Rabu 20 Juli 2022, 22:50 WIB

Kerjasama Lintas Sektor Dibutuhkan untuk Pembangunan Berkelanjutan

mediaindonesia.com | Humaniora
Kerjasama Lintas Sektor Dibutuhkan untuk Pembangunan Berkelanjutan

dok.medcom
Ilustrasi pembangunan berkelanjutan atau atau Sustainable Development Goals (SDGs)

 

DIBUTUHKAN keterlibatan lintas sektor untuk mencapai target pembangunan berkelanjutan nasional atau Sustainable Development Goals (SDGs). Direktur Eksekutif Filantropi Indonesia, Gusman Yahya, menilai sejumlah pihak dapat mengkaji tantangan dan peluang melalui pendekatan yurisdiksi.

"Pendekatan yurisdiksi menjadi pintu masuk bagi partisipasi para pihak dari lintas sektor bersinergi mendukung perencanaan jangka menengah (RPJMN/D) guna memajukan daerah, sehingga dapat menjadi rujukan dan contoh untuk dikembangkan di daerah lainnya," kata Gusman melalui keterangan tertulis, Rabu (20/7).

Hal tersebut dibeberkan Gusman dalam Jurisdiction Collective Action Forum (JCAF) ke-11. Menurut dia, diperlukan pembagian peran pihak di daerah dan bersinergi memanfaatkan data-data yang tersedia.

Sementara Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, menyebut pemerintah daerah berupaya menyinergikan inventaris data dari seluruh wilayah hingga ke tingkat desa, agar program lebih optimal.

"SDGs dilaksanakan oleh seluruh dunia, dengan tujuan jangka panjang yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan, serta memberikan manfaat pada seluruh dimensi sosial, ekonomi, dan lingkungan yang saling terkait," ucap Emil.

Pihaknya telah menyusun rencana aksi daerah terkait SDGs di Jawa Timur. Hal itu sebagai komitmen integral agenda pembangunan daerah dengan memfokuskan seluruh sumber daya yang dimiliki.

JCAF Dialog Ke-11 bulan ini ialah bagian dari Filantropi Festival, dan merupakan seri dialog bulanan bagi para pihak dari lintas sektor. Mereka berbagi pengalaman tentang praktik terbaik berbasis fakta, dan mengidentifikasi pendekatan umum yang efektif dalam memajukan yurisdiksi.

Hingga saat ini, JCAF telah memfasilitasi 10 seri dialog dan dihadiri 18.000 lebih peserta dari 24 negara. Kegiatan itu juga menampilkan berbagai topik untuk dibahas. (OL-13)

Baca Juga: Ketua DPR Dorong Pemuda Ikut dalam Proses Pencapaian SDGs

Baca Juga

Medcom.id/Ahmad Garuda

Mau Buat SIM C, Ini Syarat dan Biayanya

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:54 WIB
Apabila anda ingin segera mengendarai kendaraan, terutama sepeda motor, ketahui apa saja syarat dan berapa biaya pembuatan SIM...
Medcom.id

Wujudkan Sistem Teknologi yang Permudah Kehidupan di IKN

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:46 WIB
Komisaris Utama Telkom Indonesia Bambang Brodjonegoro mengharapkan kehadiran Telkom dapat menjadikan IKN menjadi kota yang siap menghadapi...
Ist

SGM Eksplor Luncurkan Gerakan agar Anak Dapat Akses Nutrisi dan Pendidikan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:23 WIB
Ada 9 dari 10 anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya