa biaya pembuatan SIM...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya