Kamis 07 Juli 2022, 14:27 WIB

Uji PCR Meningkat, Pencegahan Dini Pemaparan BA.4 dan BA.5

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Uji PCR Meningkat, Pencegahan Dini Pemaparan BA.4 dan BA.5

Mediaindonesia.com
Ilustrasi.

 

KEPALA Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Masdalina Pane mengatakan, terus meningkatnya kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Tanah Air menandakan mulai gencarnya testing PCR di masyarakat.

"Peningkatan kasus ini sejalan dengan peningkatan jumlah subvarian tersebut dari hasil genome sequencing tapi subvarian ini tidak virulen/ganas, jadi mudah-mudahan tidak akan memenuhi sarana layanan kesehatan dan angka kematiannya juga relatif rendah. Kasus meningkat tapi hospitalisasi dan kematian rendah," jelas Masdalina, Rabu (6/7).

Baca juga: BMKG : Perubahan Iklim Makin Mengkhawatirkan

Peningkatan PCR menjadi upaya deteksi dini agar mencegah pemaparan. Berdasarkan data kemarin uji PCR per 1 Juli 2022 bertambah 55.855 orang, kemudian kembali meningkat per 5 Juli sebanyak 66.741 orang, dan per kemarin sebanyak 57.122 orang. Sehingga total masyarakat yang melakukan uji PCR sebanyak 66.962.232 orang.

Diketahui kontributor utama kenaikan kasus gelombang keempat ini karena masuknya Subvarian omikron BA.4 dan BA.5 di Tanah Air. Meski tidak memiliki efikasi berbahaya seperti varian sebelumnya, masyarakat tidak boleh menyepelekan varian ini terlebih yang memiliki penyakit komorbid.

"Kita sudah memiliki sistem pengendalian wabah yang baik, ikuti saja protokol standar dalam pengendalian wabah, pedomannya juga sudah ada, dan kita sudah mengalami ini 2 tahun lebih, yang sekarang tidak terlalu berbahaya, jadi tidak memerlukan intervensi khusus," katanya.

Pemakaian masker di ruang tertutup dan terbuka menjadi hal yang wajib dilakukan saat ini. Selain itu lebih baik masyarakat melakukan uji PCR setelah melakukan perjalanan jauh atau merasa gejala terpapar covid-19. (OL-6)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Ini Salah Satu "Rahasia" Waroeng Steak and Shake Terus Berkembang

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:47 WIB
Video itu pun mendapatkan banyak tanggapan positif warganet yang juga ikut membuka rahasia "amalan" Waroeng Steak and...
Ist

Dukung Tumbuh Kembang Anak dengan 'Quality Time' di Akhir Pekan

👤Eni Kartinah 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:36 WIB
Psikolog anak dan keluarga Vera Itabiliana menjelaskan bahwa keluarga merupakan sumber inspirasi dan kebahagiaan buah...
DOK @limofficial_lirboyo di Instagram.

Keutamaan Nama Allah Dibandingkan dengan Asmaul Husna yang Lain

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:12 WIB
Allah merupakan namanya yang termasyhur dan paling agung. Lafal Allah biasanya disebut dengan ismu al jalalah atau lafdzu al...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya