Kamis 07 Juli 2022, 13:01 WIB

Empat Provinsi Rawan Karhutla Telah Berstatus Siaga

Dinda Shabrina | Humaniora
Empat Provinsi Rawan Karhutla Telah Berstatus Siaga

Antara
Karhutla

 

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Aloe Dohong mengatakan pihaknya telah memitigasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah rawan kebakaran. Ia menyebut empat provinsi rawan karhutla saat ini telah berstatus siaga.

“Saat ini, empat provinsi dan tujuh kabupaten yang rawan kebakaran telah mendapatkan status siaga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kebarakan hutan dan lahan,” kata Aloe dalam forum Ministerial Steering Committee on Transboundary Haze Pollution (MNC THP-23), Rabu (6/7).

Diketahui empat provinsi rawan karhutla itu antara lain Kalimantan Barat, Riau, Sumatra Utara dan Papua. Aloe menyampaikan pihaknya telah mengerahkan petugas terkait untuk mengatasi karhutla.

“Indonesia sudah siap menghadapi musim kemarau dan telah melakukan berbagai upaya pencegahan, seperti operasi udara, termasuk patroli dan water bombing, serta operasi teknologi modifikasi cuaca untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di daerah terpencil. Indonesia juga terus melakukan penegakan hukum terkait kebakaran hutan dan lahan,” tutur Aloe.

Aloe dalam forum tersebut juga mengungkapkan bahwa pihaknya tidak menutup diri untuk bekerja sama dengan negara anggota ASEAN dalam upaya mengelola dan memitigasi isu-isu terkait kabut asap.

“Yang terpenting upaya mengelola dan memitigiasi isu kabut asap di kawasan sesuai dengan prosedur dan pedoman yang disepakati ASEAN dengan tetap menghormati peraturan atau regulasi setiap negara,” tegasnya. (OL-12)

 

Baca Juga

pramuka.id

Ketua Kwarnas Ajak Pramuka Selalu Berdedikasi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 11:50 WIB
"Marilah kita tetap ceria, selalu berdedikasi dalam semua aktivitas, baik di sekolah, kampus, tempat pekerjaan, maupun lainnya dan...
MI/ Susanto

Digitalisasi Bantu Mengurangi Angka Kematian Jemaah Haji 2022

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 11:20 WIB
TelePetugas berfokus sebagai kontrol kesehatan jemaah dari semua aspek meliputi rawat jalan, rujukan, karantina, pengawasan makanan, hingga...
MI/HO

Pulihkan Ekosistem Pesisir, Sekjen KLHK bersama IKA PIMNAS Tanam Mengrove di Tana Tidung

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 10:40 WIB
"Upaya pemulihan lingkungan melalui rehabilitasi mangrove ini menjadi agenda utama Bapak Presiden, sekaligus upaya untuk mengurangi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya