Selasa 12 Juli 2022, 23:47 WIB

Epidemiolog: Disiplin Prokes Penting untuk Hadapi Varian Covid-19

Mediaindonesia.com | Humaniora
Epidemiolog: Disiplin Prokes Penting untuk Hadapi Varian Covid-19

AFP
Ilustrasi

 

EPIDEMIOLOG dari Universitas Griffith, Australia, Dicky Budiman, mengingatkan bahwa disiplin protokol kesehatan masih menjadi salah satu langkah penting yang harus dilakukan ketika menghadapi berbagai potensi varian baru dari virus COVID-19 termasuk subvarian BA.2.75 yang ditemukan di India.

"Selama respons kita juga benar, disiplin 3T dan 5M serta vaksinasi sebetulnya apapun variannya, gelombangnya mau berapun kita jauh lebih aman kalau kita mau sama-sama menjaga itu," kata Dicky ketika menjawab pertanyaan ANTARA lewat aplikasi pesan dari Jakarta, Selasa (12/7).

Baca juga: Menko PMK: Penerbitan Inpres 3/2022 untuk Perkuat Institusi Keluarga

Dia merujuk kepada upaya pengujian (testing), penelusuran (tracing) dan perawatan (treatment) atau 3T serta protokol kesehatan 5M yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Menghadapi adanya ancaman varian baru, seperti subvarian BA.2.75 di India yang disebut sebagian pihak sebagai Centaurus, memerlukan sikap disiplin akan protokol kesehatan yang terumuskan lewat 5M dan upaya-upaya lain seperti 3T.

Tidak hanya itu, dia juga menekan upaya meningkatkan capaian vaksinasi menjadi salah satu langkah penting dalam menghadapi berbagai varian COVID-19.

Dia mengatakan adanya varian baru sulit dihindari dan dicegah karena tidak ada langkah penutupan arus keluar masuk ke Indonesia.

"Riset membuktikan yang paling bagus itu bukan menutupi tapi memperkuat sistem kesehatan di antaranya juga ya tadi dibantu dengan pengetatan protokol kesehatan, kedisiplinan masker dan lain sebagainya," kata Dicky Budiman.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga meminta masyarakat untuk kembali memakai masker meski kasus COVID-19 di Indonesia berada pada level aman menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Presiden mengimbau (memakai masker lagi). Karena sekarang sedang ada kenaikan kasus lebih baik kita waspada," kata Menkes Budi dalam Peluncuran Inpres Nomor 3 Tahun 2022 di Jakarta pada Selasa.

Presiden Joko Widodo juga sebelumnya pada 10 Juli 2022 telah meminta agar masyarakat berhati-hati dan tetap memakai masker saat berada di dalam maupun di luar ruangan. (Ant/OL-6)
 

Baca Juga

Antara

Menkes Minta Layanan Kesehatan Prioritaskan Produk Lokal

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 20:17 WIB
Langkah tersebut sebagai upaya meningkatkan perekonomian nasional. Sekaligus, mendorong ketahanan sistem kesehatan yang merupakan pilar...
Ist

Dukung DEWG G20, Traveloka Dorong Pertumbuhan Transformasi Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 19:44 WIB
Kinerja sektor pariwisata nasional mulai menunjukkan perbaikan pada awal tahun 2022 dan diharapkan dapat tumbuh hingga 4,3% dari realisasi...
Ist

KitKat Luncurkan Kemasan Spesial Pariwisata Hasil Karya Anak Bangsa

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 19:15 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan pentingnya peran sektor swasta dalam mendukung perkembangan perekonomian dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya